• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Wednesday 19 September 2018

    KISAH INSPIRATIF KEDAI KOPI “ARC GRUP” ( Create by ITTA BIUL MASYITOH 2013116365)

    KISAH INSPIRATIF KEDAI KOPI “ARC GRUP”
    ( Create by ITTA BIUL MASYITOH 2013116365)


    Kegiatan usaha yang saya amati adalah sebuah usaha Kedai/Gubuk kopi yang berada di Desa Tombo kec. Bandar. Awal mula dari berdirinya usaha ini adalah dari para pemuda bahkan tokoh masyarakat desa yang sudah mereka bangun dari dulu yaitu ARC Grup. Karena mereka melihat potensi yang dimiliki didesa yaitu lahan perkebunan kopi yang lumayan luas milik para petani desa Tombo, sehingga membuat mereka berfikir “Mengapa kita tidak membangun sebuah usaha yang berbeda dari yang lain sedangkan sudah  terlihat sendiri bahwa kopi yang dihasilkan para petani pun banyak”. Kemudian dari pemikiran tersebut mereka memutuskan untuk mengolah kopi yang dihasilkan oleh para petani agar tidak hanya dijual dengan harga yang murah saja, namun mereka juga berinisiatif untuk mengolah kopi tersebut menjadi bubuk kopi siap saji, kopi yang mereka peroleh dari para petani tidak hanya mereka minta Cuma-Cuma namun mereka juga membelinya langsung dari para petani.
                Dengan seiring berjalannya waktu, usaha yang mereka bangun dengan sistem kekeluargaan ini sekarang sudah berkembang lumayan besar, karena mereka bisa membangun sebuah kedai kopi siap saji yang mana kopi tersebut mereka olah sendiri dari mulai pemetikan, pengeringan, pengovenan hingga penggilingan yang kemudian mereka sajikan dengan alat-alat tradisional bahkan mereka sekarang sudah menggunakan alat-alat modern sama seperti di cafe-cafe kopi besar. Usaha mereka ini pun sekarang sudah banyak yang mengetahui keberadaannya, sehingga banyak yang sengaja datang berkunjung untuk menikmati kopi olahan mereka tersebut. Kopi yang mereka hasilakanpun bermacam- macam jenis, ada yang masih butiran ada juga yang sudah menjadi bubuk kopi halus.
                Mereka juga melakukan promosi lewat media masa dalam memperkenalkan kegiatan usaha tersebut, menurut mereka kunci kesuksesan yang mereka peroleh tersebut karena solidaritas yang tinggi serta kepercayaan yang mereka bangun dari nol yang membangunkan semangat mereka sehingga menjadi usaha yang banyak diminati masyakat sendiri. Karena usaha ini pun dibangun bukan dari perorangan melainkan sebuah kelompok atau Grup ARC, sehingga mereka tidak bisa mengembangkan usahanya tersebut dengan sendirinya namun dengan cara bersama-sama.
    Profil Usaha
    Wirausaha dibidang Kuliner (Kopi)
    Nama Usaha : Tombo Coffee
    Nama Pemilik : ARC Grup
    Alamat : Desa Tombo Rt. 09 Kec. Bandar Batang




    No comments:

    Post a Comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.