“BUSSINES
PLAN TABUSI”
MAKALAH
Diajukan
Untuk Memenuhi Salah Tugas
Pada
Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen
Pengampu : M. Taufik Abadi, M.M
Oleh:
Anita
Febriani (2013114239)
Wiwik Jubbaidah (2013114256)
Zulfa
Wiqoyati (2013114267)
Nailul
Afifah (2013114269)
PROGRAM
STUDI EKONOMI SYARIAH JURUSAN SYARIAH
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PEKALONGAN
2016
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr.Wb
Puji dan syukur
penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya,
kami dapat menyelesaikan makalah business plan sederhana ini, meskipun sangat jauh
dari kata sempurna. Shalawat serta salam tak lupa pula kami haturkan kepada keharibaan
junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat serta kita umat beliau
hingga akhir zaman.
Tujuan dalam
pembuatan business plan ini antara lain untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Kewirausahaan. Selain itu juga untuk menambah wawasan para pembaca tentang perencanaan
sebuah bisnis.
. Akhirnya,
penyusun berharap semoga makalah sederhana ini berguna bagi pembaca. Kritik dan
saran yang membangun selalu penyusun harapkan demi perbaikan makalah ini. Segala
sesuatu yang benar itu datangnya dari Allah, dan yang salah itu berasal dari
penyususn sendiri.Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb.
Pekalongan, 6 Desember 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI................................................................................................ ..... 2
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah.......................................................................... ... 3
B. Rumusan
Masalah....................................................................................... 3
C. Tujuan
Penulisan......................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN
A. Profil usaha ........................ ……………………………………….... 4
B. Visi dan
Misi.............................................................…………… 4
C. Ringkasan
Eksekutif.............................................................
……. 4
D.
Identifikasi
peluang bisnis..........................................................
…. 5
E.
Penjelasan
produk.......................................................................… 5
F.
Potensi bisnis
.............................................................................. 6
G.
Analisis
pasar.................................................................................
6
H.
Analisis SSWOT.............................................................................6
I.
Analisis Produk...............................................................................7
J.
Aspek
Teknis..................................................................................8
K.
Aspek
Hukum.................................................................................8
L.
Analisis
Produksi/Operasi.................................................................8
M.
Aspek
Manajemen...........................................................................9
N.
Aspek ekonomi dan
sosial................................................................9
O.
Aspek
Amdal.................................................................................10
P.
Aspek
Keuangan.............................................................................10
BAB III PENUTUP
Kesimpulan........................................................................................... .. 13
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Bisnis
Tahu
Bulat, camilan yang sudah banyak dikenal oleh hampir semua kalangan. Tampilan tahu
yang berbentuk bulat dengan rasa gurih dan lezat membuatnya digandrungi
anak-anak hingga orang dewasa. Meski sejak lama tahu bulat muncul di tengah masyarakat,
namun namanya hingga sekarang masih saja popular.
Setiap
produk akan mengalami yang namanya life cycle product, dimana ada saatnya
produk tersebut akan menurun jika tidak terus dilakukan inovasi. Kami mencoba
mengkreasikan tahu bulat ini dengan diberikan isi didalamnya. Keberadaan tahu
bulat isi ini memang bukan hal yang baru, namun menurut kami camilan ini masih belum banyak diproduksi,
kebanyakan hanya tahu bulat saja tanpa isi. Oleh karena itu sebagai pebisnis
pemula, kami akan mencoba memperkenalkan camilan tahu bulat dengan dua macam
isi ini.
Rumusan masalah
1.
Berapa keuntungan yang diperoleh dari usaha tabusi ini ?
2.
Bagaimana cara
membudayakan makanan yang sehat ?
3.
bagaimana cara
membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai suluruh kalangan
masyarakat ?
B.
Tujuan
a. Mendapatkan keuntungan dari produk
ini
b. Membudayakan makanan sehat
c. Membuat produk makanan yang
mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. Profil
Usaha
Tahu BuSi ‘FANAATIK” merupakan usaha
yang bergerak di bidang pengolahan tahu yang diolah dengan proses sedemikian
rupa, sehingga menghasilkan tahu berbentuk bulat dengan memberikan pilihan isi
berupa telur puyuh dan sosis.
Bisnis ini merupakan bisnis kami
sebagai pemula yang mencoba merintis usaha dari bawah.
B. Visi
dan Misi
a.
Visi
Menjadikan
masyarakat luas mengetahui jajanan kuliner khas Indonesia, salah satunya yaitu
Tahu bulat isi
b.
Misi
-
Menjadikan
tahu bulat isi menjadi camilan yang berkelas
-
Membuat
kesan rasa yang tidak monoton dengan aneka isi tahu bulat.
C. Ringkasan
Eksekutif
Bahan utama pembuatan tahu bulat menggunakan tahu yang diolah dengan bumbu khas. Untuk
menemukan tahu bulat tidaklah sulit dimana banyak orang yang menjajakannya mulai
dengan berkeliling atau membuka stand dan gerai. Bagi pecinta makanan tahu
memang tahu bulat terbilang cukup unik dimana tahu ini memiliki tampilan bulat.
Jika kita lihat tahu memiliki bentuk kotak. Banyak orang yang tertarik dan
menyukai tahu bulat membuat bisnis camilan ini menjanjikan..
Ada sesuatu yang membedakan tahu
bulat kami dengan yang lain, yaitu dengan adanya isi berupa telur puyuh
dan sosis didalamnya.
D. Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis
yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam
kreatifitas yang menarik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang
memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering
kita temui adalah tahu dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, masyarakat
mulai jenuh dengan bentuk dan rasa tahu yang biasa-biasa saja, tidak adanya
inovasi.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam mengolah tahu
tersebut sehingga penyajian tahu tidak monoton. Kami mencoba mengkreasikan tahu
tersebut dengan mengolah tahu yang biasanya berbentuk kotak menjadi bulat
dengan diberikan isi didalamnya. Kelebihan tahu bulat yang kami buat adalah isiyang
bervariasi terdiri dari dua isi yaitu sosis dan telur puyuh.
E.
Penjelasan
Produk
Cara membuat produk kami tidak berbeda jauh dengan membuat tahu
bulat pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Cuci bersih kemudian hancurkan tahu.
Setelah tahu hancur, taruh tahu di dalam serbet bersih kemudian peras sampai
airnya habis.
2. Masukkan semua bumbu ke dalam adonan
tahu.
3. Masukkan kuning telor, jangan
langsung semuanya. Sedikit2 agar adonan tahu nggak lembek.
4. Ambil sesendok makan adonan kemudian
isi dengan telor puyuh dan sosis. Ulangi terus sampai adonan habis.
5. Diamkan adonan minimal satu jam di
dalam lemari es.
6. Goreng dengan api kecil sampai
berubah warna kecoklatan. Saat menggorengnya, pakai minyak yg banyak dan
pastikan sudah panas.
F.
Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan.
Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis serta dapat
dinikmati oleh semua kalangan.
G.
Analisis
Pasar
1. Profil konsumen
Konsumen yang
dibidik dalam usaha ini adalah masyrakat luas baik dari anak-anak,remaja maupun
dewasa yang ingin merasakan cita rasa baru
dalam menikmati tahu bulat dengan isi telur puyuh dan sosis.
2. Segmentasi
pasar
Segmentasi
pasar yang akan di
capai adalah segala kalangan masyarakat. Karena tahu bulat merupakan makanan
yang bisa menjadi jajanan yang murah meriah dan sehat karena tanpa bahan
pengawet.
3. Strategi
promosi usaha tahu bulat
Dalam
memasarkan tahu bulat isi ini kami memanfaatkan promosi dari media sosial baik
faceboook,, whats App, bbm, instagram dan lainnya. Serta dengan cara
menyebarkan brosur.
H.
Analisis S.W.O.T
1. Faktor
Internal
1)
Strength (Kekuatan)
• Kami menawarkan
suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
• Kami menawarkan
kreativitas baru dalam mengolah tahu dengan mengubah bentuk tahu yang semula
kotak menjadi bulat yang berisi telur puyuh dan sosis.
• Bahan baku
pembuatan tahu bulat ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya
terjangkau.
2) Weakness (Kelemahan)
• Pengalaman
untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang
harus diatasi.
• Sebagai pemula. keterbatasan
sumber daya manusia sebagai produsen atau pembuat tahu bulat isi menjadi kelemahan bagi kami. Kurangnya
keterampilan kami dalam proses pembuatan tahu bulat itu sendiri
2. Faktor
Eksternal
1) Opportunities (Peluang)
• Banyaknya
masyarakat yang menggemari tahu bulat, karena tahu bulat merupakan makanan yang
sudah siap dan mudah diolah. Dengan adanya tshu bukst ini akan menambah variasi
tahu dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
• Pemasaran yang
akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan tempat tinggal dan tempat ramai,
seperti bebekan, kedungwuni.
2) Threats (Ancaman)
• Salah satu
bentuk ancaman yang dikhawatirkan bias terjadi adalah keacuhan konsumen.
• Terkadang
masyarakat kurang tertarik terhadap makanan yang di buat dari bahan sederhana
seperti tahu dan gaya konsumsi masyarakat saat ini di kuasai oleh
makanan-makanan modern, siap saji, dan dari bahan-bahan import.
I.
Analisis Produk (RP 5.000/Porsi)


Tahu Bulat Isi Telur Puyuh Tahu
Bulat Isi Sosis
J.
Aspek Teknis
Usaha ini akan
dijalankan di beberapa lokasi yaitu Jl. KH A Dahlan Sebelah Selatan Lapangan Bumirejo
Pekalongan Barat dan Bebekan, Depan SMA N 1 Kedungwuni.
Rencana desain dan
pengembangan
Tahu bulat memang telah banyak dijumpai di berbagai
pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan rasa yang berbeda dan tampak lebih
menarik serta lebih unik dengan bahan-bahan yang baru. Tahu bulat isi sosis ini
akan menambah cita rasa baru di dunia kuliner. Dengan adanya tahu bulat isi,
diharapkan akan menambah variasi tahu bulat baru.
Rencana Pengembangan Produksi
Rencana-rencana pengembangan
produksi kami antara lain:
a. Memperluas
wawasan dibidang makanan khususnya tahu
b. Menemukan dan
menciptakan cara terbaru dalam membuat tahu bulat
c. Memperluas
berbagai cita rasa tahu bulat
d. Meningkatkan
produksi
K.
Aspek Hukum
Legalitas dalam
usaha ini belum begitu diperhatikan karena usaha ini merupakan jenis usaha semi permanen yang belum
memerlukan perijinan dari dinas setempat
L.
Analisis
produksi/operasi
Bahan baku utama
|
Bahan Baku Pembantu
|
Bahan Pelengkap
|
• Tahu Putih
• Sosis
• Telur Puyuh
|
• minyak goreng
• bawang putih
• gula
• Cabe bubuk
• bawang merah
• merica
• kemiri
• garam
• pengemas
|
• Gerobak
• kompor gas
• Tabung gas
• wajan
• kursi
• spatula
• pengangkat
gorengan
• wadah
• sendok
• pisau
• tempat sampah
• Serbet
• Tusuk gigi
|
M. Aspek Manajemen
• Perencanaan
pelaksanaan Usaha
NO
|
Jam operasi
|
Proses produk
|
1
|
15.00 - 16.00
|
Belanja bahan baku,bahan pembantu. (Bahan baku dimasukkan kulkas
semalam)
|
2
|
06.00 – 07.00
|
Pengolahan bahan baku
|
3
|
08.00 – 17.00
|
Kegiatan
usaha
|
N.
Aspek ekonomi dan sosial
Dengan
direalisasikannya usaha ini di harapkan akan memberikan manfaat sebagai berikut
:
1. Secara langsung produk yang dihasilkan dapat
menambah
keanekaragaman makanan khas Indonesia.
keanekaragaman makanan khas Indonesia.
2. Pengembangan
usaha ini akan meningkatkan pendapatan pelaku
bisnis yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan
keluarga.
bisnis yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan
keluarga.
3. Selain itu,
usaha ini dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja,
berupa tenaga buruh dan atau tenaga kerja keluarga.
berupa tenaga buruh dan atau tenaga kerja keluarga.
O.
Aspek AMDAL
Usaha tahu
bulat isi ini memiliki dampak terhadap lingkungan terutama pada bahan utamanya, yaitu
pembuatan tahu putih., jika para pengusaha tahu tidak mengolah air limbah tahu
yang asam.
Karena proses pembuatan
tahu dimulai dengan proses sortasi yaitu proses pemilihan kedelai yang baik.
Dalam proses ini dihasilkan limbah padat kedelai hasil sortiran. Kemudian
dilakukan perendaman kedelai selama kurang lebih 6 jam. Kemudian kedelai
ditiriskan dan di cuci. Dalam proses ini dihasilkan limbah cair sisa cucian
kedelai. Kemudian kedelai digiling sambil dialiori air mengalir. Bubur kedelai
hasil penggilingan tersebut kemudian di encerkan dengan air kemudian di
didihkan. Dalam keadaan panas bubur tahu disaring dengan kain blaco sambil
dibilas air hangat sehingga susu kedelai dapat terekstrak keluar semua.Proses
ini menghasilkan ampas yang kemudian akan dibuang sebagai sampah padat. Sari
atau filtrat dari hasil penyaringan tadi ditampung dalam bak kemudian diberi
air asam agar dapat menggumpal. Gumpalan tersebut ditampung dalam wadah atau
cetakan tahu kemudian gumpalan tadi di press hingga terbentuk dari cetakan tahu
tadi. Setelah dingin kemudian tahu dipotong potong. Dalam proses ini dihasilkan
air limbah tahu yang bersifat asam.
P.
Aspek Keuangan
Investasi
|
Harga
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|
Bahan
baku/hari
|
Bahan
Pembantu
|
Bahan utama
• Tahu putih :Rp 15.000
• Sosis :Rp 30.000
•
![]()
Rp
70.000
|
• 1 kg minyak goreng 10.000
• ½ kg bawang putih 4.000
• ¼ kg Gula 3.500
• ½ kg bawang merah 25.000
• ¼ kg Kemiri 6.000
• Garam 3.000
• Kardus 25.000
•
![]() 101.500 |
• B. Produksi (TC)
= B. tetap + B. tdk tetap
= 3.101.333 +
5.145.000
= 8.246.333
B. Produksi 1 thn
= 3.101.333 + (5.145.000
x 12)
= 61.740.000
• Pendapatan
per Bulan
65 porsi/hr x Rp. 5.000
= Rp.325.000 x 30 hr
= Rp.9.750.000
• Keuntungan
Laba per Bulan
= Total Pendapatan – Total Biaya Produksi
= Rp. 9.750.000 – 8.246.333
= Rp. 1.503.667
• Lama Balik modal
= Total Investasi : Keuntungan
= Rp. 2.862.000 :
Rp 1.503.667
= 2 bln
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Tahu Bulat
ini merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi isi.
Produk kami ini bertujuan menjadikan
masyarakat luas mengetahui jajanan kuliner khas Indonesia, salah satunya yaitu
Tahu bulat isi serta menjadikan tahu bulat isi menjadi camilan yang berkelas
dan membuat kesan rasa yang tidak monoton dengan aneka isi tahu bulat.
Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan
melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial
seperti, facebook, twitter. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh
masyarakat menengah ke bawah.
Dengan terselesaianya proposal ini, saya menyimpulkan beberapa hal yang
berkaitan dengan usaha produksi makanan. Adapun kesimpulan tersebut adalah :
1.
Perencanaan usaha yang matang
sangat penting untuk memulai pendirian usaha.
2.
Dalam pelaksanaan kegiatan
industri ini di butuhkan keterampilan, kecermatan dan keuletan dalam
melaksanakan kegiatan produksi, karena sasaran paling utama adalah panca indera
perasa dimana mereka menemukan kepuasan rasa maka akan menguntungkan kita dalam
kegiatan industri ini.
3.
Selain itu
pelayanan yang memuaskan akan menambah nilai penghargaan konsumen terhadap
industri ini dan tidak akan berpaling ke lain produsen.
4.
Kepuasan pelanggan merupakan
tujuan terbesar industri ini.
No comments:
Post a Comment