PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI KREATIF
MELALUI "KLINIK DIGITAL MARKETING"
oleh Muhammad Taufiq Abadi
(disampaikan saat seminar digital
marketing jumat,14 September 2018)
Usaha Kecil dan
Menengah (UKM) di Indonesia bisa dibilang bertumbuh sangat pesat. Di
pertengahan 2016, jumlah UMKM di Indonesia telah mencapai 57,9 juta.[1]
Menurut Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi dan
Usaha Kecil Menengah, I Wayan Dipta jumlah tersebut sudah sangat potensial
untuk bisa go international. Pemerintah sendiri sedang mendorong penuh
agar para UKM tersebut bisa go international. Salah satu caranya dengan
mengajarkan menggunakan internet yang menjadi salah satu cara memudahkan
pemasaran hingga ke pasar internasional. Apalagi era bonus demografi yang
segera Indonesia hadapi di tahun 2020-2035, akan menimbulkan dampak persaingan
yang ketat. Jika, tidak ada dukungan pemangku kebijakan, UKM akan kalah
bersaing dengan pesaing dari luar.
Sejalan dengan
Siaran Pers No. 216/HM/KOMINFO/11/2017 oleh Kementrian Komunikasi dan
Informatika (KOMINFO) mengenai Go Digital! Gerakan Nasional UKM Go
Online tanggal 7 November 2017. Gerakan ini mendukung visi ekonomi
Indonesia tahun 2020 ialah menjadi “The Digital Energy of Asia” dengan
target pertumbuhan transaksi e-Commerce sebesar USD 130 Miliar. Dalam
mengejar visi ini, menghadapi dua tantangan utama yang harus diselesaikan
secara seimbang dan serentak yaitu globalisasi dan sistem
ekonomi yang adil dan produktif, yang berpihak pada rakyat serta terjaminnya sistem insentif ekonomi yang adil dan
mandiri.[2]
Era digital memang tidak mungkin untuk
dihindari. Pakar pemasaran Yuswohadi mengungkapkan bahwa jika ingin bertahan,
maka pelaku UMKM harus mampu memaksimalkan manfaat perkembangan digital.[3] Dengan
pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentu juga berimbas
pada dunia pemasaran. Tren pemasaran di dunia beralih dari yang semula
konvensional (offline) menjadi digital (online). Digital
marketing ini lebih prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan
potensial untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan
bertransaksi melalui internet. [4]
Menurut data yang dilansir oleh We are
Social, sebuah agensi digital marketing di Amerika, memaparkan bahwa
terhitung sampai Januari 2017, sebanyak 48% pengguna internet di
Indonesia melakukan pencarian barang atau jasa secara online, 46%
pengguna mengunjungi toko online, 41% pengguna transaksi produk
atau melayani jasa online, 34% pengguna melakukan transaksi online
via computer atau laptop, dan 33% pengguna melakukan transaksi online
melalui perangkat mobile seperti smartphone[5]
Hal
ini menyiratkan bahwa potensi belanja online sudah cukup berkembang
di Indonesia yang harus diimbangi dengan pemasaran secara digital pula oleh
para pelaku usaha.
Platform yang
sering digunakan dalam digital marketing adalah media sosial atau
jejaring sosial. Disebutkan juga data dari We are Social bahwa platform media
sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia per Januari 2017 adalah
Youtube (49%) dan Facebook (48%). Posisi selanjutnya ditempati oleh Instagram
(39%), Twitter (38%), Whatsapp (38%), dan Google+ (36%). Sisanya ditempat
secara berurutan oleh FB messenger, Line, Linkedin, BBM, Pinterest, dan Wechat.[6]
Definisi
Digital Marketing
Khan
& Siddiqui dalam jurnalnya yang dikutip dari Purwana ES dkk[7],
bahwa konsep digital marketing berasal dari internet dan mesin pencari (search
engines) pada situs. Ketika puncak penggunaan internet di tahun 2001, pasar
didominasi oleh Google dan Yahoo sebagai search engine optimization (SEO).
Dan penggunaan pencarian melalui internet berkembang pada tahun 2006 dan pada
tahun 2007 penggunaan perangkat mobile meningkat drastis yang juga
meningkatkan penggunaan internet di masyarakat dari berbagai penjuru dunia
mulai berhubungan satu sama lain melalui media sosial.
Menurut
Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan[8], digital
marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding (pengenalan
merek) yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog,
website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. Dan tentu saja digital
marketing bukan hanya berbicara tentang internet marketing tapi
lebih dari itu. Sedangkan penjelasan lengkap dari Dave Chaffey[9],
Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing)
1.)
Definisi Media Sosial (Social Media)
Media
sosial (Social Media) adalah media yang didesain untuk memudahkan
interaksi sosial yang bersifat interaktif dan dua arah. Media sosial berbasis
pada teknologi internet yang mengubah pola penyebaran informasi yang sebelumnya
bersifat satu ke banyak audiens, banyak audiens ke banyak audiens.[10] Media
sosial menurut Kaplan and Haenlein merupakan
sekelompol
aplikasi yang berbasiskan pada internet dan dibangun berdasarkan kerangka pikiran
ideologi dan teknologi dari platform Web 2.0, medium ini dapat
menghubungkan individu dengan individu untuk sharing dan berkumpul
secara online.[11]
Web
2.0 merupakan suatu platform dasar terbentuknya media sosial, platform
ini menyediakan kemudahan bagi penggunanya untuk berkolaborasi secara online
dan berbagi (sharing). Media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, Instagram,
saat ini digunakan untuk menyebarluaskan informasi secara cepat, viral, dan
menyebar kepada pengguna internet dalam jumlah yang besar. Menurut Dan Zarella,
media sosial adalah sebuah paradigma baru dalam konteks industri pemasaran yang
paling baik dijelaskan dalam konteks paradigma industri media tradisional.
Media tradisional, semisal televisi, surat kabar, radio, dan majalah adalah
teknologi monolog dan statis. Penerbit majalah yang merupakan organisasi besar
yang mendistribusikan konten yang mahal kepada konsumen, dan pemasang iklan
membayar untuk menyisipkan iklan mereka di dalam konten tersebut. Ketika kita
duduk asyik menonton program televisi favorit, tetapi tiba-tiba keasyikan dan terpotong
oleh jeda iklan. jika tidak setuju dengan sesuatu yang
kita baca di surat kabar, tentu kita tidak bisa langsung
memprotes redakturnya.
Pasar Online (Market place)
A. Definisi Pasar Online
(Marketplace)
Marketspace adalah arena di internet, tempat
bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di
dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada
hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”,
dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan
berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau
jasa.dengan menggunakan marketspace penjual dan pembeli berinteraksi dalm dunia
maya internet.
B. Karakteristik Pasar Online
Meskipun tidak dibatasi dan bersifat global, market place ini mempunyai banyak keuntungan antara lain :[12]
§
Persaingan
tanpa melihat modal,karena harga untuk membuat marketspace sangat murah bahkan
gratis,contoh mya memasarkan produk menggunakan blog
§
Tidak terkendala
letak yang strategis,karena dalam marketspace internet yang diutamakan adalah
kemudahan akses, menarik dan SEO yang bagus
§
Meminimalisir
biaya produksi
§
Memudahkan
dunia luas mendapatkan produk kita,karena internet telah digunkan lebih dari 2
milyar orang diseluruh dunia
§
Memanjakan
konsumen ,karena tanpa beranjak dari tempat duduknya konsumen dapat menjelajahi
dan berbelanja via internet.
§
Barang
yang dijual lebih variatif.
Kelemahan marketspaces
§
Pembeli
terkadang lama dalam menerima barang hasil transakasi.
§
Seringnya
terjadi kejahatan internet.
§
Perlu
adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem,
dan sebagianya.
. Bukalapak
Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online
marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya
situs layanan jual - beli daring (online) dengan model bisnis
customer-to-customer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari
konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk
kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun
dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan
menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan
bayi, gawai (gadget), aksesori gawai, komputer, sabak (tablet),
perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain[13]
Mendaftar akun di Bukalapak terdapat 4
cara yaitu:
- Daftar dengan E-mail.
1. Klik tombol Daftar untuk menuju ke
halaman pendaftaran.
2. Isi form pendaftaran yang tersedia (menurut gambar
di bawah) dengan mencantumkan alamat email yang masih aktif, nama lengkap,
password untuk login ke Bukalapak, jenis kelamin, dan username.
3. Klik tombol Daftar.
4. Cek konfirmasi e-mail Bukalapak di e-mail kamu,
lalu klik Konfirmasi Email.
5. Jika kamu tidak menerima email konfirmasi, klik Kirim Ulang Email Aktivasi atau cek folder spam di email
kamu.[14]
- Daftar dengan akun Facebook.
1. Klik tombol Daftar untuk
menuju ke halaman pendaftaran.
2. Klik tombol Daftar
dengan Facebook pada bagian bawah.
3. Kamu akan masuk ke halaman Facebook
dan lanjutkan dengan klik Continue as Pengguna.
4. Isi form pendaftaran.
5. Klik Daftar.
6. Kamu akan kembali ke halaman
Bukalapak dengan status sudah login jika proses pendaftaran dengan akun Facebook
telah berhasil.
Untuk saat ini, cara daftar dengan akun facebook hanya tersedia di
Bukalapak desktop browser
- Daftar dengan akun Google.
1. Klik tombol Daftar
untuk menuju ke halaman pendaftaran.
2. Klik tombol Daftar
dengan Google pada bagian bawah.
3. Kamu akan masuk ke halaman Google dan
lanjutkan dengan pilih akun Google dengan e-mail tertentu untuk melanjutkan
proses pendaftaran
4. Pendaftaran selesai.
5. Kamu akan kembali ke halaman
Bukalapak dengan status sudah login jika proses pendaftaran dengan akun Google+
telah berhasil
- Daftar dengan Nomor Handphone.
1. Klik tombol Daftar.
2. Isi form
pendaftaran yang tersedia dengan mencantumkan nomor handphone yang aktif dimana
nomor tersebut belum pernah digunakan di akun Bukalapak.
3. Klik Daftar.
4. Cek kode otentikasi yang dikirimkan ke nomor
handphone, masukkan kode otentikasi tersebut, lalu klik Konfirmasi.
5. Mulai tanggal 10
Agustus 2018, Bukalapak telah bekerja sama dengan DANA Indonesia dalam mengembangkan
fitur Buka DANA di Bukalapak. Akun Bukalapak tidak sama dengan
akun DANA. Sistem Bukalapak akan melakukan pengecekan nomor handphone
user. Apabila nomor handphone telah terdaftar di DANA,
maka masukkan nomor pin akun DANA.
6. Apabila nomor handphone belum
terdaftar di DANA, maka nomor handphone tersebut akan
didaftarkan dan kemudian kamu akan diminta membuat pin akun DANA
E. TOKOPEDIA
1. Sejarah Tokopedia
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus
2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi
diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet
Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa
Dwitama pada tahun 2009. Pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali
mendapat suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures
(2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), dan SoftBank Ventures
Korea (2013). Pada Oktober 2014, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama
di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp
1,2 triliun dari Sequoia
Capital dan SoftBank Internet
and Media Inc (SIMI). Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan
investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun.
Pada bulan Agustus 2017, Tokopedia menerima investasi sebesar
USD 1,1 milyar dari Alibaba. Dikabarkan bahwa keputusan ini dilakukan agar
Alibaba dapat semakin memperluas jaringannya di Indonesia dan Asia Tenggara
setelah sebelumnya membeli saham Lazada..
Berkat
peranannya dalam mengembangkan bisnis daring di Indonesia, Tokopedia berhasil
meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada
acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc. pada tanggal 11
Desember 2014. Pada 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in
Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016
2.
cara daftar akun tokoedia
Daftar Akun merupakan tahap
pertama bagi pengguna untuk dapat melakukan transaksi pada situs Tokopedia.
Anda diminta untuk mengisi informasi data diri dengan benar dan sesuai. Beberapa
cara untuk mendaftarkan akun antara lain dengan menggunakan Email, Facebook,
Yahoo, atau Google+.[15]
- Cara
Daftar dengan Nomor Telepon
Anda dapat
lakukan pendaftaran di Tokopedia dengan menggunakan nomor ponsel. Namun, hanya
tersedia untuk nomor ponsel yang belum terdaftar di Tokopedia. Berikut cara
untuk melakukan pendaftaran dengan nomor ponsel :
- Masukkan nomor ponsel
- Klik daftar, lalu Anda akan
masuk ke halaman Verifikasi
- Masukkan Kode Verifikasi yang
dikirimkan melalui SMS atau Panggilan Telepon ke nomor ponsel Anda
- Pendaftaran berhasil. Anda
berhasil membuat akun Tokopedia
- Setelah sukses, Anda belum
memiliki email dan kata sandi, namun Anda telah memiliki nama dummy dari
ID Tokopedia Anda. (contoh: Toppers1234567)
- Anda pun dapat melengkapi
email, kata sandi dan mengubah nama pada halaman pengaturan. Tetapi, untuk
saat ini fitur ini hanya bisa digunakan pada platform Mobile saja. Namun,
dalam waktu dekat akan tersedia untuk semua platform.
- Seluruh notifikasi Anda akan
dikirimkan melalui Whatsapp, SMS, TopChat, ataupun Push Notification untuk
berbagai aktivitas. Seperti ketika Anda melakukan pembelian di Marketplace
atau produk Digital.
2. Cara Daftar dengan Google
- Klik Daftar di
pojok kanan atas homepage Tokopedia.
- Pilih Daftar Dengan
Google.
- Anda akan terhubung dengan akun
Google. Klik Allow.
- Masukkan kata sandi baru dan
nomor handphone Anda yang aktif. Kata sandi ini akan Anda
gunakan untuk login dan penarikan tunai di Tokopedia.
- Klik Buat Password.
- Akun Anda sudah aktif.
3. cara
jualan di Tokopedia
Berjualan di Tokopedia dimulai
dengan membuka toko, memproses pesanan, dan menerima hasil transaksi penjualan
Anda.
Cara Buka Toko di Tokopedia:
- Pastikan Anda telah Login di akun Tokopedia
- Klik "Buka Toko" pada
bagian kiri-atas halaman home atau klik ikon , lalu pilih "Buka
Toko"
- Isi semua data yang diperlukan dengan lengkap dan
benar, seperti:
- Domain toko
(www.tokopedia.com/domaintokokamu)
- Informasi toko (nama, slogan,
deskripsi)
- Dukungan pengiriman
- Dukungan pembayaran
- Foto profil toko
- Klik "Buka Toko"
Untuk membuka toko di Tokopedia, pastikan Anda
telah memiliki akun Tokopedia. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:
- Klik tombol Toko yang
terletak di pojok kanan atas layar Anda dan klik tombol Buka Toko
- Isi informasi toko berupa nama
dan domain toko. Domain toko akan menjadi link toko Anda (Nama dan domain
bersifat permanen, jadi pastikan sudah diisi dengan benar)
- Lengkapi informasi agar toko
Anda menjadi lebih menarik dengan memasukkan :
- Slogan Toko
- Deskripsi Toko
- Logo Toko
- Masukkan alamat penjemputan
barang dan tandai lokasinya di peta
- Pilih kurir yang sesuai untuk
mengirimkan produk Anda
- Selesai! Jangan lupa untuk
upload produk ke toko Anda. Selamat jualan, Toppers!
F. SHOPEE
1. sejarah shopee
Shopee Indonesia adalah salah satu pusat perbelanjaan
yang dikelola oleh Garena (berubah nama menjadi SEA Group).
Bisnis C2C (customer to customer) mobile marketplace yang diusung Shopee
memungkinkan kehadirannya dapat dengan mudah diterima oleh berbagai lapisan
masyarakat, termasuk di Indonesia.
Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada
Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Sejak
peluncurannya, Shopee Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat,
bahkan hingga Oktober 2017 aplikasinya sudah didownload oleh lebih dari 43 juta
pengguna. Menawarkan one stop mobile experience, Shopee menyediakan fitur live
chat yang memudahkan para penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan
mudah dan cepat[16]
2. cara berbelanja di Shopee
Jelajahi
berbagai kategori dan sub-kategori atau gunakan fitur Cari. Pada halaman
produk, Anda dapat meng-klik
untuk membuat penawaran,
untuk memasukkan produk ke keranjang
belanja, atau
untuk membuat pesanan.



Beli Sekarang
Setelah menekan tombol , Anda akan disambungkan ke halaman .
Chat
Klik Tawar
untuk menuliskan Harga Tawaran dan Jumlah Barang. Jika penjual menerima tawaran
Anda, maka produk tersebut secara otomatis akan dimasukkan ke , yang dapat diakses dengan meng-klik .
Keranjangku
Pilih
produk yang Anda inginkan dan klik . Pilih alamat pengiriman, opsi
pengiriman, metode pembayaran dan klik .
3. cara berjualan di shopee
Pertama-tama,
pastikan produk yang Anda jual tidak terdaftar dalam Daftar Produk yang Dilarang. Jika sudah, mari kita lanjut! Klik tombol untuk mengambil foto produk atau
menggunakan foto produk dari halaman galeri Anda.
Anda bisa unggah 1 sampai 9 foto untuk setiap
produk.
Isi rincian produk seperti Kategori, Harga,
Stok, Variasi, Berat, dan Ongkos Kirim. Aktifkan tombol "Pre-Order" jika Anda membutuhkan lebih dari 7
hari untuk mengemaskan produk. Lalu, isi jumlah hari yang dibutuhkan untuk
Pre-Order antara 7-15 hari. Jangan lupa untuk menambahkan #hashtag ke produk Anda! Jika sudah, klik tanda ✓ (untuk Android) atau tombol "SIMPAN"
(untuk iOS). Dengan begitu saja, produk Anda sudah berhasil dipasang di Shopee!
Catatan: Anda perlu
verifikasi nomor telepon Anda, supaya produk Anda bisa dipasang di platform
kami dan ditampilkan ke publik.
Aplikasi Shopee versi terbaru juga memiliki fitur Auto-reply
chat yang bisa
digunakan penjual untuk menyapa pembeli. Fitur bisa mengkonfigurasi akun Anda
sehingga pembeli yang menyapa Anda untuk pertama kalinya dapat langsung
mendapatkan balasan dari Akun Anda. Pengaturan ini dapat ditemukan di bagian > > > Kirim
auto-reply dalam chat.
G. LAZADA
Lazada
Indonesia didirikan pada tahun 2012 pada bulan Januari oleh perusahaan asal
Jerman yaitu Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan inkubator
yang sukses mnciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai
belahan dunia
Selain
Rocket Internet, keberadaan Lazada juga diprakarsai oleh perusahanperusahaan
lain yang turut berinvestasi pada Lazada. Setelah JP Morgan, beberapa rekanan
lain ikut mempercayakan investasi pada lazada dan perusahaan induknya, Rocket
Internett Pada November 2012, Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia
menanamkan investasi hingga USD 40 juta. Sebulan kemudian, pada Desember 2012,
Summit Partner, salah satu perusahaan modal terbesar di dunia berinvestasi
sebesar USD 26 juta. Dan pada bulan Januari 2013, Tengelmann, group retail
strategis dari jerman menanamkan investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta
Pada
Februari 2013 lazada Indonesia meluncurkan iklan TVC Lazada.co.id yang perdana
di televisi nasional. Jumlah pelanggan yang puas terus meningkat. Hal ini
tercermin pada Maret 2013 lazada menjadi top 40 website di Indonesia. Lazada
sebagai perusahaan yang bergerak dibidang ritel e-commerce di Indonesia
berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai
jenis produk dengan cukup mengakses situs ataupun aplikasi dari Lazada.
Ditunjang dengan fasilitas multiple payment termasuk cash on delivery (COD)
yang memberikan kemudahan bagi konsumen. Selain memberikan kemudahan transaksi
,lazada Indonesia juga memberikan berbagai promo-promo serta diskon dengan
potongan harga murah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik untuk para
pembeli. Untuk informasi mngenai segala produk dapat diakses di website Lazada
Indonesia yaitu Lazada.co.id
a. Tampilan website
Lazada Indonesia pada PC
B. Tampilan Lazada Indonesia pada
aplikasi Lazada pada smartphone
C.
Cara daftar akun Lazada
Berikut
ini adalah cara mudah dan cepat daftar akun di lazada[17] :
1.
Unduh aplikasi Lazada pada Play Store / App Store.
2.
Klik daftar
3.
Klik Sign Up Sekarang. Bisa Juga mendaftar via Fb atau Google
4.
Masukkan nomer Hp anda, kemudian klik kirim. Kode verifikasi akan dikirim
melalui SMS ke nomer handphone anda, silahkan masukkan kode tersebut, lalu klik
selanjutnya
5.
isi data mohon membaca syarat & ketentuan serta kebijakan privasi pada link
tersebut. Kemudian centang sebagai persetujuan anda dan klik Daftar.
D. Cara Jual produk di
Lazada
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk berjualan
di Lazada adalah mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota. Untk langkah-langkah
mendaftarnya adalah:
1. Mendaftar DI lazada
·
Kunjungi situs resmi
(website) Lazada
·
Klik menu Jual
Di Lazada, yang terdapat pada bagian bawah halaman utama
·
Klik Daftar
Sekarang
·
Isi kolom pendaftaran dengan benar sesuai petunjuk, mulai dari tipe toko, lokasi toko,
nomor telepon, nama toko, e-mail, kata sandi, dan validasi (dengan
menggeser kolom slider ke arah kanan)
·
Lakukan aktivasi
akun sesuai instruksi yang diminta
·
Unggah (upload) kartu
identitas diri, berupa KTP dan
halaman depan buku rekening tabungan yang masih aktif
2. tanda tangan kontrak
Untuk melengkapi proses
pendaftaran, calon penjual juga akan diminta menandatangani kontrak perjanjian
dengan pihak Lazada. Poin ini sangat penting untuk dibaca dan dicermati dengan
detail, agar kelak tidak ada salah paham atau bahkan salah penafsiran yang
berujung pada kerugian.
Setelah Anda yakin dan
membaca dengan baik isi kontrak ini kerjasama ini, maka Anda sebagai calon
penjual bisa menandatanganinya dan mengunggah kembali dokumen tersebut sesuai
dengan instruksi yang diminta
3. Unggah (Upload) Foto Produk
Jika proses pendaftaran telah selesai dan
terverifikasi, maka status akun tersebut sudah aktif dan bisa Anda gunakan
untuk berjualan.
Guna memulai proses ini, tentu Anda
harus melengkapi toko online Anda di Lazada ini dengan
produk-produk yang akan dijual. Bagaimana cara mengupload foto
produk yang dijual melalui Lazada?
·
Siapkan foto
produk yang berkualitas dan layak untuk dipajang
·
Upload foto tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan. Pastikan foto
memenuhi kriteria, sehigga bisa terunggah dengan sempurna
·
Jangan lupa
memberikan keterangan produk dengan jelas dan tepat, sehingga
pembeli bisa dengan mudah mengerti dan memahami keterangan produk tersebut
secara baik
4. Mulai Berjualan
Jika semua
tahap di atas telah selesai dengan baik, maka akun tersebut sudah benar-benar
siap untuk digunakan dan transaksi bisa berjalan lancar. Keseluruhan proses ini
tidak akan membutuhkan waktu lama, terutama jika sejak awal segala syarat yang
diperlukan telah disiapkan dengan baik, termasuk foto produk beserta
keterangannya.
Upayakan untuk selalui menjual produk yang berkualitas
baik, sehingga lebih mudah menarik perhatian dan laku terjual. Hal ini akan
membbuat bisnis online Anda
menjadi lancar dan tentunya lebih menguntungkan.
Alternatif
Memasarkan Produk
Berjualan di
Lazada bisa menjadi alternatif lain yang dilakukan untuk mendatangkan
keuntungan. Bukan hanya cepat dan mudah, cara berjualan praktis ini juga akan
membuat penjual lebih nyaman dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk
sekedar membuka toko atau mempekerjakan orang.
Cukup lakukan pendaftaran online di marketplace ini
dan mulai kelola dengan baik produk yang akan Anda jual ini. Sehingga
kegiatan berjualan secara online ini bisa berjalan dengan baik dan
lancar, bahkan bisa dibilang sangat efektif bagi pelaku usaha yang ingin memperkenalkan hasilproduksinya.
Mengikuti perkembangan teknologi dan tren belanja online bisa dibilang banyak manfaatnya,
terutama bagi Anda para pelaku usaha yang memiliki produk yang siap untuk dipasarkan.
Mencoba peruntungan dengan berjualan di Lazada tentu menjadi hal cukup
menantang.
Untuk memulai langkah ini, siapkan dokumen pendukung yang
diperlukan dan ikuti langkah pendaftaran secara online dengan
baik. Sehingga Anda tidak perlu pusing dalam memasarkan produk Anda. Jangan
lupa upload foto produk yang berkualitas baik,
dengan deskripsi atau keterangan yang jelas, agar produk Anda bisa terjual
dengan cepat dan mendatangkan banyak keuntungan
3. Pemasaran Website
(Website Marketing)
A. Lima Langkah Pemasaran
Website Baru[18]
Setelah
selesai membuat website, masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk
pemasaran website supaya website Anda bisa bersaing di Internet dengan lebih
dari 2 juta website lainnya. Ketika website Anda bisa bersaing, hal ini akan
menambah jumlah pengunjung website Anda sehingga bisnis Anda semakin dikenal.
Dengan
teknik penjualan yang benar yang didasari dengan rencana pemasaran website yang
tepat akan membuat sukses itu tidak hanya sebatas mimpi. Membuat rencana pemasaran
yang baik, selain memudahkan dalam proses menjalankan bisnis, juga akan
memudahkan Anda dalam mengevaluasi rencana pemasaran yang sudah berjalan sesuai
dengan respon dari hasil yang diterima.
Berikut
ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membuat rencana pemasaran
online pada suatu bisnis:
1. Tentukan Tujuan Pemasaran Website
Sebelum
memulai pemasaran secara online perlu dipikirkan dahulu tujuan apa yang ingin
Anda dapatkan. Apakah Anda ingin lalu lintas akses ke website Anda yang lebih banyak?
Apakah Anda menjual suatu produk dan bertujuan mencari untung? Atau untuk
tujuan lainnya?
Mungkin
ada banyak sekali tujuan lainnya dari pemasaran online, tapi coba gunakan
langkah ini untuk mencari tahu apa rencana spesifik Anda beserta tingkat prioritas
tiap tujuan.
2. Perjelas Target Audiens
Penjualan
Anda akan berjalan dengan baik bila fokus pada orang-orang yang tertarik dengan
produk Anda. Lakukan analisis target market berdasarkan kebutuhan atau layanan
yang mereka inginkan, siapa yang akan membeli atau menggunakan layanan
tersebut.
Berikut
ini beberapa faktor yang dijadikan pertimbangan dalam menentukan target
pemasaran:
·
Umur
·
Lokasi
·
Jenis Kelamin
·
Tingkat
pendapatan
·
Tingkat
pendidikan
·
Status
pernikahan
·
Status orang tua
·
Pekerjaan
·
Ketertarikan umum
·
Hobi
·
Politik
·
Sikap
kepribadian
·
Perilaku belanja
3.Tentukan Taktik Pemasaran Apa Yang
Akan Anda Gunakan
Setelah
menentukan tujuan dan siapa yang Anda jadikan target, saatnya untuk menentukan
strategi pemasaran website Anda. Bila Anda belum terbiasa dengan pemasaran
online, hal ini akan membutuhkan waktu yang lama karena akan ada banyak cara
dan taktik tiap masing-masing orang dalam praktiknya.
Bila
Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri, maka Anda perlu meluangkan banyak
waktu dalam mempelajarinya. Bila Anda memilih untuk mempekerjakan orang,
pastikan Anda memiliki pemahaman tentang berbagai bidang pemasaran online untuk
memutuskan strategi apa yang ingin Anda gunakan dan memilih orang yang pas
dalam menjalankan strategi tersebut.
Berikut
ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan:
·
SEO ( Search
Engine Optimization).
·
Menggunakan
layanan pencarian berbayar
·
Content
marketing
·
Email marketing
·
Social media
marketing
·
Pemasaran
melalui afiliasi
·
Mengoptimalkan
langkah-langkah di atas
Masing-masing
langkah diatas saling mempengaruhi satu sama lain namun Anda tidak perlu
melakukan semuanya langsung. Anda dapat memulai dengan cara yang memiliki
tingkat kerumitan terendah.
Dengan
mengetahui tujuan dan audiens yang paling ingin Anda capai maka akan semakin
mudah dalam menentukan strategi apa yang harus diprioritaskan.
4. Memperkirakan Anggaran
Pemasaran
secara online memiliki dua usaha yang besar yaitu waktu dan uang. Anda bisa
menghindari keluarnya banyak anggaran jika Anda bersedia meluangkan banyak waktu,
begitu juga sebaliknya. Jadi sebelum Anda memulai, sangat disarankan untuk
memperkirakan jumlah anggaran.
Beberapa
pemasaran online tidak memerlukan biaya apapun kecuali bila Anda mempekerjakan
seseorang untuk melakukannya. Sedangkan untuk layanan pencarian berbayar atau
iklan, akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.
Bila
Anda ingin memangkas anggaran, coba kombinasikan kemampuan Anda dengan respon
audiens. Misalnya Anda ingin mencoba pemasaran dengan konten tapi Anda tidak
pandai menulis kata-kata, pertimbangkan apakah audiens Anda dapat merespon
dengan baik.
Secara
umum Anda dapat memasarkan situs web Anda dengan baik jika memiliki anggaran
untuk mempekerjakan tenaga
profesional, tapi cara ini tentu bukanlah satu-satunya cara.
5. Buat Rencana
Keempat
langkah sebelumnya akan membawa ke titik di mana Anda memiliki ide yang tepat
tentang jenis pemasaran website yang akan Anda lakukan dan seberapa banyak yang
dapat Anda tangani. Sekarang saatnya menggabungkan ke dalam rencana yang jelas
dengan langkah yang spesifik.
Jika
Anda ingin bertahan dan sukses dalam pemasaran online, Anda harus siap komitmen
dengan jadwal. Sebagai contoh saat Anda menggunakan pemasaran via media sosial, buatlah
jadwal memperbarui status Anda beberapa kali dalam seminggu dan luangkan waktu
untuk berinteraksi dengan orang lain di platform. Jika Anda menulis sebuah
blog, buatlah daftar topik yang akan ditulis dan berikan tenggang waktu untuk
menyelesaikan dan mempublikasikannya.
Satu-satunya
cara Anda berhasil adalah dengan teratur dan komitmen dengan jadwal dan rencana
yang Anda buat. Dan jika Anda ingin orang-orang membaca situs yang Anda buat,
pastikan semua rencana dan jadwal telah Anda selesaikan dengan baik.
kesimpulan
1. Media Sosial adalah suatu alat digital marketing yang dapat menjangkau semua kalangan,
dengan biaya yang relatif terjangkau atau tidak menggunakan biaya sama sekali
dan digunakan untuk menciptakan suatu komunitas, membangun hubungan, dan
bertukar informasi dengan sesama pengguna Media Sosial dalam jangka waktu yang
tidak terbatas. (Berbagai Sumber)
2. Situs
marketplace sangatlah bermanfaat dan menguntungkan jika anda ingin memulai
menjalankan bisnis maupun yang saat ini sudah memiliki bisnis. diantaranya
adalah :
a. Tidak
perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menjual maupun membeli barang
Untuk
menggunakan situs marketplace ini tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk
membuat took online sendiri. Dan tentunya sebagai penjual akan lebih mudah
menjumpai banyak konsumen yang mengunjungi situs marketplace tersebut. Jika
masih menjual produk ditoko online sendiri mungkin masih memerlukan biaya
promosi tambahan, sedangkan untuk berjualan pada situs marketplace biaya
promosi ini mungkin sudah tidak perlu dipikirkan hanya tinggal memanfaatkannya
saja untuk berjualan.
b. Situs marketplace pengelolaannya jauh lebih mudah
Saat ini
situs marketplace yang ada sangat mudah digunakan untuk user. bahkan bagi orang
awam yang sebelumnya belum pernah menggunakan situs jual beli secara online
pasti bisa menggunkannya. karena diberbagai situs marketplace yang ada panduan
penggunaan atau informasi untuk user cukup mudah dipahami. Selain dari pada itu
situs marketplace penggunaannya jauh lebih praktis , dan tidak
memerlukan biaya perawatan yang lebih.
c. Potensi market jauh lebih besar
Dengan
menggunakan situs marketplace kesempatan untuk menjangkau banyak calon pembeli
jauh lebih besar. karena apa, kalau kita ketahui masyarakat Indonesia tingkat
konsumsinya lumayan tinggi apalagi terhadap produk-produk terbaru yang lagi
ngetrend. selainitu juga, masyarakat sekarang lebih suka menggunakan internet
untuk melakukan transaksi jual beli barang
3. Secara
keseluruhan membuat website toko online sendiri mempunyai keuntungan lebih
banyak dibandingkan hanya mengandalkan marketplace saja. jika
terjadi masalah atau perubahan kebijakan di pihak ketiga, dalam hal ini
marketplace.maka anda akan kehilangan toko anda, akan lebih baik Dengan
memiliki website toko online sendiri, Anda masih mempunyai toko yang
tidak terkena imbas masalah atau perubahan kebijakan dari pihak ketiga karena
kontrol website toko online sepenuhnya ada pada Anda, selain itu website toko online
bisa menjadi sarana promosi, website toko online juga meningkatkan kepercayaan
pelanggan terhadap merek Anda.
[1]
Nely
Mariana, “10 UKM Indonesia yang Sudah Tembus Pasar Global” dalam
http://goukm.id,
diakses
pada 07 Januari 2018, pukul 21.34 WIB
[2]
Biro Humas
Kementrian Komunikasi dan Informatika, “GO DIGITAL! Gerakan Nasional
UMKM
Go Online”, dalam http://kominfo.go.id/,
diakses pada 07 Januari pukul 22.00 WIB
yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital
diakses pada 07 Januari 2018
pukul
22.00 WIB
[4]
Dedi
Purwana ES, dkk, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah
(UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”.
Jurnal
Pemberdayaan Masyarakat
Madani
. Vol. 1 No. 1, Juli 2017, hlm. 2
digital-southeast-asia-2017
diakses pada 08 Januari 2018 pukul 23.34 WIB
[6] ibid
[7]
Dedi
Purwana ES, dkk, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah
(UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”. …, hlm. 7
[9]
Dave
Chaffey. Digital Business and E-Commerce Management, Strategy,
Implementation, and
Practice. (England: Pearson
Education Limited,2015), hlm.18
[10]
Cindy
Rizal Putri Paramitha. Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial
Media
terhadap
Keputusan Pembelian Palanggan dalam Bidang Kuliner. Thesis.
Semarang: fak.
Ekonomi
UNDIP
[11]
Andreas
Kaplan and Michael Haenlein. “Users of The World, Unite! The Challenges and
Opportunities
of Social Media”. Kelley School of Business, Business Horizon, Vol. 53,
No. 1.
2010,
hlm. 61
[12] https://sunariyadi.wordpress.com/makalah-marketplace/
diakses pada 07/09/18
[14] https://www.bukalapak.com/bantuan/akun/daftar/daftar-email
diakses pada 07/09/2018
[15] https://www.tokopedia.com/bantuan/pembeli/akun/daftar-akun-tokopedia/
diakses pada 07/09/2018 16:21
[18] https://blog.rumahweb.com/lima-langkah-pemasaran-website-baru/
Diakses pada 07/09/18 pukul 16:55
No comments:
Post a Comment