Pengembangan Ekonomi Kreatif melalui “DISKUSI
ENTREPRENURSHIP”
Bersama Kak Winda AFFANDI (Desainer + instagram marketer
Semarang)
&
Astrid Oktiana (Owner New Sisterz Butique Semarang)
Jumat, 14
september 2018 adalah hari yang bahagia dan istimewa bagi adik-adik mahasiswa
IAIN Pekalongan. Karena pada hari itu beberapa perwakilan dari mahasiswa ini terpilih
untuk mengikuti “DISKUSI ENTREPRENURSHIP” yang dipromotori oleh IBU HAPPY SISTA
DEVY MM (selaku Dosen CPNS IAIN Pekalongan).beberapa mahasiswa tersebut
sebelumnya telah diseleksi sangat ketat dan baik dan didapatlah beberapa
mahasiswa yang terbagi menjadi 7 kelompok bidang usaha antara lain :
1. Kelompok
Baggy Pants
2. Kelompok
Desain Arsitektur
3. Kelompok Baitu
Kosmetik.
4. Kelompok
WKYES
5. Kelompok
Pizza Rakyat
6. Kelompok Studio Musik & Rekaman
Acara ini berlangsung sangat antusias dan
meriah. Mulai dari jam 08.00 wib yang dibuka dengan salam dan menyanyikan lagu
indonesia raya. Setelah itu sambutan dari Penyelenggara yang disampaikan
lansung oleh Ibu Happy Sista Devy MM. Dalam sambutannya Ibu happy berharap
acara ini mampu menjadi inspirasi dan pendorong mahasiswa-mahaasiswa IAIN
Pekalongan terutama pordi Ekonomi Syariah untuk dapat menjadi pribadi yang
mandiri, bisa berwirausaha dan peka terhadap perkembangan teknologi. Serta mampu
menyadari segala potensi kearifan lokal yang ada disekitarnya, dalam penutup
sambutan bu happy menekankan tentang indahnya tagline Kita jika bisa dilaksanakan
secara Sempurna, “jadilah mahasiswa IAIN yang berJiwa Spiritualitas tinggi, cinta
pada tanah Air (Nasionality), berfikir cerdas dan kritis (Scientific) serta
mandiri dan sukses (Entrpereneur)”. Setelah itu acara dilanjutkan dengan
diskusi Entreprenurship yang memang sangat dinantikan oleh adik-adik mahasiswa.
Hadir sebagai
Narasumber dua pengusaha muda cantik asal Semarang yaitu kak Winda Affandi
(Desainer + instagram marketer) dan Kak Astrid Oktiana(Owner Newsisterzbutik). Berikut
ini adalah biografi dari Kak Winda dan kak astrid :
Pendidikan
akhir formal : SMA N 1 Sukorejo
Pendidikan
akhir non formal:
-Pondok
Pesantren Darusalam Muntilan
-LPTB Susan
Budihardjo
Pengalaman
kerja :
- penjahit
- patern
marker di Cotton club
PROFIL SINGKAT PERSONAL DAN BISNIS
PROFIL SINGKAT PERSONAL
DATA PRIBADI
Domisili : Semarang
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Telepon : 08222353120 /
08222353102
Email : newsisterzbutik@gmail.com
Pendidikan :
-
SD Negeri
Wonodri 04 Semarang
-
SMP Negeri
3 Semarang
-
SMU
Negeri 15 Semarang
-
Universitas
Soegijapranata (UNIKA) Semarang
-
LPTB Susan
Budiharjo Semarang
-
Timisaschi
Fashion Artists Design
berbagai macam seminar
workshop baik yang diadakan oleh pemerintah maupun swasta seperti :
-
Seminar
Selling In The Last Quarter by James Gwee
-
Workshop
Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah UKM Kreatif by Deputi Akses
Permodalan & Be Kraf
-
Workshop
Perkuat DNA Brand Untuk Persaingan di Pasar Global by Indonesian Fashion
Chamber & KADIN Jawa Tengah
-
Workshop
Sukses Dagang Online Dengan Foto Produk Keren by Yuliandi Kusuma
-
Talkshow
Creativity To Be Reality by Deden Siswanto & Indonesian Fashion Chamber
-
Seminar
The New Paradigm Of Customer – Centric Company by UNIKA
Soegijapranata Semarang
-
Seminar Workshop “Make The Web Design” by UNIKA Soegijapranata Semarang
Dalam
diskusi ini kak winda menceritakan banyak hal tentang hidupnya yang penuh
ika-liku dan perjuangan yang pantang menyerah serta pentingnya generasi
milenial untuk paham dan bisa menggunakan sosial media sebagai media pemasaran
yang efketif. Berikut ini adalah materi yang dapat admin tulis dan simpulkan :
Pengertian
Instagram
Instagram
adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagikan foto dan video. Instagram
sendiri merupakan bagian dari Facebook, setelah Mark Zuckenberg mengakuisisinya
pada tahun 2012. Dan karena merupakan bagian dari Facebook, memungkinkan teman
di Facebook bisa mem-follow akun instagram kita. Makin populernya
Instagram sebagai aplikasi yang digunakan untuk membagi foto, membuat banyak penggunanya
yang mulai melakukan bisnis online dengan mempromosikan produk-produknya
melalui Instagram.
![]() |
Akun IG Kak Winda (desainer + ig mrketer) |
![]() |
akun IG owner NewsisterzButik (Kak Astrid) |
banyak
pengguna, Instagram menjadi media sosial yang banyak sekali peluang untuk
berbisnis bagi para penggunanya, bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi
pemasaran,
melalui share foto-foto produk, dan tentunya memiliki banyak followers.
Instagram memudahkan konsumen untuk melihat produk yang dijual dan dapat langsung
memberi komentar di bawah foto yang diminati.
b.
Indikator Media Sosial Instagram
Menurut
pendapat ahli Atmoko[1]
dalam
bukunya Instagram Handbook yang menyatakan indikator dari sebuah media
sosial yaitu:
1.)
Hashtag. Suatu label (tag) berupa kata yang diberikan awalan
simbol tanda #. Fitur pagar (tanda pagar) ini penting karena sangat memudahkan
pengguna untuk menemukan foto-foto yang tersebar di Instagram dengan label
tertentu.
2.)
Lokasi (Geotag). Smartphone telah dilengkapi fitur geotag yang
berguna untuk mengetahui lokasi tempat pengambilan gambar.
3.)
Follow. Suatu sistem dengan menjadi mengikuti suatu akun pengguna
lainnya, atau memiliki pengikut Instagram.
4.)
Share. Foto atau video dari Instagram dapat dibagi melalui jejaring
sosial lainnya.
5.)
Like. Simbol love, digunakan sebagai penanda bahwa pengguna yang
lain menyukai foto yang telah diunggah oleh pengguna lain.
6.)
Comment atau komentar. Bagian dari interaksi dalam Instagram memberi
komentar berupa saran, pujian, atau kritikan.
7.)
Mention. Menyinggung pengguna lainnya di dalam judul foto (caption)
dan juga pada komentar foto, bertujuan untuk berkomunikasi dengan pengguna yang
disinggung.
c.
Fitur Sosial Instagram
Instagram
sebagai media sosial berbagi foto memiliki dasar-dasar dalam penggunaanya.
Menurut Landsverk yang dikutip dari Utari[2]
fitur
penggunaan Instagram meliputi:
1.)
Feed. Pada fitur ini pengguna dapat melihat postingan yang diunggah
teman yang sudah diikuti.
2.)
Popular “tab”. Digunakan
pengguna untuk melihat foto yang diunggah pengguna lain. Foto atau video yang
masuk ke dalam halaman populer, merupakan tempat kumpulan dari foto-foto yang
paling banyak disukai setiap waktunya. Jika ingin melihat suatu hal yang lebih
spesifik, bisa menuliskan pada kolom pencarian username dan hashtag.
3.)
News and Updates. Dengan Instagram memungkinkan berinteraksi dengan
teman yang diikuti melalui foto atau video yang diunggah dengan like atau
comment dan memunculkan notifikasi pada akun kita yang memberikan
informasi pengguna Instagram lain.
4.)
Like, Comment, Bookmark. Like atau comment pada Instagram adalah
sebuah apresisasi dan penghargaan tersendiri bagi pengguna Instagram. Jika
pengguna tertarik pada suatu unggahan, maka kita bisa memberikan like pada
foto tersebut dengan memberikan double tap ditandai dengan muncul simbol
love pada layar dan comment jika ingin berinteraksi dengan
pengguna
lain. Dalam Instagram memang tidak menyediakan fitur untuk download,
namun apabila menyukai postingan tertentu dan ingin melihatnya lagi di lain
waktu, fitur bookmark atau simpan.
5.)
Your Profile. Profil dapat dilihat pada ikon user, di pojok kanan
bawah. Pada profile tersimpan arsip-arsip foto yang pernah diunggah.
6.)
Posting. Adalah sebutan ketika akan mengunggah foto. Foto
yang akan diunggah dapat diberi filter bawaan dari Instagram agar
terlihat menarik. Dikutip dari situs digitalmarketer.id[3],
di tahun 2016 Instagram mempunyai fitur tambahan yakni Instagram
Stories.
Fitur ini mendorong pengguna agar membuat dan membagi konten lebih banyak lagi
yang tidak akan muncul di profile grid atau dalam Instagram feed. Fitur
ini memungkinkan pengguna mengirim foto dan video yang menghilang setelah 24
jam. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan brand dengan membagi
konten dibalik layar (behind-the-scenes).
Dengan Insta stories, brand memiliki
peluang untuk membawa followers ke dalam
sebuah perjalanan dan menceritakan kisah
dibalik postingan feed stories mereka. Selain
itu di tahun 2017, Instagram menambahkan fitur Live Stories sama
persis dengan fitur Facebook Live. Seperti
yang dikutip dari portal cnnindonesia.com[4] bahwa
untuk menggunakan fitur Live ini, pengguna cukup
menyapu layar ke kanan dari laman feed dan pilih
'Start Live Video.' Setelah 'siaran' selesai, maka video Live tadi menghilang dari aplikasi. Saat pengguna sedang melakukan siaran langsung, pemberitahuan akan dikirimkan ke semua teman. Dengan begitu followers bisa
menyaksikan siaran tersebut. Ada juga Top Live yang
bakal menampilkan Live Stories terpopuler yang
sedang mengudara.
d. Instagram for Business (Instagram untuk Bisnis) Dikutip dari
situs business.instagram.com[5],
di tahun 2016 diluncurkan fitur alat bisnis Instagram baru untuk
membantu perusahaan memahami pengikutnya dengan lebih baik dan
dalam mengembangkan bisnisnya Dengan alat baru tersebut,
perusahaan dengan berbagai ukuran dikenal
dengan profil bisnis, memperoleh wawasan tentang
pengikut dan kiriman, serta mempromosikan kiriman
untuk mendorong tujuan bisnis semua di dalam aplikasi
seluler Instagram. Artinya, pelanggan dapat melihat informasi
penting di profil akun Instagram sebuah perusahaan—seperti
alamat bisnis atau info kontak dari akun
perusahaan. Dan dapat memperoleh informasi yang dapat
ditindaklanjuti tentang kiriman yang memiliki kinerja
terbaik,
hari dan waktu terbaik untuk mengirim, serta perincian demografi pengikut akun
perusahaan tersebut. Bisa juga untuk mempromosikan kiriman yang sudah pernah
dibagikan, dan menyertakan tombol seperti “Pelajari Selengkapnya”, untuk
menjangkau pelanggan baru di pemirsa target dari perusahaan.
e.
Instagram Ads (Advertising)
Instagram
memiliki banyak keuntungan yang sangat banyak sekali salah satunya beriklan
melalui Instagram. Dengan menggunakan alat periklanan yang sama dengan Facebook
Seperti yang diulas di situs digitalmarketer.id67
berikut merupakan beberapa keuntungan beriklan di Instagram:
1.)
Target konsumen yang spesifik
2.)
Lebih fleksibel
3.)
Lebih murah
4.) Jangkauan lebih luas
Setelah selesai menyampaikan materi
adik-adik mahasiswa secara bergantian diberikan kesempatan untuk bertanya dan
sharing tentang kendala yang dihadapi saat merintis usaha.
Akhirnya acara diskusi
entrpreneurship ini ditutup dengan doa dan ucapan terimakasih pada semua pihak
yang telah bersedia membantu dan mensukseskan acara ini.
Sampai ketemu di puncak
kesuksesan....
[1] Bambang Dwi Atmoko, Instagram Handbook,
(Jakarta: Media Kita, 2012), hlm.21
[2]
Monica
Utari, “Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @Princessyahrini Terhadap Gaya
Hidup
Hedonis Para Followersnya”. Jurnal Ilmu Komunikasi FISIP, Vol.4 No.2, Oktober
2017,
hlm.
10
[3]
Digital
Marketer, “Updatean Terbaru: Social Media Instagram Meluncurkan Instagram
Stories”,dalam
https://digitalmarketer.id/social-media/updatean-terbaru-social-media-instagrammeluncurkan-
instagram-stories/,
diakses pada 07 April 2018 pukul 08.50 WIB
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/,diakses pada 07 April 2018 pukul
10.00 WIB
[5]
Instagram
Business, “Membuat Profil Bisnis di Instagram“, dalam
https://business.instagram.com/blog/creating-a-business-profile-on-instagram/,
diakses 01 Juli
2018
pada 15.15 WIB
No comments:
Post a Comment