• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Tuesday 7 February 2017

    "BUSSINES PLAN TABUSI”







    BUSSINES PLAN TABUSI
    MAKALAH

    Diajukan Untuk Memenuhi Salah Tugas
    Pada Mata Kuliah Kewirausahaan
    Dosen Pengampu : M. Taufik Abadi, M.M







    Oleh:

    Anita Febriani  (2013114239)
    Wiwik Jubbaidah  (2013114256)
    Zulfa Wiqoyati  (2013114267)
    Nailul Afifah  (2013114269)

    PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH JURUSAN SYARIAH
    SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
    PEKALONGAN
    2016
     

    KATA PENGANTAR

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah business plan sederhana ini, meskipun sangat jauh dari kata sempurna. Shalawat serta salam tak lupa pula kami haturkan kepada keharibaan junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat serta kita umat beliau hingga akhir zaman.
    Tujuan dalam pembuatan business plan ini antara lain untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan. Selain itu juga untuk menambah wawasan para pembaca tentang perencanaan sebuah bisnis.
    . Akhirnya, penyusun berharap semoga makalah sederhana ini berguna bagi pembaca. Kritik dan saran yang membangun selalu penyusun harapkan demi perbaikan makalah ini. Segala sesuatu yang benar itu datangnya dari Allah, dan yang salah itu berasal dari penyususn sendiri.Semoga bermanfaat.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
    Pekalongan, 6 Desember 2016

    Penyusun






    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI................................................................................................ ..... 2   
    BAB I PENDAHULUAN
    A.    Latar Belakang Masalah.......................................................................... ... 3   
    B.     Rumusan Masalah....................................................................................... 3
    C.     Tujuan Penulisan......................................................................................... 3
    BAB II PEMBAHASAN
    A.    Profil usaha ........................ ……………………………………….... 4
    B.     Visi dan Misi.............................................................……………   4
    C.     Ringkasan Eksekutif............................................................. …….  4
    D.    Identifikasi peluang bisnis.......................................................... …. 5
    E.     Penjelasan produk....................................................................... 5
    F.      Potensi bisnis ..............................................................................   6
    G.    Analisis pasar................................................................................. 6
    H.    Analisis SSWOT.............................................................................6
    I.       Analisis Produk...............................................................................7
    J.       Aspek Teknis..................................................................................8
    K.    Aspek Hukum.................................................................................8
    L.     Analisis Produksi/Operasi.................................................................8
    M.   Aspek Manajemen...........................................................................9
    N.    Aspek ekonomi dan sosial................................................................9
    O.    Aspek Amdal.................................................................................10
    P.      Aspek Keuangan.............................................................................10
    BAB III PENUTUP
                Kesimpulan........................................................................................... .. 13


    BAB I
    PENDAHULUAN
    A.    Latar Belakang Bisnis
                Tahu Bulat, camilan yang sudah banyak dikenal oleh hampir semua kalangan. Tampilan tahu yang berbentuk bulat dengan rasa gurih dan lezat membuatnya digandrungi anak-anak hingga orang dewasa. Meski sejak lama tahu bulat muncul di tengah masyarakat, namun namanya hingga sekarang masih saja popular.
                Setiap produk akan mengalami yang namanya life cycle product, dimana ada saatnya produk tersebut akan menurun jika tidak terus dilakukan inovasi. Kami mencoba mengkreasikan tahu bulat ini dengan diberikan isi didalamnya. Keberadaan tahu bulat isi ini memang bukan hal yang baru, namun menurut kami  camilan ini masih belum banyak diproduksi, kebanyakan hanya tahu bulat saja tanpa isi. Oleh karena itu sebagai pebisnis pemula, kami akan mencoba memperkenalkan camilan tahu bulat dengan dua macam isi ini.

    Rumusan masalah
    1.      Berapa keuntungan yang diperoleh dari usaha tabusi ini ?
    2.       Bagaimana cara membudayakan makanan yang sehat ?
    3.       bagaimana cara membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai suluruh kalangan masyarakat ?

    B.     Tujuan
    a.       Mendapatkan keuntungan dari produk ini
    b.      Membudayakan makanan sehat
    c.       Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.



    BAB II
    PEMBAHASAN

    A.    Profil Usaha
                Tahu BuSi ‘FANAATIK” merupakan usaha yang bergerak di bidang pengolahan tahu yang diolah dengan proses sedemikian rupa, sehingga menghasilkan tahu berbentuk bulat dengan memberikan pilihan isi berupa telur puyuh dan  sosis.
                Bisnis ini merupakan bisnis kami sebagai pemula yang mencoba merintis usaha dari bawah.

    B.     Visi dan Misi
    a.       Visi
    Menjadikan masyarakat luas mengetahui jajanan kuliner khas Indonesia, salah satunya yaitu Tahu bulat isi
    b.      Misi
    -          Menjadikan tahu bulat isi menjadi camilan yang berkelas
    -          Membuat kesan rasa yang tidak monoton dengan aneka isi tahu bulat.

    C.    Ringkasan Eksekutif
                Bahan utama pembuatan tahu bulat menggunakan tahu yang  diolah dengan bumbu khas. Untuk menemukan tahu bulat tidaklah sulit dimana banyak orang yang menjajakannya mulai dengan berkeliling atau membuka stand dan gerai. Bagi pecinta makanan tahu memang tahu bulat terbilang cukup unik dimana tahu ini memiliki tampilan bulat. Jika kita lihat tahu memiliki bentuk kotak. Banyak orang yang tertarik dan menyukai tahu bulat membuat bisnis camilan ini menjanjikan.. 
                Ada sesuatu yang membedakan tahu bulat kami dengan yang lain, yaitu dengan adanya isi berupa telur puyuh dan  sosis  didalamnya.


    D.    Identifikasi Peluang Bisnis
    Dewasa ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering kita temui adalah tahu dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, masyarakat mulai jenuh dengan bentuk dan rasa tahu yang biasa-biasa saja, tidak adanya inovasi.
    Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam mengolah tahu tersebut sehingga penyajian tahu tidak monoton. Kami mencoba mengkreasikan tahu tersebut dengan mengolah tahu yang biasanya berbentuk kotak menjadi bulat dengan diberikan isi didalamnya. Kelebihan tahu bulat yang kami buat adalah isiyang bervariasi terdiri dari dua isi yaitu sosis dan telur puyuh.

    E.      Penjelasan Produk
    Cara membuat produk kami tidak berbeda jauh dengan membuat tahu bulat pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
    1.      Cuci bersih kemudian hancurkan tahu. Setelah tahu hancur, taruh tahu di dalam serbet bersih kemudian peras sampai airnya habis.
    2.      Masukkan semua bumbu ke dalam adonan tahu.
    3.      Masukkan kuning telor, jangan langsung semuanya. Sedikit2 agar adonan tahu nggak lembek.
    4.      Ambil sesendok makan adonan kemudian isi dengan telor puyuh dan sosis. Ulangi terus sampai adonan habis.
    5.      Diamkan adonan minimal satu jam di dalam lemari es.
    6.      Goreng dengan api kecil sampai berubah warna kecoklatan. Saat menggorengnya, pakai minyak yg banyak dan pastikan sudah panas.




    F.     Potensi Bisnis
    Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.

    G.    Analisis Pasar
    1.      Profil konsumen
                Konsumen yang dibidik dalam usaha ini adalah masyrakat luas baik dari anak-anak,remaja maupun dewasa yang ingin merasakan cita rasa baru  dalam menikmati tahu bulat  dengan isi telur puyuh dan sosis.
    2.       Segmentasi pasar
                Segmentasi pasar yang akan di capai adalah segala kalangan masyarakat. Karena tahu bulat merupakan makanan yang bisa menjadi jajanan yang murah meriah dan sehat karena tanpa bahan pengawet.
    3.      Strategi promosi usaha tahu bulat
                Dalam memasarkan tahu bulat isi ini kami memanfaatkan promosi dari media sosial baik faceboook,, whats App, bbm, instagram dan lainnya. Serta dengan cara menyebarkan brosur.

    H.    Analisis S.W.O.T
    1. Faktor Internal
              1) Strength (Kekuatan)
          Kami menawarkan suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
          Kami menawarkan kreativitas baru dalam mengolah tahu dengan mengubah bentuk tahu yang semula kotak menjadi bulat yang berisi telur puyuh dan sosis.
          Bahan baku pembuatan tahu bulat ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
             2) Weakness (Kelemahan)
          Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
          Sebagai pemula. keterbatasan sumber daya manusia sebagai produsen atau pembuat tahu bulat isi menjadi kelemahan bagi kami. Kurangnya keterampilan kami dalam proses pembuatan tahu bulat itu sendiri
    2. Faktor Eksternal
         1) Opportunities (Peluang)
          Banyaknya masyarakat yang menggemari tahu bulat, karena tahu bulat merupakan makanan yang sudah siap dan mudah diolah. Dengan adanya tshu bukst ini akan menambah variasi tahu dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
          Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan tempat tinggal dan tempat ramai, seperti bebekan, kedungwuni.
             2) Threats (Ancaman)
          Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bias terjadi adalah keacuhan konsumen.
          Terkadang masyarakat kurang tertarik terhadap makanan yang di buat dari bahan sederhana seperti tahu dan gaya konsumsi masyarakat saat ini di kuasai oleh makanan-makanan modern, siap saji, dan dari bahan-bahan import.
    I.       Analisis Produk (RP 5.000/Porsi)
    tahu+bulet+isi+sosis.jpgtahu-bulat.jpg






    Tahu Bulat Isi Telur Puyuh                             Tahu Bulat Isi Sosis

    J.      Aspek Teknis
                Usaha ini akan dijalankan di beberapa lokasi yaitu Jl. KH A Dahlan Sebelah Selatan Lapangan Bumirejo Pekalongan Barat dan Bebekan, Depan SMA N 1 Kedungwuni.
      Rencana desain dan pengembangan
    Tahu bulat memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan rasa yang berbeda dan tampak lebih menarik serta lebih unik dengan bahan-bahan yang baru. Tahu bulat isi sosis ini akan menambah cita rasa baru di dunia kuliner. Dengan adanya tahu bulat isi, diharapkan akan menambah variasi tahu bulat baru.
     Rencana Pengembangan Produksi        
    Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara lain:
    a.       Memperluas wawasan dibidang makanan khususnya tahu
    b.      Menemukan dan menciptakan cara terbaru dalam membuat tahu bulat
    c.       Memperluas berbagai cita rasa tahu bulat
    d.      Meningkatkan produksi

    K.    Aspek Hukum
                Legalitas dalam usaha ini belum begitu diperhatikan karena usaha ini merupakan  jenis usaha semi permanen yang belum memerlukan perijinan dari dinas setempat

    L.     Analisis produksi/operasi

    Bahan baku utama
    Bahan Baku Pembantu  
    Bahan Pelengkap
          Tahu Putih
          Sosis
          Telur Puyuh
          minyak goreng
          bawang putih
          gula
          Cabe bubuk
          bawang merah
          merica
          kemiri
          garam
          pengemas
          Gerobak
          kompor  gas
          Tabung gas
          wajan
          kursi
          spatula
          pengangkat gorengan
          wadah
          sendok
          pisau
          tempat sampah
          Serbet
          Tusuk gigi

    M.   Aspek Manajemen
          Perencanaan pelaksanaan Usaha
    NO
    Jam operasi
    Proses produk
    1
    15.00 - 16.00
    Belanja bahan baku,bahan pembantu. (Bahan baku dimasukkan kulkas semalam)
    2
    06.00 – 07.00
    Pengolahan bahan baku
    3
    08.00 – 17.00
    Kegiatan usaha

    N.    Aspek ekonomi dan sosial
                Dengan direalisasikannya usaha ini di harapkan akan memberikan manfaat sebagai berikut :
    1.       Secara langsung produk yang dihasilkan dapat menambah
    keanekaragaman makanan khas Indonesia.
    2.      Pengembangan usaha ini akan meningkatkan pendapatan pelaku
    bisnis yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan
    keluarga.
    3.      Selain itu, usaha ini dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja,
    berupa tenaga buruh dan atau tenaga kerja keluarga
    .

    O.    Aspek AMDAL
                Usaha tahu bulat isi ini memiliki dampak terhadap lingkungan terutama pada bahan utamanya, yaitu pembuatan tahu putih., jika para pengusaha tahu tidak mengolah air limbah tahu yang asam.
                Karena proses pembuatan tahu dimulai dengan proses sortasi yaitu proses pemilihan kedelai yang baik. Dalam proses ini dihasilkan limbah padat kedelai hasil sortiran. Kemudian dilakukan perendaman kedelai selama kurang lebih 6 jam. Kemudian kedelai ditiriskan dan di cuci. Dalam proses ini dihasilkan limbah cair sisa cucian kedelai. Kemudian kedelai digiling sambil dialiori air mengalir. Bubur kedelai hasil penggilingan tersebut kemudian di encerkan dengan air kemudian di didihkan. Dalam keadaan panas bubur tahu disaring dengan kain blaco sambil dibilas air hangat sehingga susu kedelai dapat terekstrak keluar semua.Proses ini menghasilkan ampas yang kemudian akan dibuang sebagai sampah padat. Sari atau filtrat dari hasil penyaringan tadi ditampung dalam bak kemudian diberi air asam agar dapat menggumpal. Gumpalan tersebut ditampung dalam wadah atau cetakan tahu kemudian gumpalan tadi di press hingga terbentuk dari cetakan tahu tadi. Setelah dingin kemudian tahu dipotong potong. Dalam proses ini dihasilkan air limbah tahu yang bersifat asam.

    P.     Aspek Keuangan
    Investasi
    Harga
    1 Gerobak
    1 Kompor Gas
    1 Tabung Gas
    1 Wajan
    2 Spatula
    4 Kursi Plastik
    2 Pengangkat Gorengan
    1 Tempat sampah
    2 Pisau
    2 Wadah bumbu
    4 Tusuk gigi
    2 Serbet
    Total
    Rp. 2.000.000
    Rp. 200.000
    Rp. 150.000
    Rp. 150.000
    Rp. 50.000
    Rp. 200.000
    Rp. 40.000
    Rp. 15.000
    Rp. 20.000
    Rp. 10.000
    Rp. 12.000
    Rp. 15.000
    Rp. 2.862.000

    Bahan baku/hari
    Bahan Pembantu
    Bahan utama
          Tahu putih               :Rp 15.000
          Sosis                        :Rp 30.000
          Telur Puyuh             :Rp 25.000
                                      Rp 70.000
          1 kg minyak goreng            10.000
          ½ kg bawang putih                4.000
          ¼ kg Gula                                3.500
          ½ kg bawang merah             25.000
          ¼ kg Kemiri                           6.000
          Garam                                   3.000
          Kardus                                    25.000
          1 kg Cabe bubuk     25.000
                                                 101.500












          B. Produksi (TC)
    = B. tetap + B. tdk tetap
          = 3.101.333 + 5.145.000
          = 8.246.333

          B. Produksi 1 thn
          = 3.101.333 + (5.145.000 x 12)
          = 61.740.000

          Pendapatan per Bulan    
    65 porsi/hr x Rp. 5.000
    = Rp.325.000 x 30 hr
    = Rp.9.750.000  

          Keuntungan Laba per Bulan
    = Total Pendapatan – Total Biaya Produksi
    = Rp. 9.750.000 –   8.246.333
    = Rp. 1.503.667

          Lama Balik modal
    = Total Investasi : Keuntungan
          = Rp. 2.862.000 : Rp 1.503.667
          =  2 bln








    BAB III
    PENUTUP

          Kesimpulan
                Tahu Bulat ini merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi isi. Produk kami ini bertujuan menjadikan masyarakat luas mengetahui jajanan kuliner khas Indonesia, salah satunya yaitu Tahu bulat isi serta menjadikan tahu bulat isi menjadi camilan yang berkelas dan membuat kesan rasa yang tidak monoton dengan aneka isi tahu bulat.
                 Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti, facebook, twitter. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.
                Dengan terselesaianya proposal ini, saya menyimpulkan beberapa hal yang berkaitan dengan usaha produksi makanan. Adapun kesimpulan tersebut adalah :
    1.      Perencanaan usaha yang matang sangat penting untuk memulai pendirian usaha.
    2.      Dalam pelaksanaan kegiatan industri ini di butuhkan keterampilan, kecermatan dan keuletan dalam melaksanakan kegiatan produksi, karena sasaran paling utama adalah panca indera perasa dimana mereka menemukan kepuasan rasa maka akan menguntungkan kita dalam kegiatan industri ini.
    3.       Selain itu pelayanan yang memuaskan akan menambah nilai penghargaan konsumen terhadap industri ini dan tidak akan berpaling ke lain produsen.
    4.      Kepuasan pelanggan merupakan tujuan terbesar industri ini.






    No comments:

    Post a Comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.