• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Saturday 15 September 2018

    Diskusi 1 : Deteksi Usaha Spekulatif (kelas L)

    Diskusi 1 : Deteksi Usaha Spekulatif (kelas L)
    setelah mempelajari materi bab 1 tentang arti dan karakter wirausaha, kita tahu bahwa sekarang ini banyak sekali usaha usaha spekulatif dan manipulasi yang beredar luas dimasyarakat. sebagai seorang mahsiswa yang terpelajar dan berjiwa spiritualitas tinggi sodara diminta untuk mengidentifikasi dan mendeteksi dan memberikan solusi terhadap usaha2 spekuatif yang saat ini marak?

    jawablah diskusi ini dengan cara menjawab di kolom komentar..
    format menjawab :
    nama & Nim :
    1.    
    2.        
    3.
    jawaban / hasil diskusi:............................................................................

    15 comments:

    1. Nama Kelompok
      1. Muhammad Muzammil (2013216011)
      2. Ade Ipana Sopyan (2013216019)
      3. Muh. Asirin (2013216016)
      4. Aniyatin aniyah (2013214480)
      Ekonomi Syariah (L)

      Usaha spekulatif dan manipulasi Rumah Saham Indonesia
      Rumah Saham Indonesia - www.rumahsaham.org (selanjutnya disebut layanan) adalah sebuah layanan pembelajaran trading saham kepada para Peserta, dengan tujuan agar Peserta bisa membeli dan menjual saham-saham perusahaan yang diinginkannya, yang dikelola oleh CAS-Wealth Corporation, sebuah Perusahaan Indonesia yang bergerak dalam bidang manajemen informasi dan pengembangan SDM. Pendaftaran secara online dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran. Secara offline silahkankan hubungi mitra terdekat kami di kota Anda. Biaya layanan ini adalah Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah), sekali untuk selamanya. Setiap Peserta akan dibimbing sesuai dengan pengetahuan awalnya tentang saham, hingga bisa secara sendiri membeli dan menjual saham perusahaan yang diinginkannya, disela-sela kesibukannya. Manfaatnya yang diperoleh adalah kita bisa mendapat bimbingan secara teknis ataupun non teknis dalam investasi saham.

      Hasil Diskusi
      Usaha diatas merupakan sebuah usaha spekulatif dan ada manipulasi didalamnya, dan berkaitan dengan ketidakpastian baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Dimana usaha ini meminta untuk setiap anggotanya melakukan pembayaran sebelum bekerja/belajar. Menurut kami, ini hanyalah sebuah cara yang dilakukan mereka untuk mengeruk keuntungan dari orang orang awam. Dan hal diatas menurut kami adalah hal yang percuma atau hanya merugikan kita. Karena belum tentu setelah bergabung kita mendapatkan keuntungan. Dikarenakan dalam dunia investasi (saham) banyak sekali buku tentang saham dan juga investasi. baik secara offline maupun online (e-book). dan juga bimbingan bisa dilakukan melalui grup grup tentang investasi yang didalamnya free atau bebas biaya. Bisa dikatakan sekarang adalah era digital, sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengakses di internet.
      Menurut kami, alangkah baiknya jika ingin melakukan praktik investasi saham dilakukan dengan membaca referensi terlebih dahulu, pelajari dan tanyakan kepada rekan yang lebih memahami, dan juga merubah pola pikir bahwasanya tidak ada orang kaya dengan cara instant. Begitupun dalam hal saham, tergantung tujuan kita investasi untuk apa dan bagaimana. Dan juga jangan mudah tergiur dengan iming iming cepat kaya.

      Terimakasih.

      ReplyDelete
    2. Nama Kelompok :
      1. Mudmainah 2013216012
      2. Nur Aini 2013216024
      3. Suci Fitriyani 2013216033
      4. Sari Agustin 2013216034

      Multi Level Marketing Melia Propolis
      Adalah pelopor marketing plan yang revolusioner , yang bergerak dalam penjualan produk obat obatan herbal. Bisnis Melia Sehat Sejahtera telah terbukti menjadi bisnis dengan Pembayaran Pajak Terbaik dan Terbesar di Indoensia sektor Multi Level Marketing. Pajak perusahaan dan penghasilan member-mebernya transparan membayar pajak setiap harinya. Marketing Plan PT. Melia Sehat Sejahtera adalah marketing plan terbaik dengan berpihak kepada member. Modal bergabung di Melia hanya 1x seumur hidup dan diwariskan. Bisnis Melia Sehat Sejahtera tidak ada sistem target (tidak ada tutup poin), tidak ada belanja bulanan wajib, tidak ada sistem pringkat (jabatan/sistem piramida), tidak ada rewards (iming-iming hadiah) dan sistem kerja hanya membangun dua kaki (Binary). Dengan syarat dan ketentuan untuk bergabung adalah dengan melakukan registrasi dan juga membeli produk awal senilai 1.175.000 yang juga berisi produk melia. Yang selanjutnya anda bisa menjual atau mengajak rekan untuk bergabung dan selanjutnya menjadi anggota lagi. Anda wajib ikut TRAINING untuk bisa sukses di bisnis ini, karena tidak ada orang sukses di Melia tanpa training. Semua orang yang sukses di Melia, mereka selalu mengikuti training dari tingkat member sampai tingkat leader. Di Training anda akan diajarkan, dibimbing, dibina, dan diarahkan dengan benar untuk mebangun jaringan dan meraih semua impian anda di Melia Sehat Sejahtera. Saya disini bukan hanya teori, tapi saya dan kawan-kawan team saya telah mebuktikan Sukses di Binsis ini. Dalam waktu satu tahun saja saya kerjakan serius Bisnis Melia, saya telah mampu meraih penghasilan diatas 20jt/bulan. Banyak impian saya terwujud di bisnis ini diantaranya: membeli mobil baru, membeli rumah baru, berlibur ke luar negeri, berangkatkan haji orang tua, pergi umroh sekeluarga, melunasi semua hutang-hutang keluarga, dan banyak lagi.

      Hasil Diskusi.
      Jenis usaha diatas adalah usaha spekulatif yang berkaitan erat dengan risiko baik dari penjualan ataupun keuangan yang bisa saja merugi dan tidak mendapat imbal balik. Menurut kami, sebagai generasi muda yang memiliki wawasan harusnya lebih jeli dan teliti. Dan bisa berpikir realistis, jika uang sejumlah 1.175.000 digunakan untuk bisnis yang tidak jelas ke depannya, mending digunakan untuk usaha kecil kecil an. Terlebih dengan kecanggihan informasi sekarang, dimana kita bisa menjual produk dengan mudah. Dan mengurangi resiko kerugian yang lebih besar.
      Terima kasih.

      ReplyDelete
    3. Nama Kelompok
      1. Arif Rahman Hakim (2013216003)
      2. Abdurrohman Alfaridlo (2013216004)
      3. Asep Saifullah (2013216007)
      4. Firman Happy (2013216009)
      Ekonomi Syariah (L)

      USAHA SPEKULATIF PESUGIHAN NYATA BUKAN MIMPI TANPA RESIKO TERBUKTI 10000 PERSEN
      PESUGIHAN UANG GAIB CEPAT CAIR HANYA DI MBAH MBUH
      Pengertian pesugihan adalah pesugihan yang dilakukan oleh seseorang yang ingin mendapatkan kekayaan dengan cara yang cepat tanpa melibatkan nyawa atau tumbal serta tak melanggar oleh agama manapun,Mengapa demikian ??? Karena pesugihan ini adalah pesugihan darigolongan putih. Adapun pesugihan BANK GAIB yang bisa menjadikan anda menjadi kaya raya cukup dengan menyediakan nomor rekening saja setelah uang sudah cair maka rekening yang tadinya anda sudah siapkan akan langsung mengalir dengan cepat masuk ke rekeningnya setelah di bacakan mantra.Bagi anda yang sedang terlilit Hutang Piutang atau sedang Butuh Modal Usaha. MBAH MBUH Siap membantu saudara-saudari dalam cara cepat mendapatkan uang secara Gaib dengan Instan.
      SYARAT DAN KETENTUAN
      1. Usia minial 20 Tahun dan siapkan nomor rekening anda yang aktif.
      2. Biaya kami tentukan sesuai paket Uang Gaib yanda perlukan atau butuhkan.
      3. Harus punya niat untuk modal usaha dan bayar hutang bukan untuk dipakai poya-poya.
      4. Kami hanyamelayani atau membantu bagi orang yang serius dan siap menjalankan aturan kami.
      5. Proses ritual cuman butuh waktu paling lama 3 jam udah selesai.
      6. Setelah uang gaib cair lansung MBAH kirim ke no rekening anda secepatnya setelah selesai ritual.
      BAGI ANDA YANG BUTUH PESUGIHAN UANG GAIB TANPA TUMBAL DAN TANPA RESIKO . SILAHKAN HUBUNGI KAMI
      JENIS PAKET PESUGIHAN
      Paket 1 : 100 Juta - 400 Juta / Biaya Ritual Rp.900,000.
      Paket 2 : 500 Juta - 1 Milyar / Biaya Ritual Rp.1,500,000.
      Paket 3 : 1 Milyar - 3 Milyar / Biaya Ritual Rp.2,500,000.
      Paket 4 : 3 Milyar - 5 Milyar / Biaya Ritual Rp.3,500,000.
      Paket 5 : 5 Milyar - 10 Milyar / Biaya Ritual Rp.5,000,000.
      CATATAN PENTING :
      Pesugihan ini di butuhkan tekad, Niat dan kesabaran apabila gagal maka biaya akan kami kembalikan 2 kali lipat .Apabila kami telat dalam mentransfer dananya maka uang hasil akan kami tambah 10%. Bagi anda yang tertarik ingin mengambil program ini, MBAH MBUH memberikan 2 Alternatif, Alternatif Pertama, Jika pelaku memiliki banyak waktu & mau sabar menunggu, Pelaku bisa datang langsung ke tempat praktek MBAH JALAL. Alternatif Kedua, Jika pelaku tidak mempunyai banyak waktu & keperluan uang sangat mendesak. Maka MBAH JALAL menyarankan melalui jarak jauh. KAMI MEMBERIKAN BUKTI BUKAN JANJI.
      HASIL DISKUSI
      Menurut hasil diskusi kami jenis usaha di atas merupakan usaha spekulatif dimana Didasarkan motif ingin cepat kaya Mengedepankan cara-cara instant ,Mendewa-dewakan “passive income” serta Tidak peduli kerugian pihak lain, yang penting, “saya untung” Kebanyaan usaha ini dilakukan secara instan dan tujuanya adalah uang dan uang,ingin cepat kaya,ingin punya uang banyak dalam waktu singkat tanpa prosess yang lama. Memang, tak bisa dipungkiri perkara gaib ini sungguh-sungguh ada dalam kenyataan yang sebenarnya, Dalam pandangan Islam, menyekutukan Allah merupakan dosa besar, dosa berat. namun mirisnya bisnis ini masih marak di kalangan masyarakat kita yang mayoritas ber agama islam, karena perbuatan menyekutukan Tuhan dalam Islam adalah dosa terberat nomor satu dari ratusan jenis dan macam-macam dosa yang dilakukan manusia. Dalam pesugihan, sudah jelas manusia menyekutukan Allah dengan bangsa gaib seperti jin, setan atau iblis. Jadi saran kami kalau ingin cepat kaya cara cepat atau instan karena Pesugihan yang sejati berasal dari Allah. Namun, Allah tidak kemudian mengabulkan berupa kemudahan yang nyata seperti meminta kepada syetan. Allah menghendaki adanya proses, sehingga alam berjalan sesuai dengan sunatullah. Manusia harus berikhtiar, hasilnya diserahkan kepada Allah."Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa yang ada dalam dirinya mereka." Dalil ini yang dinamakan proses alam, sunatullah, dan ikhtiar.

      ReplyDelete
    4. Nama : 1. Mirta Restu Mayana ( 2013216017 )
      2. Syifa’ul Ummah ( 2013216042 )
      3. Putri Balqis ( 2013216047 )
      PT Duta Network Indonesia Akan menerapkan 2 buah Sistem Marketing Plan yang saling mendukung satu sama lain,yaitu sistem:Marketing Plan Silver dan Gold.
      Marketing PlanSilver sebagai Marketing Plan standar untuk bergabung awal di bisnis PT Duta Network Indonesia.Sementara Sistem Marketing Plan Gold adalah sistem marketing plan lanjutan untuk member-member yang mengharapkan penghasilan yang spektakuler di bisnis Duta Network.
      Berikut penjelasan dari 2 Sistem MarketingPlan duta Network :
      MARKETING PLAN SILVER :Mendapatkan 1 Hak Usaha yang bisa anda kembangkan dengan potensi penghasilan perhari lebih dari Rp. 270.000,- dan Rp. 90.000,-dalam bentuk pulsa yang bisa di pakai sendiri maupun di jual.Kartu Anggota sekaligus sebagai kartu diskon pada Merchant yang ditunjuk Perusahaan.Cyber Office (ruang kerja ) di internet gratis untuk selamanya.Selama mengikuti Aturan perusahaan dengan benar.
      HP Langsung aktiv menjadi Agen Pulsa danListrik Pra maupun Pasca Bayar.
      Cash Back Bonus deposit pulsa sebesar Rp.10.000,-SISTEM KERJA PLAN SILVERBonus Sponsor (Bonus Penjualan Langsung).
      Anda akan mendapatkan Komisi Sponsor sebesar Rp. 20.000,- Setiap Anda mereferensikan 1 orang untuk bergabung pada DUTA NETWORK, tanpa batasan jumlah dan level, maupun posisi.
      Hasil Diskusi : dari klaim tersebut, menurut kelompok kami bahwa bisnis tersebut termasuk bisnis spekulatif atau merugikan orang lain. Seperti yang kami ketahui dari sistem bisnis tersebut tidak jelas. Karena tidak adanya prodak pasti yang dijual kepada konsumen. Prodak yang mereka janjikan hanya dengan membeli sebuah chip pulsa ( id card ) yang mereka janjikan nantinya akan digunakan sebagai alat transaksi jual beli kepada konsumen. Untuk mendapatkan chip tersebut kita harus mengeluarkan uang untuk bisa menjadi anggota DNI tersebut, dan nantinya dari chip tersebut kita gunakan untuk menarik seseorang agar membeli chip dan lalu kita mendapatkan poin dari penjualan chip tersebut, selanjutnya dari point kumulatif penjualan tersebut baru dapat diuangkan.
      Dari klaim PT DNI bahwa mereka menjual prodak berupa pulsa itu tidak benar. Dapat kita pahami dari penjelasan sebelumnya, yang mereka tawarkan itu adalah chip dan tidak ada saldo didalamnya, karna saldo nya itu akan kita dapatkan dari banyaknya seseorang yang nantinya menjadi anggota dari jaringan kita.
      Menurut diskusi kami, jika bisnis dalam perdagangan, baik individual maupun kerjasama seharusnya produk yang dijual pasti dan presentase keuntungannya jelas.
      :*

      ReplyDelete
    5. Nama Kelompok :
      1. Arif Wahyu Prabowo 2013216005
      2. M. Riza Zulfikar 2013216015
      3. Yasin Nur Amin 2013216041
      4. M. Ulul Albab 2013216046

      Jual-Beli Mata Uang Kripto (Bitcoin)
      Bitcoin adalah sebuah alat pembayaran dan masuk ke dalam mata uang kripto (digital) yang diciptakan oleh sekelompok programmer yang mengatasnamakan dirinya sebagai Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Disebut-sebut sebagai digital currency pertama di dunia. Bitcoin menjadi crypto currency yang sistem pertukarannya tidak dikelola oleh operator manapun, melainkan dilakukan dengan sistem peer-to-peer alias dilakukan langsung antar individual tanpa perantara. Mata uang bitcoin tidak tercantum sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah dan seluruh pertukarannya terekam dalam sebuah distributed ledger yang disebut blockchain.
      Mekanisme pendaftaran
      1. Akses situs bitcoin.co.id / indodax.com atau Anda bisa langsung ke halaman pembuatan akun baru vip.bitcoin.co.id di perangkat Anda (sebaiknya Anda memakai PC atau laptop); Begitu laman termuat, pilih Register Akun
      2. Selanjutnya, isi formulir yang tersedia dengan data yang benar dan tepat, lalu klik Lanjut pendaftaran;
      3. Setelah itu, lakukan verifikasi akun. Buka surel atau email yang Anda pakai untuk mendaftar, karena pihak VIP Bitcoin mengirimkan tautan verifikasi ke sana. Begitu Anda menemukan surel yang dimaksud, klik tautan yang mereka berikan;
      4. Setelah klik aktvasi akun, nantinya kamu akan diminta untuk sign-in. Lakukan “Sign-in” sesuai dengan alamat e-mail dan password terdaftar.
      5. Kemudian, verifikasi nomor ponsel Anda. Seperti halnya email, pastikan nomor yang hendak Anda masukkan ke formulir masih aktif;
      6. Tunggu beberapa detik atau menit sampai PIN verifikasi dari VIP Bitcoin dikirim lewat SMS, lalu masukkan PIN tersebut ke kolom yang tersedia, dan submit;
      7. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman verifikasi. Isikan data anda dengan benar, sesuai dengan formulir pendaftaran yang telah anda isi sebelumnya.
      8. Langkah terakhir, silahkan lakukan deposit agar anda bisa segera melakukan transaksi jual-beli bitcoin.
      Perlu diingat, untuk pendaftaran ini tidak dipungut biaya.

      Bitcoin samahalnya saham, legal di indonesia. Tapi bukan berarti legal sebagai alat transaksi suatu barang, melainkan bentuk infestasi. Keuntungan yang anda dapatkan semisal pada saat ini anda membeli bitcoin senilai Rp. 13.000.000 perbitcoin, 1 jam kemudian bitcoin naik diharga Rp 13.500.000,- bayangkan kalau dalam 1 hari harga bitcoin naik 10-20% berapa keuntungan yang akan anda dapatkan?

      Hasil diskusi,
      Jenis usaha bitcoin adalah usaha spekulatif yang berkaitan erat dengan risiko baik dari penjualan ataupun keuangan yang bisa saja merugi dan tidak mendapat imbal balik, karena dari segi penjualannyapun tidak pasti dan harga bitcoin sangat labil, terkadang harga bitcoin bisa turun 10%-50% dalam 1 jam. Jadi untuk yang masih awam dengan bitcoin pasti akan mudah sekali bangkrut atau rugi.

      ReplyDelete
    6. Nama kelompok :
      1. Maharani Dita Agustianti 2013216008
      2. Mas Ulah MS 2013216020
      3. Millatul Khasanah 2013216021
      4. Dafana Salsabyla 2013216021
      (Ekonomi Syariah L)

      KSP Pandawa Group. Pola bisnis yang dijalankan oleh Pandawa Group menggunakan skema kredit mikro, yakni dana yang dihimpun dari investor diputar dengan cara dipinjamkan kepada para pedagang. Sebagai imbalannya, perusahaan investasi ini mengiming-imingi bunga 10 persen kepada para investor.
      Lantaran bunga yang dijanjikan sangat menggiurkan, skema investasi yang ditawarkan KSP Pandawa Mandiri Group dengan cepat berhasil menarik masyarakat untuk menanamkan uangnya. Dengan cara investor membayar sejumlah uang kepada leader apabila investor menyetor 2 juta nanti perbulannya akan dapat uang 200ribu. Diperkirakan ada 1.000 anggota KSP Pandawa Mandiri Group yang menanamkan dananya dengan total investasi mencapai Rp500 miliar.
      Awalnya, aliran dana kepada para investor lancar. Namun, belakangan dana yang disetorkan tidak sesuai dengan perjanjian awal. Investor hanya menerima keuntungan 5 persen dari 10 persen yang dijanjikan, hingga akhirnya kegiatan perusahaan tersebut vakum.
      Karena banyak pengaduan yang masuk, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya menghentikan aktivitas Pandawa pada 11 November 2016. Perusahaan itu dimasukkan dalam daftar perusahaan investasi ilegal dan berpotensi merugikan masyarakat.

      Hasil diskusi
      KSP pandawa group adalah salah satu contoh usaha spekulasi di Indonesia yang merugikan bagi investor yang telah bergabung. Para investor disini banyak yang berfikir mengapa mengikuti investasi ini karena mereka berfikir bahwa mereka bisa mendapatkan uang walaupun tanpa bekerja keras. Sebaiknya kita harus lebih pintar dalam mengikuti investasi saham yang terpercaya. Jangan mudah tergiur besarnya bunga yang diberikan. Kita harus mencari dam memilih perusahaan saham yang terpercaya. Jangan mudah tertipu dan tergiyur rayuan para leader yang mengatakan kita bisa kaya tanpa bekerja. Itu hanya omong kosong yang mereka sampaikan. Dibalik itu ada spekulasi yang dapat merugikan kita.sekian hasil diskusi kami

      Terimakasih.

      ReplyDelete
    7. Nama :
      1. Nur Fauziah (2013216026)
      2. Nurul Qomariya (2013216028)
      3. Nur Laela (2013216044)
      4. Alin Agil santyka ( 2013216045)

      Jawaban hasil diskusi:
      A. Nama bisnis : PT. Meliah sejahtera

      B.Sistem Perekrutan dan Kinerja Member Multilevel Marketing pada
      PT. Melia Sehat Sejahtera
      1. Akad perjanjian pendapatan bonus antara perusahaan MLM dengan para
      membernya
      2. Dengan membeli paket produk
      perusahaan tersebut pihak
      konsumen diberikan satu formulir
      keanggotaan (member) dari
      perusahaan.
      3. Mula-mula pihak perusahaan
      berusaha menjaring konsumen
      untuk menjadi seorang
      member,dengan cara
      mengharuskan calon konsumen
      membeli paket produk
      perusahaan dengan harga
      tertentu.
      4. Para member baru juga bertugas
      mencari member-member yang
      baru lagi dengan cara seperti di
      atas, yakni membeli produk
      perusahaan dengan mengisi
      formulir keanggotaan.
      Sesudah menjadi member maka
      tugas berikutnya adalah mencari
      member-member baru dengan
      cara seperti di atas, yakni
      membeli produk perusahaan
      dengan mengisi formulir
      keanggotaan.
      Dengan adanya para member baru
      yang sekaligus menjadi konsumen
      paket produk perusahaan, maka
      member yang berada pada level
      pertama, kedua dan seterusnya akan
      terus mendapatkan bonus secara
      estafet dari perusahaan.
      5. Jika member mampu menjaring
      member baru yang banyak,
      maka ia akan mendapatkan
      bonus dari perusahaan. Semakin
      banyak member yang dapat
      dijaring, maka semakin banyak
      pula bonus yang di dapatkan
      karena perusahaan merasa
      diuntungkan oleh banyaknya
      member.
      6. Dengan adanya para member baru
      yang sekaligus menjadi konsumen
      paket produk perusahaan, maka
      member yang berada pada level
      pertama, kedua dan seterusnya akan
      terus mendapatkan bonus secara
      estafet dari perusahaan.

      C. Biaya keikutsertaan
      Dalam unit 1 total biayanya sebesar Rp. 635.000,- dimana harga produknya sebesar Rp. 550.000,-, pendaftaran sebesar Rp. 30.000,-, dan Ppn sebesar Rp. 55.000,-. Dalam 3 unit total biayanya sebesar Rp. 1.845.000,- harga produk sebesar 1.650.000,-, pendaftaran sebesar Rp. 30.000,- dan Ppn sebesar Rp. 165.000,-. Dalam unit 7 total biayanya sebesar Rp. 4.265.000,-, harga produk sebesar 3.850.000,- pendaftaran sebesar Rp. 30.000,- dan Ppn sebesar Rp.385.000,-.

      D. keuntungan yang bisa di raih
      Keuntungan langsung 20% atas penjualan produk perbotonya.
      b. Bonus sponsor sebesar Rp. 100.000,-/lot.
      c. Bonus kepemimpinan sebesar Rp. 170.000,- s/d Rp. 850.000,-/unitnya.
      d. Bonus unilevel sebesar Rp. 42.000,- s/d Rp. 86.000,-/unitmya.
      e. Bonus group retail sebesar Rp. 3%-5% dari retail group.
      F. 3% dari setiap bonusnya akan disimpan untuk kesejahteraan member yang
      bisa di ambil setiap akhir bulannya.
      g. 2% dari setiap bonus dipergunakan oleh group untuk membantu
      membiayai pertemuan OPP dan training.

      E. Berapa lama keuntungan tersebut dapat di peroleh
      Butuh 1 tahun untuk mendapatkan keuntungan, namun besar kecil keuntungan yang didapat belum pasti karena tergantung bagaimana penjualan produk tersebut dan berapa banyak member yang di dapatkan. Semakin banyak member dan barang yang di dapat maka semakin tinggi keuntungan yang diperoleh.

      ReplyDelete
    8. Nama :
      1. Nur Fauziah (2013216026)
      2. Nurul Qomariya (2013216028)
      3. Nur Laela (2013216044)
      4. Alin Agil santyka ( 2013216045)

      Jawaban hasil diskusi:
      A. Nama bisnis : PT. Meliah sejahtera

      B.Sistem Perekrutan dan Kinerja Member Multilevel Marketing pada
      PT. Melia Sehat Sejahtera
      1. Akad perjanjian pendapatan bonus antara perusahaan MLM dengan para
      membernya
      2. Dengan membeli paket produk
      perusahaan tersebut pihak
      konsumen diberikan satu formulir
      keanggotaan (member) dari
      perusahaan.
      3. Mula-mula pihak perusahaan
      berusaha menjaring konsumen
      untuk menjadi seorang
      member,dengan cara
      mengharuskan calon konsumen
      membeli paket produk
      perusahaan dengan harga
      tertentu.
      4. Para member baru juga bertugas
      mencari member-member yang
      baru lagi dengan cara seperti di
      atas, yakni membeli produk
      perusahaan dengan mengisi
      formulir keanggotaan.
      Sesudah menjadi member maka
      tugas berikutnya adalah mencari
      member-member baru dengan
      cara seperti di atas, yakni
      membeli produk perusahaan
      dengan mengisi formulir
      keanggotaan.
      Dengan adanya para member baru
      yang sekaligus menjadi konsumen
      paket produk perusahaan, maka
      member yang berada pada level
      pertama, kedua dan seterusnya akan
      terus mendapatkan bonus secara
      estafet dari perusahaan.
      5. Jika member mampu menjaring
      member baru yang banyak,
      maka ia akan mendapatkan
      bonus dari perusahaan. Semakin
      banyak member yang dapat
      dijaring, maka semakin banyak
      pula bonus yang di dapatkan
      karena perusahaan merasa
      diuntungkan oleh banyaknya
      member.
      6. Dengan adanya para member baru
      yang sekaligus menjadi konsumen
      paket produk perusahaan, maka
      member yang berada pada level
      pertama, kedua dan seterusnya akan
      terus mendapatkan bonus secara
      estafet dari perusahaan.

      C. Biaya keikutsertaan
      Dalam unit 1 total biayanya sebesar Rp. 635.000,- dimana harga produknya sebesar Rp. 550.000,-, pendaftaran sebesar Rp. 30.000,-, dan Ppn sebesar Rp. 55.000,-. Dalam 3 unit total biayanya sebesar Rp. 1.845.000,- harga produk sebesar 1.650.000,-, pendaftaran sebesar Rp. 30.000,- dan Ppn sebesar Rp. 165.000,-. Dalam unit 7 total biayanya sebesar Rp. 4.265.000,-, harga produk sebesar 3.850.000,- pendaftaran sebesar Rp. 30.000,- dan Ppn sebesar Rp.385.000,-.

      D. keuntungan yang bisa di raih
      Keuntungan langsung 20% atas penjualan produk perbotonya.
      b. Bonus sponsor sebesar Rp. 100.000,-/lot.
      c. Bonus kepemimpinan sebesar Rp. 170.000,- s/d Rp. 850.000,-/unitnya.
      d. Bonus unilevel sebesar Rp. 42.000,- s/d Rp. 86.000,-/unitmya.
      e. Bonus group retail sebesar Rp. 3%-5% dari retail group.
      F. 3% dari setiap bonusnya akan disimpan untuk kesejahteraan member yang
      bisa di ambil setiap akhir bulannya.
      g. 2% dari setiap bonus dipergunakan oleh group untuk membantu
      membiayai pertemuan OPP dan training.

      E. Berapa lama keuntungan tersebut dapat di peroleh
      Butuh 1 tahun untuk mendapatkan keuntungan, namun besar kecil keuntungan yang didapat belum pasti karena tergantung bagaimana penjualan produk tersebut dan berapa banyak member yang di dapatkan. Semakin banyak member dan barang yang di dapat maka semakin tinggi keuntungan yang diperoleh.

      ReplyDelete
    9. Nama kelompok
      M.adam chusen 2013216031
      Ari Widiyanto 2013216035
      Sutaryqnto 2013216029
      a. PT Melia Nature Indonesia adalah sebuah perusahaan yang memasarkan produk-produk makanan kesehatan milik "Mother Nature Health Products Pty. Ltd." sebuah perusahaan besar di Sydney, Australia yang khusus memproduksi produk-produk berkualitas tinggi yang berasal dari propolis. Sistem pemasaran produk mempergunakan sistem pemasaran jaringan atau multilevel marketing.
      b. Keikutsertaan berupa berkelompok melalui keanggotaan yang membentuk tim pemasaran secara bertingkat, yang artinya tingkatan yang paling ataslah yang akan mendapatkan keuntungan paling besar dibandingkan tingkat-tingkat dibawahnya.
      c. - 1 titik bisnis ( Rp 30.000 + Rp 550.000 = Rp 580.000 seumur hidup)
      - 3 titik bisnis (Rp 30.000 + Rp 1.650.000 = Rp 1.680.000 seumur hidup)
      -7 titik bisnis (Rp 30.000 + Rp 3.850.000 = Rp 3.880.000 seumur hidup)
      d. - 1 titik bisnis ( Rp 850.000 x 1 = Rp 850.000 perhari)
      - 3 titik bisnis ( Rp 850.000 x 3 = Rp 2.550.000 perhari)
      - 7 titik bisnis ( Rp 850.000 x 7 = Rp 5.950.000 perhari)
      e. Seumur hidup

      Hasil diskusi
      Kami tercengang dengan ketidak sesuaian tentang apa yang dijelaskan oleh para member dengan kenyataan sesungguhnya, perlu anda ketahui perusahaan besar didunia pun tidak berani berkata bahwa bonus mereka terbesar diantara lainnya, jadi MNI jangan coba-coba berkata bahwa bonus mereka paling besar, Bisa kita bandingkan tidak harus dengan perusahaan di dunia, bandingkan saja dengan perusahaan yang ada di Indonesia saja, MNI tidak masuk dalam 10 besar, pemegang urutan pertama adalah TELKOM dan urutan ke terkahir adalah PT. Bukit Asam, Tidak sedikit mantan anggota MNI yang dulu bahwa Website sering down jika ada member yang pintar dalam memainkan Matriks Biner Jaringan dengan sempurna sehingga perhitungan bonus yang akan dia dapat menjadi overloaded atau berlebihan, karena perusahaan takut merugi, perusahaan kadang mencari-cari kesalahan member tersebut untuk menekan tingginya bonus yang didapat, bahkan sampai mendelete akun member tersebut dengan alasan yang tidak jelas demi kelangsungan hidup perusahaan

      ReplyDelete
    10. Nama Kelompok :
      Laela Lutfiana (2013216002)
      Khotimatus Sa’adah (2013216027)
      Lilis Fauziyah (2013216045)
      Bisnis OCTAF X
      Perusahaan Octaf x adalah perusahaan yang menawarkan bisnis online secara gratis dengan memberikan modal gratis $ 8 untuk modal tranding awal. System pembayaran octaf x menggunakan bank local dan e-money . Andai bisa mendapatkan modal gratis $ 8 untuk mendaftaran yang pertama kalinya untuk meminimalisir risiko. Anda bisa memiliki bisnis online tanpa modal dengan potensi keuntungan cukup besar dan bahkan lebih besar dari pada deposit anda.
      Pendapatan yang akan didapat 25% lebih
      Tidak ada komisi
      (modal) deposit minimal $ 5
      Keuntungan yang didapat mencapai puluhan bahkan ratusan persen dalam sebulan
      Bersama octaf x, kami menawarkan bonus deposit forec hingga 50%.

      Hasil diskusi
      Bisnis Octaf x adalah kegiatan mengelola modal yang dilakukan oleh anda sendiri dengan melakukan transaksi jual beli mata uang dipasar octafx secara online untuk mendapatkan keuntungan . menurut kami berdasarkan bisnis octafx diatas merupakan salah satu bisnis spekulatif dengan mengiming-imingi keuntungan besar dalam waktu singkat serta kemungkinan adanya unsur kecurangan didalamnya. Risiko yang mungkin terjadi dari bisnis octaf tersebut juga besar yaitu anda bisa saja terbelit hutang yang banyak atau bahkan kehilangan modal atau bangkrut jika tidak benar-benar menguasai ilmu tentang bisnis octafx dengan mengikuti pelatihan atau kursus octafx terlebih dahulu.

      ReplyDelete
    11. Nama Kelompok :
      Laela Lutfiana (2013216002)
      Khotimatus Sa’adah (2013216027)
      Lilis Fauziyah (2013216045)
      Bisnis OCTAF X
      Perusahaan Octaf x adalah perusahaan yang menawarkan bisnis online secara gratis dengan memberikan modal gratis $ 8 untuk modal tranding awal. System pembayaran octaf x menggunakan bank local dan e-money . Andai bisa mendapatkan modal gratis $ 8 untuk mendaftaran yang pertama kalinya untuk meminimalisir risiko. Anda bisa memiliki bisnis online tanpa modal dengan potensi keuntungan cukup besar dan bahkan lebih besar dari pada deposit anda.
      Pendapatan yang akan didapat 25% lebih
      Tidak ada komisi
      (modal) deposit minimal $ 5
      Keuntungan yang didapat mencapai puluhan bahkan ratusan persen dalam sebulan
      Bersama octaf x, kami menawarkan bonus deposit forec hingga 50%.

      Hasil diskusi
      Bisnis Octaf x adalah kegiatan mengelola modal yang dilakukan oleh anda sendiri dengan melakukan transaksi jual beli mata uang dipasar octafx secara online untuk mendapatkan keuntungan . menurut kami berdasarkan bisnis octafx diatas merupakan salah satu bisnis spekulatif dengan mengiming-imingi keuntungan besar dalam waktu singkat serta kemungkinan adanya unsur kecurangan didalamnya. Risiko yang mungkin terjadi dari bisnis octaf tersebut juga besar yaitu anda bisa saja terbelit hutang yang banyak atau bahkan kehilangan modal atau bangkrut jika tidak benar-benar menguasai ilmu tentang bisnis octafx dengan mengikuti pelatihan atau kursus octafx terlebih dahulu.

      ReplyDelete
    12. Nama Anggota Kelompok:
      1. RIMA FITRIANI (2013216001)
      2. ANISATUSOFA' (2013216006)
      3. BUDI SEHABUDIN (2013216014)
      4. FADLUL WACHID (2013216036)

      a) Nama Bisnis:
      PT. Hadena Indonesia, merupakan sebuah perusahaan pembuka lowongan pekerjaan memasang (mengelem) tali teh celup rosella pada beberapa tahun lalu di berbagai daerah salah satunya di Pekalongan.
      b) Mekanisme Keanggotan & Keikutsertaan:
      Untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut, pendaftar harus membawa fotokopi KTP, mengisi formulir, membayar biaya pendaftaran dan keanggotaan.
      c) Biaya Keikutsertaan:
      Pendafatar harus membayar biaya pendaftaran sebesar 10.000 dan biaya lainnya sebesar 275.000. Uang senilai itu untuk biaya administrasi, keanggotaan, satu kotak teh herbal, dan satu kotak teh celup berisi 200 kantong yang akan dipasang tali gantungan.
      d) Keuntungan yang dapat diraih:
      Jika member (sebut saja X) dapat menyelesaikan pekerjaannya (mengelem tali teh celup) maka ia akan diberi upah sebesar 70.000. Saat X mengembalikan satu kotak pengeleman teh pertama, dia tidak mendapatkan upah tunai. Untuk mendapatkan kotak pengeleman kembali, dia harus menginformasikan dan ‘mendapatkan’ orang baru untuk bergabung. Sehingga pada pengeleman kedua, X akan dibayar 70.000 per kotak.
      Berapa pun jumlah orang yang direkrut X, maka sebanyak itu pula dia mendapat kotak teh pengeleman. Misalnya X dapat merekrut tiga orang, maka dia akan mendapat tiga kotak pengeleman, dan akan mendapat bayaran setelah proses pengeleman selesai.
      Selain jatah satu kotak pengeleman, dia akan mendapat komisi 4000 dari setiap orang yang direkrut.
      PT Hadena membuat orang berbondong bondong berkeinginan untuk bekerja dengan iming iming kerja hanya ngelem kantong teh, terus nanti penghasilan bisa mencapai sekian. Pekerjaan tidak membutuhkan batas umur minimal, tidak perlu pendidikan minimal.
      e) Keuntungan yang dijanjikan dapat diperoleh secara langsung saat member sudah menyelesaikan pekerjaannya.

      Hasil Analisis:
      Pada prakteknya sebenarnya bisnis yang dijalankan PT. Hadena ini tak masalah. Tetapi cara menjalankan bisnisnya yang mungkin bisa dibilang membohongi masyarakat. Awalnya diimingi pekerjaan ngelem kantong teh. Tapi kok ujung ujungnya malah jadi marketing penipu berantai.
      Bisnis ini sudah jelas termasuk dalam bisnis spekulatif. hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya komplain tentang pembayaran upah yang tidak sesuai janji serta pembatasan jatah pengeleman teh hanya sebanyak 5x. Hal ini tidak disebutkan di awal perjanjian, sehingga banyak orang yang merasa tertipu pada akhirnya.
      Saran kami, janganlah mudah terhasut dengan iming-iming yang menggiurkan apalagi kalau pekerjaan tersebut merupakan hal sepele. Karena tidak ada yang instan di dunia. Mie instan yang katanya instan saja masih butuh proses kok, apalagi pekerjaan. Kita harus lebih teliti lagi dalam menrima dan mengolah informasi yang kita dapatkan.
      Berusahalah dengan pekerjaan apapun selama itu halal. Karena Allah tidak akan merubah nasib hambaNya kecuali ia sendiri yang terlebih dahulu merubahnya.

      ReplyDelete
    13. Nama Kelompok
      1. Muhammad Abdus S. (2013216018)
      2. Shaifudin Akbar (2013216030)
      3. Marwan Khasani (2013216038)
      Ekonomi Syariah (L)

      Perdagangan Forex (Foreign Exchange = Valuta Asing)
      FOREX (Foreign Exchange) atau yang lebih dikenal dengan istilah Valas (Valuta Asing) merupakan suatu jenis perdagangan yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya yang melibatkan pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan

      Menurut survei BIS (Bank International for Settlement bank sentral dunia), yang dilakukan pada akhir tahun 2004, nilai transaksi pasar forex mencapai lebih dari USD$1,4 Trilyun per harinya (Th 2009 sudah melebihi USD $3 Trilyun per hari).

      Hasil Diskusi:
      Forex trading adalah suatu jenis usaha yang biasanya dilakukan melalui internet atau online oleh para pelaku usaha yang mampu melakukan spekulasi atau perkiraan harga valuta asing di masa yang akan datang. Usaha usaha spekulatif ini tidak disarankan kepada pemula pemula tapi sangat disarankan kepada mereka yang melakukan bisnis besar atau broker-broker yang ahli dan berpengalaman, yang mampu memprediksi usaha ini karena resiko dari usaha spekulatif ini sangat besar namun keuntungan yang didapatnya pun cukup besar sehingga jika mendapatkan untung sekali saja bisa mendapatkan untung yang sangat besar pula. Namun harus memahami bahwa usaha spekulatif seperti ini memiliki resiko yang sangat besar yang harus ditanggung yang menjadi kekurangan dari bisnis spekulatif ini. Resiko itu ditimbulkan karena kemungkinan harga harga komoditi tidak dapat diprediksi naik dan turunnya karena harga-harga tersebut sangat dipengaruhui oleh kondisi perekonomian secara global, bisa juga dipengaruhi oleh keadaan politik suatu negara penyedia komoditi, bisa juga dipengaruhi oleh harga minyak bumi dan sebagainya.

      ReplyDelete
    14. Nama :
      1. Siti Imroatul Izza (2013216010)
      2. Khomsatun sofifa (2013216013)
      3. Sofiana (2013216023)
      4. Dewi Aisyah F. (2013216040)


      Usaha ini mencakup usaha yang meminta anggotanya untuk membayar sejumlah uang sebelum dapat mulai bekerja.Namun, banyak juga usaha di internet yang tidak mengharuskan anggotanya untuk membayar sejumlah uang, sepereti usaha islami yaitu usaha dalam bidan pejualan. Usaha Spekulatif ini juga cukup mudah dijalankan karena anda hanya harus menjadi penjual tanpa memikirkan bagaimana proses produksinya. Ini seperti anda bekerja pada took muslim tapi ini versi online.
      Berikut adalah cirri-ciri dari usaha spekulatif :

      -Didasarkan motif ingin cepat kaya
      -Mengedepankan cara-cara instant
      -Mendewa-dewakan “passive income”
      -Tidak peduli kerugian pihak lain, yang penting, “saya untung”
      -Pendidikan dan kehidupan spiritual tidak dianggap penting
      -Kebanyaan usaha ini dialkukan secara instan dan tujuanya adalah uang dan uang,ingin cepat kaya,ingin punya uang banyak dalam waktu singkat tanpa prosess yang lama

      Menurut hasil diskusi kelompok kami :
      Solusi nya jika dilihat dari jenis bisnis tersebut tidak ada bedanya dengan tindakan perjudian seperti yg kita ketahui. Perjudian merupakan hal yg dilarang oleh agama. Disisi lain apa kita bisa menjamin bisnis yg ada di dunia maya itu benar bukan penipuan semata .. jika kita seorang manusia yg berintegritas dan mempunyai iman seharusnya bisa bekerja secara logika bahwa apapun kegiatan yg diluar nalar dan instan itu pasti tidak baik ..
      Dan logikanya setiap kita ingin mendapatkan suatu hal yg lebih besar sebegitu pula kita harus melakukan usaha yg besar pula tidak hanya klik klik dan dapat uang banyak.
      Peran sebagai mahasiswa terus memberikan dan mengkampanyekan edukasi tentang bisnis yg sehat aman dan nyaman.

      ReplyDelete
    15. Nama :
      1. Siti Imroatul Izza (2013216010)
      2. Khomsatun sofifa (2013216013)
      3. Sofiana (2013216023)
      4. Dewi Aisyah F. (2013216040)


      Usaha ini mencakup usaha yang meminta anggotanya untuk membayar sejumlah uang sebelum dapat mulai bekerja.Namun, banyak juga usaha di internet yang tidak mengharuskan anggotanya untuk membayar sejumlah uang, sepereti usaha islami yaitu usaha dalam bidan pejualan. Usaha Spekulatif ini juga cukup mudah dijalankan karena anda hanya harus menjadi penjual tanpa memikirkan bagaimana proses produksinya. Ini seperti anda bekerja pada took muslim tapi ini versi online.
      Berikut adalah cirri-ciri dari usaha spekulatif :

      -Didasarkan motif ingin cepat kaya
      -Mengedepankan cara-cara instant
      -Mendewa-dewakan “passive income”
      -Tidak peduli kerugian pihak lain, yang penting, “saya untung”
      -Pendidikan dan kehidupan spiritual tidak dianggap penting
      -Kebanyaan usaha ini dialkukan secara instan dan tujuanya adalah uang dan uang,ingin cepat kaya,ingin punya uang banyak dalam waktu singkat tanpa prosess yang lama

      Menurut hasil diskusi kelompok kami :
      Solusi nya jika dilihat dari jenis bisnis tersebut tidak ada bedanya dengan tindakan perjudian seperti yg kita ketahui. Perjudian merupakan hal yg dilarang oleh agama. Disisi lain apa kita bisa menjamin bisnis yg ada di dunia maya itu benar bukan penipuan semata .. jika kita seorang manusia yg berintegritas dan mempunyai iman seharusnya bisa bekerja secara logika bahwa apapun kegiatan yg diluar nalar dan instan itu pasti tidak baik ..
      Dan logikanya setiap kita ingin mendapatkan suatu hal yg lebih besar sebegitu pula kita harus melakukan usaha yg besar pula tidak hanya klik klik dan dapat uang banyak.
      Peran sebagai mahasiswa terus memberikan dan mengkampanyekan edukasi tentang bisnis yg sehat aman dan nyaman.

      ReplyDelete

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.