• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Saturday 15 September 2018

    Diskusi 2 : GAME KEBUTUHAN VS KEINGINAN (kelas Q)

    Diskusi 2 : GAME KEBUTUHAN VS KEINGINAN (kelas Q)

    Tujuan : mengetahui apakah anda memerlukan atau menginginkan suatu benda
    Peralatan : tidak ada, hanya imajinasi
    Peraturan : bayangkan anda (mahasiswa) baru saja mendapat bonus Rp.100 juta ,sementara pendapatan anda setiap bulannya sudah mencukupi. Instruktur anda akan menyebutkan “10” nama suatu barang, dan setiap peserta menentukan apakah mereka “membutuhkan atau menginginkan” beserta alasannya.
    KETERANGAN :
     I   = Untuk benda-benda pribadi yang anda klasifikasikan sebagai barang modal (Investasi)
    O  = Untuk benda-benda pribadi yang anda klasifikasikan sebagai barang Konsumsi 

    NB: jawablah diskusi ini dengan cara menjawab di kolom komentar..
    format menjawab :

    nama & Nim :

    jawaban / hasil diskusi:.....................................

    32 comments:

    1. nama:kukuh setiawan
      nim :2013316017

      jenis asset klasifikasi kebutuhan/keingnan
      1.sepeda motor i kebutuhan
      2.mobil i kebutuhan
      3.raket 0 keinginan
      4.sepeda o keinginan
      5.mobil anak'' i keinginan
      6.kulkas i kebutuhan
      7.mesin cuci i kebutuhan
      8.strika i kebutuhan
      9.televisi 0 keinginan
      10.vcd 0 keinginan
      11.spiker aktiv 0 keinginan
      12.laptop i kebutuhan
      13.printer i kebutuhan
      14.almari 0 kebutuhan
      15.sofa 0 kebutuhan
      16.dipan 0 kebutuhan
      17.karpet 0 keinginan
      18.keset 0 kebutuhan
      19.akuarium 0 kebutuhan
      20.etalase i kebutuhan
      21.komporgas i kebutuhan
      22.alat bakar i keinginan
      23.strum acu i keinginan
      24.sabit i kebutuhan
      25.cngkul i kebutuhan
      26.dispenser 0 keinginan
      27.kasur 0 kebutuhan
      28.pompa air 0 kebutuhan
      29.tremos es i kebutuhan
      30.lampu hias 0 keinginan

      ReplyDelete
    2. Nama: Handi Prianto
      Nim : 2013316036

      1. Ruko i keinginan (tempat usaha)
      2. Motor i kebutuhan (nggo playon)
      3. Grobak i keinginan (buat usaha)
      4. Teh,dll i keinginan (buat usaha)
      5. Baju o kebutuhan (kebutuhan)
      6. Beras o kebutuhan (kebutuhan)
      7. Laptop i kebutuhan (kebutuhan)
      8. Birrul walidain i keinginan (duit kanggo ibu lan bapak)
      9. Yatim mandiri i keinginan (zakat)
      10. Nikah i kebutuhan (ibadah)



      Jangan lupa mampir ke www.tanya_maz_handi.blogspot.com


      ReplyDelete
    3. Nama : Wahid Teguh Suryanto
      NIM : 2013316014

      jenis asset klasifikasi keinginan(i) dan kebutuhan (o)
      1. Dua ekor sapi betina = Rp 30 juta (i)
      2. perlengkapan pembangunan kandang = Rp 10 juta (i)
      3. Motor Operasional dan biaya bensin = Ro 7 juta (i)
      4. Bibit rumput gajahan = Rp 3 juta (i)
      5. Biaya tukang ngarit rumput selama satu tahun = Rp 5 juta (i)
      6. laptope dan printer = RP 10 juta (o)
      7. Pakaian pribadi = Rp 3 juta (o)
      8. Peralatan dapur untuk ibu = Rp 2 juta (o)
      9. Menyumbang Mushola untuk pembangunan tempat wudhu = Rp 10 juta (i)
      10.Liburan ke Gunung Mahameru jawa timur = Rp 12 juta (i)
      11.Kulkas dan Mesin cuci = Rp 10 juta (o)
      Total ketika semua kebutuhan dan keinginan di jumlahkan adalah 100 juta sesuai dana yang di perkirakan untuk membayangkannya.

      ReplyDelete
    4. Nama : Yudha Prastiyowati
      NIM : 2013316012

      1. Peralatan Rumah tangga (o) kebutuhan
      2. Sepeda Motor (o) kebutuhan
      3. Kulkas (o) kebutuhan
      4. Mesin cuci, Lemari (o) Kebutuhan
      5. Sapi (i) Keinginan
      6. Sawah (i) Keinginan
      7. Emas Batang (i) Keinginan
      8. Semen , Keramik dll (o) Kebutuhan
      9. Zakat (untuk anak yatim) (i)
      10. Tabungan untuk Persiapan Wisuda (o) Kebutuhan

      ReplyDelete
    5. NAMA : SOCHIFATUN NAQIYAH
      NIM : 2013316023

      GAME KEBUTUHAN
      JIKA SAYA MENDAPATKAN BONUS UANG RP. 100 JUTA, SEDANGKAN GAJI SAYA SUDAH MENCUKUPI MAKA SAYA AKAN :

      ZAKAT (I) asaya klasifikasikan kedalam barang modal atau investasi karena merupakan investasi akherat
      BELI SAWAH ( I ) untuk penggawean bapak
      BELI SAMBAK ( I ) selain untuk penggawean, juga bisa diwariskan ke anak cucu
      MEMBAYAR UTANG ( JIKA ADA ) (O) saya masukan kedalam bentuk konsumsi karena membayar utang kewajiban diri
      NTRAKTIR MAKAN ANAK ANAK DAN KELUARGA (O) selain untuk Berbagi sekaligus mempererat persahabatan
      LIBURAN ( O ) kebutuhan untuk memberi reward diri sendiri atas sebuah pencapaian atau proses hidup. hehehe
      BELI MOTOR YANG MASIH MUSIM (O), kebutuhan untuk bertransportasi
      MENCUKUPI PERALATAN RUMAH (O), Membeli barang barang dapur yang dibutuhkan dan mengganti barang yang sudah tidak layak pakai
      SODAQOH KE TETANGGA (O) Mempererat kehidupan bertetangga sekaligus membantu sesame muslim
      TABUNG ( I ) investasi Untuk masa depan

      ReplyDelete
    6. Nama:Daefina
      NIM:2013316027
      1. Laptop (o) kebutuhan
      2. Motor (o) kebutuhan
      3. Sawah (i) keinginan
      4. Emas (i) keinginan
      5. Mesin foto copy (i) keinginan
      6. Hp (i) keinginan
      7. Pakaian (o) kebutuhan
      8. Peralatan rumah tangga (o) kebutuhan
      9. Memberangkatkan umroh kedua orang tua (i) keinginan
      10. Kosmetik (o) kebutuhan

      ReplyDelete
    7. Nama : SELA FITRIYANI
      NIM : 2013316025

      Jika saya mendapatkan bonus uang Rp.100 juta sedangkan gaji saya telah mencukupi maka saya akan :
      jenis asset klasifikasi keinginan (i) dan kebutuhan (o)
      1. Ayam peternak (i)
      2. Kandang ayam (i)
      3. Pakan dan peralatan untuk beternak ayam (i)
      4. Peralatan rumahtangga (o)
      5. Pakaian untuk menunjang penampilan (o)
      6. Kendaraan untuk sarana transportasi usaha (i)
      7. Bersedekah (i)
      8. Liburan bersama keluarga (o)
      9. Sembako untuk memenuhi kenutuhan orangtua (o)
      10. Sisanya untuk di tabung (i)

      Semoga ini bukan sekedar imajinasi dan suatu saat bias terealisasi. Aamiin 

      ReplyDelete
    8. Jika saya mendapatkan bonus uang Rp.100 juta sedangkan gaji saya telah mencukupi maka saya akan :
      jenis asset klasifikasi keinginan (i) dan kebutuhan (o)

      1 celana jeans siap kirim model pensil 20 lsn (o)
      2 celana jeans siap kirim model pendek 20 lsn (o)
      3 mesin kancing (o)
      4 mesin ripet (o)
      5 mesin jait (o)
      6 saham GMFI (O)
      7 saham ULTJ (O)
      8 SAHAM KLBI (O)
      9 BELI BATU BATA 10 KUBIK (I)
      10 GENTING 3000 (I)
      11 EMAS BATANG 5 GRM (O)
      12 SISA MASUKIN KE SALDO TABUNGAN HAJI BAPAK IBU (O)

      ReplyDelete
    9. NAMA : SANIA KHASOFATURRHOSYIDA
      NIM : 2013316026

      GAME KEBUTUHAN
      JIKA SAYA MENDAPATKAN BONUS UANG RP. 100 JUTA, SEDANGKAN GAJI SAYA SUDAH MENCUKUPI MAKA SAYA AKAN :

      mobil pick up (i) kebutuhan
      tanah (i) keinginan
      hp (o) kebutuhan
      slr (o) keinginan
      sepatu (o) kebutuhan
      perhiasan (i) keinginan
      make up (o) keinginan
      baju (o) kebutuhan
      saham (i) keinginan
      sedekah (i) kebutuhan

      ReplyDelete
    10. Nama : Moh. Afif bachtiar
      Nim : 2013316004

      1. Motor tosa (i) kebutuhan
      2. Kayu Jati 10 kubik (i) kebutuhan
      3. Mesin serut kayu. (i) kebutuhan
      4. Mesin gergaji kayu (i) kebutuhan
      5. Mesin bor kayu. (i) kebutuhan
      6. Mesin profil kayu. (i) kebutuhan
      7. Keramik, cat, pasir, semen (o) keinginan
      8. Makanan & minuman anak yatim (o) kebutuhan
      9. Pakaian anak yatim (o) kebutuhan
      10. Buku, alat tulis anak yatim (0) kebutuhan

      ReplyDelete
    11. Kisworo (2013316002)

      1.Peralatan dekorasi foto (i) Keinginan
      2.Alat-alat pembersih dan detailing motor (i) Kebutuhan
      3.Peralatan cat kompresor (i) keinginan
      4.sewa ruko (i) Keinginan
      5.Mobil pic up second (i) keinginan
      6.pasang wifi dirumah (o) keinginan
      7.4 ekor kambing jantan (i) keinginan
      8.Kalung,cincin,dan gelang emas untuk mahar (i) keinginan
      9.Menyumbang ke masjid dan orang-orang kurang mampu di lingkungan sekitar (i) keinginan
      10.liburan dan makan-makan bersama keluarga (o) keinginan

      ReplyDelete
    12. Nama: M. Fauzi
      2013316003

      1. Biaya haji orang tua (i), sbb berbakti pd orang tua adl suatu kebutuhan, bukan sekedar keiginan.
      2. Mesin sangrai (i), untuk investasi barang.
      3. Grinder kopi (i), untuk investasi barang.
      4. Mesin espresso (i), untuk investasi barang.
      5. Rokpesso (i), untuk investasi barang.
      6. Peralatan manual brew (i), untuk investasi barang.
      7. Meja kursi almari (i), untuk investasi barang.
      8. Membeli stok greenbean (i), investasi barang.
      9. Refractometer (i), investasi barang.
      10. Biaya2 untuk mengikuti pelatihan2 berkaitan dg bidang usaha yg dgeluti (i), investasi.

      ReplyDelete
    13. Nama : Tuti Reyna Umayah
      Nim : 2013316011
      Kelas : Q Ekos Nonreguler
      Jika saya mendapatkan bonus uang 100 juta , sedangkan gaji saya telah mencukupi, maka saya akan membeli :
      1. Berzakat (I)
      2. Tanah (I)
      3. Material untuk pembangunan gedung (I)
      4. Mesin Jahit (I)
      5. Peralatan dan perlengkapan jahit (I)
      6. Emas (O)
      7. Laptop & printer (O)
      8. Wifi (O)
      9. Kendaraan untuk usaha (I)
      10. Investasi (sawah,saham) (I)

      Semoga tulisan ini dapat menjadi doa . amiin..

      ReplyDelete
    14. Nama : Barokah
      NIM : 2013316010

      jika saya mendapatkan bonus 100 juta, sedangkan gaji saya telah mencukupi, maka saya akan membeli : tanah yang digunakan untuk membangun kos-kosan, untuk investasi masa depan, emas untuk tabungan atau investasi masa depan ibu saya dan juga agar ibu saya tamabah lebih cantik, mobil untuk meringankan pekerjaan bapak yang mana bapak selalu bawa barang celana jeans yang banyak , bersedekah yang mana sebagai investasi akhirat dan membahagian orang - orang atau keluarga dan kerabat disekitar, alat elektronik dan perabotan rumah tangga untuk membantu pekerjaan rumah dan sebagai investasi membuka usaha katering atau bisnis makanan karena ibu saya jago memasak. mesin jahit sebagai barang modal untuk membuka usaha menjahit karena saya suka menggambar pola baju. dan yang terakhir sebagai tabungan kedua orang tua naik haji. karena membahagiakan kedua orang tua juga termasuk ke dalam investasi masa depan yaitu akhirat. dan kedua orang tua akan selalu mendoakan anaknya biar bisa dapat bonus yang lebih besar lagi...amin...

      ReplyDelete
    15. Nama : Achmad Saefur Rijal
      Nim : 2013316001

      Jika saya mendapatkan uang 100 juta, dan gaji saya sudah mencukupi.
      Maka uang tersebut saya gunakan untuk:
      -Beli alat katering dan bahan penunjang lainnya (I) keinginan; karena itu sebuah impian saya untuk ibuk mendirikan sebuah usaha.
      -menambah modal bapak untuk berdagang berupa uang (I) keinginan.
      -Investasi duniawi (I) keinginan; untuk menunjang masa tua.
      -Shodaqoh (I) kebutuhan; karena modal akhirat juga perlu.
      dengan bonus uang 100juta, itu saja yang ingin saya realisasikan.
      Untuk keinginan pribadi saya senduri bisa saya realisasikan dengan gaji yang saya dapat.

      ReplyDelete
    16. Nama: Muhamad Miftah
      2013316019

      1. 2 tiket umroh untuk ibu dan bapak (i),kebutuhan .investasi untuk akhirat, kebutuhan untuk memuliakan orang tua mumpung masih di beri kesempatan.
      2. Mobil carry modif food truck (i),keinginan. untuk investasi usaha sesuai hobi.
      3. Paket Alat kopi manual (i), keinginan, untuk investasi usaha.
      4. Portofolio saham (i),kebutuhan, untuk investasi masa depan.
      5. Perabotan kafe (i),keinginan. untuk investasi usaha.
      6. Printer(o), kebutuhan, untuk memperlancar cetak foto, dan dokumen skripsi.
      7. Dp KPR (i), keinginan untuk investasi properti.
      8. Biaya traveling ke berbagai wilayah di sumatra (o), konsumsi , memenuhi hasrat berlibur sekaligus riset kopi.
      9. Lcd TV 24" (o), keinginan, untuk hiburan.
      10. Peralatan outdoor (o), keinginan untuk fashion, treking gunung skaligus untuk traveling.

      ReplyDelete
    17. NAMA : DWI AGUSTIN
      NIM : 2013316006


      Jika saya mendapat uang 100 juta, saya akan:
      1. Membeli kambing (i) Keinginan
      2. Membeli Tanah (i) Keinginan
      3. Membeli Motor (i) Kebutuhan
      4. Membeli Komputer dan Printer untuk usaha percetakan (i) Keinginan
      5. Membeli emas untuk ibu (i) Keinginan
      6. Membeli peralatan ngaji untuk sumbangan ke Musholah (o) keinginan
      7. Membeli perlengkapan toko sembako untuk jualan sembako (i) keinginan
      8. Membeli meja belajar (o) Kebutuhan
      9. Membeli Peralatan pribadi, pakaian dll (o) kebutuhan
      10. Membeli Mesin Foto kopi (i) Keinginan

      ReplyDelete
    18. Nama : Siska Mayasari
      Nim : 2013316021

      Jika Saya Mendapat Uang 100 Juta, dan gaji saya sudah mwncukupi saya akan
      1. membuka usaha (i) Keinginan
      2. Ruko (i)Keinginan
      3. Sedekah (i) Keinginan
      4. Mengajak orangtua saya umroh / Berangkat haji (i)Keinginan
      5. Kendaraan (o) Kebutuhan
      6. Tanah (i) Keinginan
      7. Rumah (i)Keinginan
      8. Emas (i) Keinginan
      9. Kebutuhan Pribadi saya dan keluarga saya (o)Kebutuhan
      10. Menikah (i) Keinginan

      ReplyDelete
    19. Nama : Siti Kholifah
      Nim : 2013316020

      Jika saya Memiliki uang 100 juta dan gaji saya mencukupi maka saya akan :
      Klasifikasi asset keinginan (i) dan kebutuhan (o)

      1. Membeli etalase (i) keinginan untuk mengembangkan usaha online shop
      2. Membeli serangkaian produk online shop seperti baju,celana, kerudung,kosmetik (i)keinginan
      3. Membeli Ruko (i) keinginan untuk mengembangkan usaha
      4. Membeli emas batangan (o) kebutuhan untuk investasi masa depan
      5. Membeli tanah (i) keinginan untuk investasi masa depan
      6. Membangun yayasan panti social untuk anak yatim dan kaum dhuafa (o)sebagai kebutuhan untuk investasi akhirat
      7. Membeli motor (o)sebagai kebutuhan untuk memperlancar kegiatan sehari-hari
      8. Membeli printer (o) sebagai kebutuhan untuk kuliah
      9. 2 tiket haji untuk kedua orang tua (i)keinginan untuk membahagiakan orangtua dunia dan akhirat
      10. Travelling keluar kota (i) keinginan untuk menyegarkan otak

      ReplyDelete
    20. Jika saya mendapat uang 100jt sedangkan gaji saya sudah mencukupi, uang tersebut akan saya gunakan untuk
      1. Membeli sepeda motor (o) sebuah kebutuhan karena untuk mempermudah diri saya kuliah dan pergi
      2. Membeli gas elpiji 3kg sebanyak 100 tabung (i) keinginan saya untuk diperjualbelikan/ dagang, dimana bisa menjadi penghasilan/bisnis orang tua
      3. Membangun ruko/gudang elpiji (i) keinginan sebagai tempat gas elpiji
      4. Popok anak 10pack isi 30 (o) kebutuhan untuk anak selama 6bln
      5. Daftar haji kedua orang tua(o) kebutuhan orang tua untuk didunia dan akhirat
      6. Shodaqoh (o) kebutuhan, untuk anak yatim piatu dan orang yang membutuhkan
      7. Smart Hafid (i) keinginan, menyenangkan anak dg mainan edukasi yg islami
      8. Print (i)keinginan mempermudah penugasan dalam kuliah
      9. Lampu emergency (o) kebutuhan disaat ada pemadaman listrik
      10. Liburan (o) kebutuhan, berwisata atau mengunjungi tempat lain yg membuat kita mendapatkan kemanfaatan pada diri kita itu sangat dianjurkan.

      ReplyDelete
    21. Nama :Nurul Hidayati
      Nim. : 2013316022

      Jika saya mendapat uang 100jt sedangkan gaji saya sudah mencukupi, uang tersebut akan saya gunakan untuk
      1. Membeli sepeda motor (o) sebuah kebutuhan karena untuk mempermudah diri saya kuliah dan pergi
      2. Membeli gas elpiji 3kg sebanyak 100 tabung (i) keinginan saya untuk diperjualbelikan/ dagang, dimana bisa menjadi penghasilan/bisnis orang tua
      3. Membangun ruko/gudang elpiji (i) keinginan sebagai tempat gas elpiji
      4. Popok anak 10pack isi 30 (o) kebutuhan untuk anak selama 6bln
      5. Daftar haji kedua orang tua(o) kebutuhan orang tua untuk didunia dan akhirat
      6. Shodaqoh (o) kebutuhan, untuk anak yatim piatu dan orang yang membutuhkan
      7. Smart Hafid (i) keinginan, menyenangkan anak dg mainan edukasi yg islami
      8. Print (i)keinginan mempermudah penugasan dalam kuliah
      9. Lampu emergency (o) kebutuhan disaat ada pemadaman listrik
      10. Liburan (o) kebutuhan, berwisata atau mengunjungi tempat lain yg membuat kita mendapatkan kemanfaatan pada diri kita itu sangat dianjurkan.

      ReplyDelete
    22. Nama : ABDUL KHOLIK
      NIM : 2013316024

      Jika saya mendapatkan uang Rp. 100. 000.000,- sedangkan gaji saya sudah mencukupi, maka uang tersebut akan saya gunakan untuk :
      1. Mengembangkan usaha yang sudah ada yakni warung kecil-kecilan milik orang tua sehingga menjadi usaha yang cukup besar (i). untuk investasi masa depan.
      2. Mendaftarkan haji orangtua, untuk pelunasan pembayaran haji uangnya mengambil hasil dari usaha yang sudah berkembang pada point 1 (i), investasi akhirat dan rukun islam yang ke-5
      3. Membeli laptop & printer (o) untuk mempermudah dalam mengerjakan tugas kuliah maupun tugas kerja yang bersifat deadline.
      4. Membeli Tanah (i) untuk investasi masa depan, karena tanah termasuk asset yang tidak menyusut.
      5. Membuat kantor usaha sekaligus mengurus perijinan usahanya (o)
      6. mendirikan usaha biro perjalanan wisata (i) untuk usaha masa depan karena biro mempunyai peranan penting dimasa sekarang, banyak orang membutuhkan wisata.
      7. Shodaqoh anak yatim piatu dhuafa (i) karena ini bulan muharram untuk investasi akhirat
      8. Membeli hewan ternak (i) investasi untuk pernikahan :)
      9. Memperbaiki rumah (o) karena rumahku surgaku
      10. Wisata religi sekaligus untuk bisyaroh sowan kyai minta barokah doa agar usaha yang dijalankan bisa lancar, sukses dan manfaat untuk dunia dan akhirat (i).

      Semoga benar-benar terwujud...

      ReplyDelete
    23. Nisfa Intiqolina
      2013316040

      Jika saya mendapatkan uang Rp. 100. 000.000,- sedangkan gaji saya sudah mencukupi, maka uang tersebut akan saya gunakan untuk :

      1. Membangun Ruko Hijab (i) Keinginan saya dalam berbisnis dagang
      2. Daftar haji kedua orang tua(o) kebutuhan orang tua untuk didunia dan akhirat
      3 Shodaqoh (o) kebutuhan, untuk anak yatim piatu dan orang yang membutuhkan
      4.Peralatan Tata Rias (i) keinginan membuka Usaha jasa Tata Rias
      5. Mirroles (o) kebutuhan untuk mengabadikan moment
      6. Membeli sepeda motor (o) sebuah kebutuhan karena untuk mempermudah diri saya kuliah dan pergi.
      7. Komputer (o) Kebutuhan Untuk mempermudah tugas kuliah dan Kerja
      8. Membeli Emas Batangan (i)
      9. Saham (i)
      10, Traveling (o) Kebutuhan Hiburan, menyegarkan pikiran

      ReplyDelete
    24. NAMA :FARIS HIDAYATULLAH
      NIM 2013316032

      1.memberangkatkan haji kedua orang tua (i ) kebutuhan bhakti
      2.melunasi biaya wisuda adik (i ) kebutuhan bhakti
      3.Belanja perlatan modern pengembangan Budidaya udang vaname dan bandeng. Spt kincir air, diesel, lampu pijar dll .guna menghadapi persaingan dunia modern ,ketidakpastian cuaca dan permintaan pasar (i) kebutuhan bhakti
      4.melunasi sisa KPR (i ) investasi masa depan
      5.pengembangan pondok pesantren dan madrasah (i) kebutuhan bhkati
      6.membeli new RX-KING seri terahir th 2009 (o ) utk mewujudkan mimpi mengembara sowan ke kyai, makam,situs bersejarah dan tempat wisata di Indonesia.
      7.melunasi biaya WO (o) percepatan proses ibadah.
      8.pembuatan taman ikan dan gazebo guyup rukun (o) media musyawarah dan sambang sedulur
      9.laptop printer (i ) monitoring laporan usaha online
      10.investasi saham SMGA (o ) investasi masa depan.

      ReplyDelete
    25. NAMA : KARYOTO
      NIM : 2013316031
      Jawaban:

      1.Pakaian (kebutuhan/i) untuk menutup aurat
      2.Laptop (kebutuhan/o) tugas,skripsi dll
      3.Motor (kebutuhan/o) mobilisasi jaman now
      4.Ruko/kios(keinginan/i) sbg tempat bisnis konter
      5.pulsa,hp,aksesoris(keinginan/i) sbg barang dagangan
      6.modal cadangan(keinginan/i) supaya bisnis tetap berjalan di tahap promosi
      7.sedekah (kebutuhan/i) biar berkah
      8.saham (keinginan/i) sbg aset cadangan
      9.nikah(kebutuhan/i) ibadah,
      10.Liburan bersama keluarga(kebutuhan/i) agar hati dan pikiran senang,muncul ide baru, menjadi keluarga samawa.AMIN

      ReplyDelete
    26. Nama : herlambang
      Nim : 2013316033
      Jawaban

      1. Pakaian (kebutuhan /i) untuk menutup aurat
      2. Membeli motor trail (keinginan /o) untuk menyalurkan hobi
      3. Buat beli tanaman buah (keinginan/i)keinginan saya untuk bercocok tanam
      4. Renovasi rumah (keinginan/o) kasian kalau hujan masih bocor
      5. Menyekolahkan adek sampai kuliah (keinginan/i) ben ga gaptek kaya mas nya
      6. Beli laptop (kebutuhan/o) tugas makalah sama skripsi biar gak pinjem tetangga
      7. Nikah (kebutuhan/i) ibadah( semoga samawa)
      8. Liburan (kebutuhan/i) biar pikiran segar
      9. Modal usaha (keinginan/i) biar cepet beli mobil
      10. Sodaqoh (o) nabung akhirat

      ReplyDelete
    27. NAMA :NUR ANISAH
      NIM :2013316029
      Jawaban:

      1. Menambah perusahaan dalam bidang percetakan undangan (o) untuk menambah penghasilan pribadi
      2. Membeli sepeda motor (o) untuk mengantarkan/COD pesanan undangan karena sekarang media online lebih mudah
      3. Membeli laptop (o)
      4. Membeli printer (o)
      5. Membeli smartphone baru (i)
      6. Merenovasi rumah orangtua (i)
      7. Membeli emas (i)
      8. Beli tas baru (i)
      9. Beli baju baru + sepatu (i)
      10. Ganti kulkas ibu (o) untuk jualan es
      11. Belikan kursi baru ibu (i)
      12. Sedekah (i)
      13. Belikan sepeda adek (i)

      ReplyDelete
    28. Slamet B.A
      NIM: 2013316007

      1. iPhone (i)
      2. macBook (i) bersama dengan nomor 1 untuk mengembangkan aplikasi iOS, meningkatkan karir
      3. sepeda karbon (i) sebagai investasi kesehatan
      4. kindle paperwhite (i) untuk baca ebook, investasi ilmu
      5. novel-novel paulo coelho bahasa inggris (o) karena sastra menghidupkan imajinasi dan menyegarkan jiwa
      6. buku nihongo sou matome asli (i) untuk belajar bahasa jepang
      7. novel-novel andrea hirata versi bahasa asing asli (o) cuma obsesi sih
      8. satu set studio deutsch sampai setidaknya c1 (i) untuk belajar bahasa jerman
      9. beli buku-buku rhenald kasali, hermawan kartajaya, adiwarman karim, philip kotler, dkk (i) investasi ilmu
      10. paket wisata 2 pax (o) karena ternyata liburan itu penting :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Nama : Sulistianingsih
        Nim. : 2013316009

        Seandainya saya mendapatkan uang 100 juta maka saya akan membeli :
        1. Perumahan (i)
        2. Naik haji sekeluarga (i) aamiin yaAllah
        3. Mobil (o) supaya pas jalan2 ndak kehujanan :)
        4. Beli tanah kosong (i) untuk tabungan masa depan anak2
        5. Iphone (o)
        6. Sedekah (i) masjid dan orng yg kurang mampu
        7. Membuat usaha fotocopian (i)
        8. Beli baju,tas, make up (o)
        9. Bangun rumah jadi tambah bagus (i)
        10. Beli sepeda (o)

        Delete
    29. NIA AYU NUR JANAH
      3013316005

      jenis asset klasifikasi keinginan(i) dan kebutuhan (o)

      1. TANAH/PEKARANGAN (o) utk ditanami rumput dan berbagi sayuran supaya bapak gperlu repot2 cari rumput ke Alas/hutan yang jauh dan supaya ibuk sibuk berkebun saja biar tdk usah jualan jauh dipasar cukup jadi suplier sayuran saja.

      2. MOBIL DOPLAK (o) buat menunjang pekerjaan bapak dan ibu

      3. MOTOR (o) buat kerja

      4. SAPI (i) biar bapak nggak cuman ternak ayam dan kambing saja

      5. ETALASE (o) buat naruh barang2 dagangan saya

      6. RUMAH BARU (i) biar kalau sudah nikah sudah punya rumah sendiri.

      7. NAIK HAJI SEKELUARGA (i) aamiin

      8. GAUN PENGANTIN, ALAT MAKE UP dan KOSMETIK (i) pengen buka usaha wedding organization

      9. KAMERA (i) buat motret

      10. IPHONE (i)

      ReplyDelete
    30. Nama : okta tri aviani
      NIM : 2013316042

      Jika saya mendapatkan bonus uang Rp.100 juta sedangkan gaji saya telah mencukupi maka saya akan :
      jenis asset klasifikasi keinginan (i) dan kebutuhan (o)
      1. Membuka usaha sembako(i)
      2. Belanja peralatan usaha(i)
      3. Membuat gudang sebagai tempat penyimpanan(i)
      4.membeli kendaraan untuk sarana transportasi (i)
      5. Bersedekah(o)
      6. Mendaftarkan haji orang tua (o)
      7. Melanjutkan studi S2(o)
      8. Liburan bersama keluarga (o)
      9.mirroles untuk mengabadikan momen(o)
      10. Sisanya untuk di tabung (i)

      ReplyDelete
    31. Nama: darwanto
      Nim:2013316028
      Jika saya mendapatkan bonus uang sebesar 100 jt sedangkan gaji saya telah mencukupi maka saya akan:
      1.berangkat haji bersama orang tua(o) keinginan
      2. Beli mobil (o) keinginan
      3. Tanah (i) keinginan
      4. Sapi (i) keinginan
      5. Sembako (o) kebutuhan
      6. Infaq ke masjid (i) keinginan
      7. Hp (o) kebutuhan
      8. Sabit (i) keinginan
      9. Gerobak (i) keinginan
      10. Emas & seperangkat alat sholat (i) kebutuhan

      ReplyDelete

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.