• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Friday 14 September 2018

    PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI KREATIF MELALUI "KLINIK DIGITAL MARKETING"

    PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI KREATIF MELALUI "KLINIK DIGITAL MARKETING"
    oleh Muhammad Taufiq Abadi
    (disampaikan saat seminar digital marketing jumat,14 September 2018)




    Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia bisa dibilang bertumbuh sangat pesat. Di pertengahan 2016, jumlah UMKM di Indonesia telah mencapai 57,9 juta.[1] Menurut Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, I Wayan Dipta jumlah tersebut sudah sangat potensial untuk bisa go international. Pemerintah sendiri sedang mendorong penuh agar para UKM tersebut bisa go international. Salah satu caranya dengan mengajarkan menggunakan internet yang menjadi salah satu cara memudahkan pemasaran hingga ke pasar internasional. Apalagi era bonus demografi yang segera Indonesia hadapi di tahun 2020-2035, akan menimbulkan dampak persaingan yang ketat. Jika, tidak ada dukungan pemangku kebijakan, UKM akan kalah bersaing dengan pesaing dari luar.
    Sejalan dengan Siaran Pers No. 216/HM/KOMINFO/11/2017 oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) mengenai Go Digital! Gerakan Nasional UKM Go Online tanggal 7 November 2017. Gerakan ini mendukung visi ekonomi Indonesia tahun 2020 ialah menjadi “The Digital Energy of Asia” dengan target pertumbuhan transaksi e-Commerce sebesar USD 130 Miliar. Dalam mengejar visi ini, menghadapi dua tantangan utama yang harus diselesaikan secara seimbang dan serentak yaitu globalisasi dan sistem ekonomi yang adil dan produktif, yang berpihak pada rakyat serta terjaminnya sistem insentif ekonomi yang adil dan mandiri.[2]
    Era digital memang tidak mungkin untuk dihindari. Pakar pemasaran Yuswohadi mengungkapkan bahwa jika ingin bertahan, maka pelaku UMKM harus mampu memaksimalkan manfaat perkembangan digital.[3] Dengan pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentu juga berimbas pada dunia pemasaran. Tren pemasaran di dunia beralih dari yang semula konvensional (offline) menjadi digital (online). Digital marketing ini lebih prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan potensial untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet. [4]
    Menurut data yang dilansir oleh We are Social, sebuah agensi digital marketing di Amerika, memaparkan bahwa terhitung sampai Januari 2017, sebanyak 48% pengguna internet di Indonesia melakukan pencarian barang atau jasa secara online, 46% pengguna mengunjungi toko online, 41% pengguna transaksi produk atau melayani jasa online, 34% pengguna melakukan transaksi online via computer atau laptop, dan 33% pengguna melakukan transaksi online melalui perangkat mobile seperti smartphone[5]  Hal ini menyiratkan bahwa potensi belanja online sudah cukup berkembang di Indonesia yang harus diimbangi dengan pemasaran secara digital pula oleh para pelaku usaha.
    Platform yang sering digunakan dalam digital marketing adalah media sosial atau jejaring sosial. Disebutkan juga data dari We are Social bahwa platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia per Januari 2017 adalah Youtube (49%) dan Facebook (48%). Posisi selanjutnya ditempati oleh Instagram (39%), Twitter (38%), Whatsapp (38%), dan Google+ (36%). Sisanya ditempat secara berurutan oleh FB messenger, Line, Linkedin, BBM, Pinterest, dan Wechat.[6]
    Definisi Digital Marketing
    Khan & Siddiqui dalam jurnalnya yang dikutip dari Purwana ES dkk[7], bahwa konsep digital marketing berasal dari internet dan mesin pencari (search engines) pada situs. Ketika puncak penggunaan internet di tahun 2001, pasar didominasi oleh Google dan Yahoo sebagai search engine optimization (SEO). Dan penggunaan pencarian melalui internet berkembang pada tahun 2006 dan pada tahun 2007 penggunaan perangkat mobile meningkat drastis yang juga meningkatkan penggunaan internet di masyarakat dari berbagai penjuru dunia mulai berhubungan satu sama lain melalui media sosial.
    Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan[8], digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding (pengenalan merek) yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. Dan tentu saja digital marketing bukan hanya berbicara tentang internet marketing tapi lebih dari itu. Sedangkan penjelasan lengkap dari Dave Chaffey[9], Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing)
    1.) Definisi Media Sosial (Social Media)
    Media sosial (Social Media) adalah media yang didesain untuk memudahkan interaksi sosial yang bersifat interaktif dan dua arah. Media sosial berbasis pada teknologi internet yang mengubah pola penyebaran informasi yang sebelumnya bersifat satu ke banyak audiens, banyak audiens ke banyak audiens.[10] Media sosial menurut Kaplan and Haenlein merupakan
    sekelompol aplikasi yang berbasiskan pada internet dan dibangun berdasarkan kerangka pikiran ideologi dan teknologi dari platform Web 2.0, medium ini dapat menghubungkan individu dengan individu untuk sharing dan berkumpul secara online.[11] Web 2.0 merupakan suatu platform dasar terbentuknya media sosial, platform ini menyediakan kemudahan bagi penggunanya untuk berkolaborasi secara online dan berbagi (sharing). Media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, saat ini digunakan untuk menyebarluaskan informasi secara cepat, viral, dan menyebar kepada pengguna internet dalam jumlah yang besar. Menurut Dan Zarella, media sosial adalah sebuah paradigma baru dalam konteks industri pemasaran yang paling baik dijelaskan dalam konteks paradigma industri media tradisional. Media tradisional, semisal televisi, surat kabar, radio, dan majalah adalah teknologi monolog dan statis. Penerbit majalah yang merupakan organisasi besar yang mendistribusikan konten yang mahal kepada konsumen, dan pemasang iklan membayar untuk menyisipkan iklan mereka di dalam konten tersebut. Ketika kita duduk asyik menonton program televisi favorit, tetapi tiba-tiba keasyikan dan terpotong oleh jeda iklan. jika tidak setuju dengan sesuatu yang
    kita baca di surat kabar, tentu kita tidak bisa langsung memprotes redakturnya.
    Pasar Online (Market place)
    A. Definisi Pasar Online (Marketplace)
    Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.dengan menggunakan marketspace penjual dan pembeli berinteraksi dalm dunia maya internet.
     B. Karakteristik Pasar Online

    Meskipun tidak dibatasi dan bersifat global, market place ini mempunyai banyak keuntungan antara lain :[12]
    § Persaingan tanpa melihat modal,karena harga untuk membuat marketspace sangat murah bahkan gratis,contoh mya memasarkan produk menggunakan blog
    § Tidak terkendala letak yang strategis,karena dalam marketspace internet yang diutamakan adalah kemudahan akses, menarik dan SEO yang bagus
    § Meminimalisir biaya produksi
    § Memudahkan dunia luas mendapatkan produk kita,karena internet telah digunkan lebih dari 2 milyar orang diseluruh dunia
    § Memanjakan konsumen ,karena tanpa beranjak dari tempat duduknya konsumen dapat menjelajahi dan berbelanja via internet.
    § Barang yang dijual lebih variatif.

    Kelemahan marketspaces
    § Pembeli terkadang lama dalam menerima barang hasil transakasi.
    § Seringnya terjadi kejahatan internet.
    § Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.
    . Bukalapak
    Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual - beli daring (online) dengan model bisnis customer-to-customer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesori gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain[13]
    Mendaftar akun di Bukalapak terdapat 4 cara yaitu:
    1. Daftar dengan E-mail.
    1. Klik tombol Daftar untuk menuju ke halaman pendaftaran.
    2. Isi form pendaftaran yang tersedia (menurut gambar di bawah) dengan mencantumkan alamat email yang masih aktif, nama lengkap, password untuk login ke Bukalapak, jenis kelamin, dan username.
    3. Klik tombol Daftar.
    4. Cek konfirmasi e-mail Bukalapak di e-mail kamu, lalu klik Konfirmasi Email.
    5. Jika kamu tidak menerima email konfirmasi, klik Kirim Ulang Email Aktivasi atau cek folder spam di email kamu.[14]
    1. Daftar dengan akun Facebook.
    1. Klik tombol Daftar untuk menuju ke halaman pendaftaran.
    2. Klik tombol Daftar dengan Facebook pada bagian bawah.
    3. Kamu akan masuk ke halaman Facebook dan lanjutkan dengan klik Continue as Pengguna.

    4. Isi form pendaftaran.
    5. Klik Daftar.
    6. Kamu akan kembali ke halaman Bukalapak dengan status sudah login jika proses pendaftaran dengan akun Facebook telah berhasil.
    Untuk saat ini, cara daftar dengan akun facebook hanya tersedia di Bukalapak desktop browser
    1. Daftar dengan akun Google.
    1. Klik tombol Daftar untuk menuju ke halaman pendaftaran.
    2. Klik tombol Daftar dengan Google pada bagian bawah.
    3. Kamu akan masuk ke halaman Google dan lanjutkan dengan pilih akun Google dengan e-mail tertentu untuk melanjutkan proses pendaftaran

    4. Pendaftaran selesai.
    5. Kamu akan kembali ke halaman Bukalapak dengan status sudah login jika proses pendaftaran dengan akun Google+ telah berhasil


    1. Daftar dengan Nomor Handphone.
    1. Klik tombol Daftar.
    2. Isi form pendaftaran yang tersedia dengan mencantumkan nomor handphone yang aktif dimana nomor tersebut belum pernah digunakan di akun Bukalapak.

    3. Klik Daftar.
    4. Cek kode otentikasi yang dikirimkan ke nomor handphone, masukkan kode otentikasi tersebut, lalu klik Konfirmasi.
    5. Mulai tanggal 10 Agustus 2018, Bukalapak telah bekerja sama dengan DANA Indonesia dalam mengembangkan fitur Buka DANA di Bukalapak. Akun Bukalapak tidak sama dengan akun DANA. Sistem Bukalapak akan melakukan pengecekan nomor handphone user. Apabila nomor handphone telah terdaftar di DANA, maka masukkan nomor pin akun DANA.
    6. Apabila nomor handphone belum terdaftar di DANA, maka nomor handphone tersebut akan didaftarkan dan kemudian kamu akan diminta membuat pin akun DANA



    E. TOKOPEDIA
    1. Sejarah Tokopedia
    Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
    PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapat suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), dan SoftBank Ventures Korea (2013). Pada Oktober 2014, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI). Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun.
    Pada bulan Agustus 2017, Tokopedia menerima investasi sebesar USD 1,1 milyar dari Alibaba. Dikabarkan bahwa keputusan ini dilakukan agar Alibaba dapat semakin memperluas jaringannya di Indonesia dan Asia Tenggara setelah sebelumnya membeli saham Lazada..
    Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis daring di Indonesia, Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc. pada tanggal 11 Desember 2014. Pada 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016
    2. cara daftar akun tokoedia
    Daftar Akun merupakan tahap pertama bagi pengguna untuk dapat melakukan transaksi pada situs Tokopedia. Anda diminta untuk mengisi informasi data diri dengan benar dan sesuai. Beberapa cara untuk mendaftarkan akun antara lain dengan menggunakan Email, Facebook, Yahoo, atau Google+.[15]
    1. Cara Daftar dengan Nomor Telepon
    Anda dapat lakukan pendaftaran di Tokopedia dengan menggunakan nomor ponsel. Namun, hanya tersedia untuk nomor ponsel yang belum terdaftar di Tokopedia. Berikut cara untuk melakukan pendaftaran dengan nomor ponsel :
      1. Masukkan nomor ponsel
      2. Klik daftar, lalu Anda akan masuk ke halaman Verifikasi
      3. Masukkan Kode Verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau Panggilan Telepon ke nomor ponsel Anda
      4. Pendaftaran berhasil. Anda berhasil membuat akun Tokopedia
    1. Setelah sukses, Anda belum memiliki email dan kata sandi, namun Anda telah memiliki nama dummy dari ID Tokopedia Anda. (contoh: Toppers1234567)
    2. Anda pun dapat melengkapi email, kata sandi dan mengubah nama pada halaman pengaturan. Tetapi, untuk saat ini fitur ini hanya bisa digunakan pada platform Mobile saja. Namun, dalam waktu dekat akan tersedia untuk semua platform.
    3. Seluruh notifikasi Anda akan dikirimkan melalui Whatsapp, SMS, TopChat, ataupun Push Notification untuk berbagai aktivitas. Seperti ketika Anda melakukan pembelian di Marketplace atau produk Digital.
    2. Cara Daftar dengan Google
    1. Klik Daftar di pojok kanan atas homepage Tokopedia.
    2. Pilih Daftar Dengan Google.
    3. Anda akan terhubung dengan akun Google. Klik Allow.
    4. Masukkan kata sandi baru dan nomor handphone Anda yang aktif. Kata sandi ini akan Anda gunakan untuk login dan penarikan tunai di Tokopedia.
    5. Klik Buat Password.
    6. Akun Anda sudah aktif.
    3. cara jualan di Tokopedia
    Berjualan di Tokopedia dimulai dengan membuka toko, memproses pesanan, dan menerima hasil transaksi penjualan Anda.
    Cara Buka Toko di Tokopedia:
    1. Pastikan Anda telah Login di akun Tokopedia
    2. Klik "Buka Toko" pada bagian kiri-atas halaman home atau klik ikon , lalu pilih "Buka Toko"
    3. Isi semua data yang diperlukan dengan lengkap dan benar, seperti:
      • Domain toko (www.tokopedia.com/domaintokokamu)
      • Informasi toko (nama, slogan, deskripsi)
      • Dukungan pengiriman
      • Dukungan pembayaran
      • Foto profil toko
    4. Klik "Buka Toko"
    Untuk membuka toko di Tokopedia, pastikan Anda telah memiliki akun Tokopedia. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:
    1. Klik tombol Toko yang terletak di pojok kanan atas layar Anda dan klik tombol Buka Toko
    2. Isi informasi toko berupa nama dan domain toko. Domain toko akan menjadi link toko Anda (Nama dan domain bersifat permanen, jadi pastikan sudah diisi dengan benar)
    3. Lengkapi informasi agar toko Anda menjadi lebih menarik dengan memasukkan :
      • Slogan Toko
      • Deskripsi Toko
      • Logo Toko
    4. Masukkan alamat penjemputan barang dan tandai lokasinya di peta
    5. Pilih kurir yang sesuai untuk mengirimkan produk Anda
    6. Selesai! Jangan lupa untuk upload produk ke toko Anda. Selamat jualan, Toppers!


    F. SHOPEE
    1. sejarah shopee
    Shopee Indonesia adalah salah satu pusat perbelanjaan yang dikelola oleh Garena (berubah nama menjadi SEA Group). Bisnis C2C (customer to customer) mobile marketplace yang diusung Shopee memungkinkan kehadirannya dapat dengan mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk di Indonesia.
    Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Sejak peluncurannya, Shopee Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan hingga Oktober 2017 aplikasinya sudah didownload oleh lebih dari 43 juta pengguna. Menawarkan one stop mobile experience, Shopee menyediakan fitur live chat yang memudahkan para penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat[16]
    2. cara berbelanja di Shopee
    Jelajahi berbagai kategori dan sub-kategori atau gunakan fitur Cari. Pada halaman produk, Anda dapat meng-klik https://help.shopee.co.id/hc/article_attachments/115025339968/mceclip0.png untuk membuat penawaran, https://help.shopee.co.id/hc/article_attachments/115025339988/mceclip1.png untuk memasukkan produk ke keranjang belanja, atau https://help.shopee.co.id/hc/article_attachments/115025271887/mceclip2.png untuk membuat pesanan.

    Beli Sekarang
    Setelah menekan tombol   , Anda akan disambungkan ke halaman  .

    Chat
    Klik Tawar untuk menuliskan Harga Tawaran dan Jumlah Barang. Jika penjual menerima tawaran Anda, maka produk tersebut secara otomatis akan dimasukkan ke   , yang dapat diakses dengan meng-klik  .

    Keranjangku
    Pilih produk yang Anda inginkan dan klik . Pilih alamat pengiriman, opsi pengiriman, metode pembayaran dan klik 

    3. cara berjualan di shopee
    Pertama-tama, pastikan produk yang Anda jual tidak terdaftar dalam Daftar Produk yang Dilarang. Jika sudah, mari kita lanjut! Klik tombol untuk mengambil foto produk atau menggunakan foto produk dari halaman galeri Anda.

    Anda bisa unggah 1 sampai 9 foto untuk setiap produk.

    Isi rincian produk seperti Kategori, Harga, Stok, Variasi, Berat, dan Ongkos Kirim. Aktifkan tombol "Pre-Order" jika Anda membutuhkan lebih dari 7 hari untuk mengemaskan produk. Lalu, isi jumlah hari yang dibutuhkan untuk Pre-Order antara 7-15 hari. Jangan lupa untuk menambahkan #hashtag ke produk Anda! Jika sudah, klik tanda  (untuk Android) atau tombol "SIMPAN" (untuk iOS). Dengan begitu saja, produk Anda sudah berhasil dipasang di Shopee!

    Catatan: Anda perlu verifikasi nomor telepon Anda, supaya produk Anda bisa dipasang di platform kami dan ditampilkan ke publik.
    Aplikasi Shopee versi terbaru juga memiliki fitur Auto-reply chat yang bisa digunakan penjual untuk menyapa pembeli. Fitur bisa mengkonfigurasi akun Anda sehingga pembeli yang menyapa Anda untuk pertama kalinya dapat langsung mendapatkan balasan dari Akun Anda. Pengaturan ini dapat ditemukan di bagian  >  >  > Kirim auto-reply dalam chat.

    G. LAZADA
    Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 pada bulan Januari oleh perusahaan asal Jerman yaitu Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan inkubator yang sukses mnciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia
    Selain Rocket Internet, keberadaan Lazada juga diprakarsai oleh perusahanperusahaan lain yang turut berinvestasi pada Lazada. Setelah JP Morgan, beberapa rekanan lain ikut mempercayakan investasi pada lazada dan perusahaan induknya, Rocket Internett Pada November 2012, Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga USD 40 juta. Sebulan kemudian, pada Desember 2012, Summit Partner, salah satu perusahaan modal terbesar di dunia berinvestasi sebesar USD 26 juta. Dan pada bulan Januari 2013, Tengelmann, group retail strategis dari jerman menanamkan investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta
    Pada Februari 2013 lazada Indonesia meluncurkan iklan TVC Lazada.co.id yang perdana di televisi nasional. Jumlah pelanggan yang puas terus meningkat. Hal ini tercermin pada Maret 2013 lazada menjadi top 40 website di Indonesia. Lazada sebagai perusahaan yang bergerak dibidang ritel e-commerce di Indonesia berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai jenis produk dengan cukup mengakses situs ataupun aplikasi dari Lazada. Ditunjang dengan fasilitas multiple payment termasuk cash on delivery (COD) yang memberikan kemudahan bagi konsumen. Selain memberikan kemudahan transaksi ,lazada Indonesia juga memberikan berbagai promo-promo serta diskon dengan potongan harga murah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik untuk para pembeli. Untuk informasi mngenai segala produk dapat diakses di website Lazada Indonesia yaitu Lazada.co.id
    a. Tampilan website Lazada Indonesia pada PC

    B. Tampilan Lazada Indonesia pada aplikasi Lazada pada smartphone


    C. Cara daftar akun Lazada
    Berikut ini adalah cara mudah dan cepat daftar akun di lazada[17] :
    1. Unduh aplikasi Lazada pada Play Store / App Store.


    2. Klik daftar
    3. Klik Sign Up Sekarang. Bisa Juga mendaftar via Fb atau Google
    4. Masukkan nomer Hp anda, kemudian klik kirim. Kode verifikasi akan dikirim melalui SMS ke nomer handphone anda, silahkan masukkan kode tersebut, lalu klik selanjutnya
    5. isi data mohon membaca syarat & ketentuan serta kebijakan privasi pada link tersebut. Kemudian centang sebagai persetujuan anda dan klik Daftar.

    D. Cara Jual produk di Lazada
    Langkah pertama yang harus dilakukan untuk berjualan di Lazada adalah mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota. Untk langkah-langkah mendaftarnya adalah:
    1. Mendaftar DI lazada

    ·         Kunjungi situs resmi (website) Lazada
    ·         Klik menu Jual Di Lazada, yang terdapat pada bagian bawah halaman utama
    ·         Klik Daftar Sekarang
    ·         Isi kolom pendaftaran dengan benar sesuai petunjuk, mulai dari tipe toko, lokasi toko, nomor telepon, nama toko, e-mail, kata sandi, dan validasi (dengan menggeser kolom slider ke arah kanan)
    ·         Lakukan aktivasi akun sesuai instruksi yang diminta
    ·         Unggah (upload) kartu identitas diri, berupa KTP dan halaman depan buku rekening tabungan yang masih aktif
    2. tanda tangan kontrak

    Untuk melengkapi proses pendaftaran, calon penjual juga akan diminta menandatangani kontrak perjanjian dengan pihak Lazada. Poin ini sangat penting untuk dibaca dan dicermati dengan detail, agar kelak tidak ada salah paham atau bahkan salah penafsiran yang berujung pada kerugian.
    Setelah Anda yakin dan membaca dengan baik isi kontrak ini kerjasama ini, maka Anda sebagai calon penjual bisa menandatanganinya dan mengunggah kembali dokumen tersebut sesuai dengan instruksi yang diminta


    3. Unggah (Upload) Foto Produk


    Jika proses pendaftaran telah selesai dan terverifikasi, maka status akun tersebut sudah aktif dan bisa Anda gunakan untuk berjualan.
    Guna memulai proses ini, tentu Anda harus melengkapi toko online Anda di Lazada ini dengan produk-produk yang akan dijual. Bagaimana cara mengupload foto produk yang dijual melalui Lazada?
    ·         Siapkan foto produk yang berkualitas dan layak untuk dipajang
    ·         Upload foto tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan. Pastikan foto memenuhi kriteria, sehigga bisa terunggah dengan sempurna
    ·         Jangan lupa memberikan keterangan produk dengan jelas dan tepat, sehingga pembeli bisa dengan mudah mengerti dan memahami keterangan produk tersebut secara baik

    4. Mulai Berjualan


    Jika semua tahap di atas telah selesai dengan baik, maka akun tersebut sudah benar-benar siap untuk digunakan dan transaksi bisa berjalan lancar. Keseluruhan proses ini tidak akan membutuhkan waktu lama, terutama jika sejak awal segala syarat yang diperlukan telah disiapkan dengan baik, termasuk foto produk beserta keterangannya.
    Upayakan untuk selalui menjual produk yang berkualitas baik, sehingga lebih mudah menarik perhatian dan laku terjual. Hal ini akan membbuat bisnis online Anda menjadi lancar dan tentunya lebih menguntungkan.

    Alternatif Memasarkan Produk

    Berjualan di Lazada bisa menjadi alternatif lain yang dilakukan untuk mendatangkan keuntungan. Bukan hanya cepat dan mudah, cara berjualan praktis ini juga akan membuat penjual lebih nyaman dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk sekedar membuka toko atau mempekerjakan orang.
    Cukup lakukan pendaftaran online di marketplace ini dan mulai kelola dengan baik produk yang akan Anda jual ini. Sehingga kegiatan berjualan secara online ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, bahkan bisa dibilang sangat efektif bagi pelaku usaha yang ingin memperkenalkan hasilproduksinya.
    Mengikuti perkembangan teknologi dan tren belanja online bisa dibilang banyak manfaatnya, terutama bagi Anda para pelaku usaha yang memiliki produk yang siap untuk dipasarkan. Mencoba peruntungan dengan berjualan di Lazada tentu menjadi hal cukup menantang.
    Untuk memulai langkah ini, siapkan dokumen pendukung yang diperlukan dan ikuti langkah pendaftaran secara online dengan baik. Sehingga Anda tidak perlu pusing dalam memasarkan produk Anda. Jangan lupa upload foto produk yang berkualitas baik, dengan deskripsi atau keterangan yang jelas, agar produk Anda bisa terjual dengan cepat dan mendatangkan banyak keuntungan

    3. Pemasaran Website (Website Marketing)

    A. Lima Langkah Pemasaran Website Baru[18]

    Setelah selesai membuat website, masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk pemasaran website supaya website Anda bisa bersaing di Internet dengan lebih dari 2 juta website lainnya. Ketika website Anda bisa bersaing, hal ini akan menambah jumlah pengunjung website Anda sehingga bisnis Anda semakin dikenal.
    Dengan teknik penjualan yang benar yang didasari dengan rencana pemasaran website yang tepat akan membuat sukses itu tidak hanya sebatas mimpi. Membuat rencana pemasaran yang baik, selain memudahkan dalam proses menjalankan bisnis, juga akan memudahkan Anda dalam mengevaluasi rencana pemasaran yang sudah berjalan sesuai dengan respon dari hasil yang diterima.
    Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membuat rencana pemasaran online pada suatu bisnis:

    1. Tentukan Tujuan Pemasaran Website

    Sebelum memulai pemasaran secara online perlu dipikirkan dahulu tujuan apa yang ingin Anda dapatkan. Apakah Anda ingin lalu lintas akses ke website Anda yang lebih banyak? Apakah Anda menjual suatu produk dan bertujuan mencari untung? Atau untuk tujuan lainnya?
    Mungkin ada banyak sekali tujuan lainnya dari pemasaran online, tapi coba gunakan langkah ini untuk mencari tahu apa rencana spesifik Anda beserta tingkat prioritas tiap tujuan.

    2. Perjelas Target Audiens

    Penjualan Anda akan berjalan dengan baik bila fokus pada orang-orang yang tertarik dengan produk Anda. Lakukan analisis target market berdasarkan kebutuhan atau layanan yang mereka inginkan, siapa yang akan membeli atau menggunakan layanan tersebut.
    Berikut ini beberapa faktor yang dijadikan pertimbangan dalam menentukan target pemasaran:
    ·            Umur
    ·            Lokasi
    ·            Jenis Kelamin
    ·            Tingkat pendapatan
    ·            Tingkat pendidikan
    ·            Status pernikahan
    ·            Status orang tua
    ·            Pekerjaan
    ·            Ketertarikan umum
    ·            Hobi
    ·            Politik
    ·            Sikap kepribadian
    ·            Perilaku belanja

    3.Tentukan Taktik Pemasaran Apa Yang Akan Anda Gunakan

    Setelah menentukan tujuan dan siapa yang Anda jadikan target, saatnya untuk menentukan strategi pemasaran website Anda. Bila Anda belum terbiasa dengan pemasaran online, hal ini akan membutuhkan waktu yang lama karena akan ada banyak cara dan taktik tiap masing-masing orang dalam praktiknya.
    Bila Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri, maka Anda perlu meluangkan banyak waktu dalam mempelajarinya. Bila Anda memilih untuk mempekerjakan orang, pastikan Anda memiliki pemahaman tentang berbagai bidang pemasaran online untuk memutuskan strategi apa yang ingin Anda gunakan dan memilih orang yang pas dalam menjalankan strategi tersebut.
    Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan:
    ·            SEO ( Search Engine Optimization).
    ·            Menggunakan layanan pencarian berbayar
    ·            Content marketing
    ·            Email marketing
    ·            Social media marketing
    ·            Pemasaran melalui afiliasi
    ·            Mengoptimalkan langkah-langkah di atas
    Masing-masing langkah diatas saling mempengaruhi satu sama lain namun Anda tidak perlu melakukan semuanya langsung. Anda dapat memulai dengan cara yang memiliki tingkat kerumitan terendah.
    Dengan mengetahui tujuan dan audiens yang paling ingin Anda capai maka akan semakin mudah dalam menentukan strategi apa yang harus diprioritaskan.

    4. Memperkirakan Anggaran

    Pemasaran secara online memiliki dua usaha yang besar yaitu waktu dan uang. Anda bisa menghindari keluarnya banyak anggaran jika Anda bersedia meluangkan banyak waktu, begitu juga sebaliknya. Jadi sebelum Anda memulai, sangat disarankan untuk memperkirakan jumlah anggaran.
    Beberapa pemasaran online tidak memerlukan biaya apapun kecuali bila Anda mempekerjakan seseorang untuk melakukannya. Sedangkan untuk layanan pencarian berbayar atau iklan, akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.
    Bila Anda ingin memangkas anggaran, coba kombinasikan kemampuan Anda dengan respon audiens. Misalnya Anda ingin mencoba pemasaran dengan konten tapi Anda tidak pandai menulis kata-kata, pertimbangkan apakah audiens Anda dapat merespon dengan baik.
    Secara umum Anda dapat memasarkan situs web Anda dengan baik jika memiliki anggaran untuk mempekerjakan tenaga profesional, tapi cara ini tentu bukanlah satu-satunya cara.

    5. Buat Rencana

    Keempat langkah sebelumnya akan membawa ke titik di mana Anda memiliki ide yang tepat tentang jenis pemasaran website yang akan Anda lakukan dan seberapa banyak yang dapat Anda tangani. Sekarang saatnya menggabungkan ke dalam rencana yang jelas dengan langkah yang spesifik.
    Jika Anda ingin bertahan dan sukses dalam pemasaran online, Anda harus siap komitmen dengan jadwal. Sebagai contoh saat Anda menggunakan pemasaran via media sosial, buatlah jadwal memperbarui status Anda beberapa kali dalam seminggu dan luangkan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain di platform. Jika Anda menulis sebuah blog, buatlah daftar topik yang akan ditulis dan berikan tenggang waktu untuk menyelesaikan dan mempublikasikannya.
    Satu-satunya cara Anda berhasil adalah dengan teratur dan komitmen dengan jadwal dan rencana yang Anda buat. Dan jika Anda ingin orang-orang membaca situs yang Anda buat, pastikan semua rencana dan jadwal telah Anda selesaikan dengan baik.






    kesimpulan
    1. Media Sosial adalah suatu alat digital marketing yang dapat menjangkau semua kalangan, dengan biaya yang relatif terjangkau atau tidak menggunakan biaya sama sekali dan digunakan untuk menciptakan suatu komunitas, membangun hubungan, dan bertukar informasi dengan sesama pengguna Media Sosial dalam jangka waktu yang tidak terbatas. (Berbagai Sumber)
    2. Situs marketplace sangatlah bermanfaat dan menguntungkan jika anda ingin memulai menjalankan bisnis maupun yang saat ini sudah memiliki bisnis. diantaranya adalah :
    a. Tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menjual maupun membeli barang
    Untuk menggunakan situs marketplace ini tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat took online sendiri. Dan tentunya sebagai penjual akan lebih mudah menjumpai banyak konsumen yang mengunjungi situs marketplace tersebut. Jika masih menjual produk ditoko online sendiri mungkin masih memerlukan biaya promosi tambahan, sedangkan untuk berjualan pada situs marketplace biaya promosi ini mungkin sudah tidak perlu dipikirkan hanya tinggal memanfaatkannya saja untuk berjualan.
    b.      Situs marketplace pengelolaannya jauh lebih mudah
    Saat ini situs marketplace yang ada sangat mudah digunakan untuk user. bahkan bagi orang awam yang sebelumnya belum pernah menggunakan situs jual beli secara online pasti bisa menggunkannya. karena diberbagai situs marketplace yang ada panduan penggunaan atau informasi untuk user cukup mudah dipahami. Selain dari pada itu situs marketplace  penggunaannya jauh lebih praktis , dan tidak memerlukan biaya perawatan yang lebih.
    c.       Potensi market jauh lebih besar
    Dengan menggunakan situs marketplace kesempatan untuk menjangkau banyak calon pembeli jauh lebih besar. karena apa, kalau kita ketahui masyarakat Indonesia tingkat konsumsinya lumayan tinggi apalagi terhadap produk-produk terbaru yang lagi ngetrend. selainitu juga, masyarakat sekarang lebih suka menggunakan internet untuk melakukan transaksi jual beli barang
    3. Secara keseluruhan membuat website toko online sendiri mempunyai keuntungan lebih banyak dibandingkan hanya mengandalkan marketplace saja. jika terjadi masalah atau perubahan kebijakan di pihak ketiga, dalam hal ini marketplace.maka anda akan kehilangan toko anda, akan lebih baik  Dengan memiliki website toko online sendiri,  Anda masih mempunyai toko yang tidak terkena imbas masalah atau perubahan kebijakan dari pihak ketiga karena kontrol website toko online sepenuhnya ada pada Anda, selain itu website toko online bisa menjadi sarana promosi, website toko online juga meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek Anda.








    [1] Nely Mariana, “10 UKM Indonesia yang Sudah Tembus Pasar Global” dalam http://goukm.id,
    diakses pada 07 Januari 2018, pukul 21.34 WIB
    [2] Biro Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika, “GO DIGITAL! Gerakan Nasional
    UMKM Go Online, dalam http://kominfo.go.id/, diakses pada 07 Januari pukul 22.00 WIB
    [3] Y. Maulana, “UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital”, dalam http://swa.co.id/swa/csrcorner/
    yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital diakses pada 07 Januari 2018
    pukul 22.00 WIB
    [4] Dedi Purwana ES, dkk, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan
    Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat
    Madani . Vol. 1 No. 1, Juli 2017, hlm. 2
    [5] Simon Kemp, “Digital in Southeast Asia in 2017dalam http://wearesocial.com/specialreports/
    digital-southeast-asia-2017 diakses pada 08 Januari 2018 pukul 23.34 WIB
    [6] ibid
    [7] Dedi Purwana ES, dkk, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan
    Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”. …, hlm. 7
    [8] Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan. Creative Digital Marketing…, hlm.47
    [9] Dave Chaffey. Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and
    Practice. (England: Pearson Education Limited,2015), hlm.18
    [10] Cindy Rizal Putri Paramitha. Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media
    terhadap Keputusan Pembelian Palanggan dalam Bidang Kuliner. Thesis. Semarang: fak.
    Ekonomi UNDIP
    [11] Andreas Kaplan and Michael Haenlein. “Users of The World, Unite! The Challenges and
    Opportunities of Social Media”. Kelley School of Business, Business Horizon, Vol. 53, No. 1.
    2010, hlm. 61

    No comments:

    Post a Comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.