• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Tuesday 7 February 2017

    “BUSSINES PLAN LOVE IN TELO”




    BUSSINES PLAN LOVE IN TELO”
    MAKALAH

    Diajukan Untuk Memenuhi Salah Tugas
    Pada Mata Kuliah Kewirausahaan
    Dosen Pengampu : M. Taufik Abadi, M.M






    Oleh:
    1.    Dani Risqi K                       (2013114017)
    2.    Sinta Anisa Dewi                (2013114021)
    3.    Novia Sanches                    (2013114024)
    4.    Dwi Agustina                      (2013114057)
    5.    Siti Karomah                      (2013114205)
    6.    Suci Murniati                      (2013114291)
    KELAS F


    PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH JURUSAN SYARIAH
    SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
    PEKALONGAN
    2016
    DAFTAR ISI

    Cover ................................................................................................................     1
    Daftar Isi ..........................................................................................................     2
    A.  Latar Belakang .............................................................................................     3
    B.  Visi dan Misi ...............................................................................................     4
    C.  Bahan dan Alat Pembuatan Love in Telo......................................................    4
    D.  Cara Membuat Love in Telo .........................................................................     5
    E.   Aspek Manajemen .................................. ......................................................    5
    F.   Harga Pokok Produksi Love in Telo ..............................................................    5
    G.  Pendapatan dan Biaya Produksi Love in Telo ................................................   6
    H.  Harga Peralatan ............................................................................................     7  
    I.     Promosi Produk ...........................................................................................     7
    J.     Distribusi (Pemasaran) Produk ...................................................................      8
    K.  Analisis SWOT .............................................................................................     8




    A.      Latar Belakang
    Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karena pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
    Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha Love in Telo ini. Love in Telo adalah salah satu jenis cemilan tradisional Indonesia yang biasa disebut klenyem. Klenyem merupakan cemilan yang terbuat dari ketela pohon yang dikukus kemudian dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka dan gula pasir kemudian dibentuk bulat lalu digoreng. Sedangkan Love in Telo ini adalah klenyem yang kami variasikan dengan berbagai selai makanan seperti: selai cokelat, selai strawberry, selai kacang, selai blueberry, selai melon, dan selai lainnya, bisa juga dicampurkan dengan keju yang kemudian dibentuk hati (love). Bisa dikatakan Love in Telo ini memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, Love in Telo ini dapat dinikmati oleh semua umur dan semua kalangan.
    Love in Telo ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari. Love in Telo ini akan lebih enak apabila dimakan sambil minum kopi ataupun teh. Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk membuat produk klenyem cemilan tradisional Indonesia, dan atas kesepakatan bersama maka produk tersebut kami beri nama: LOVE IN TELO.



    B.       Visi dan Misi
    Visi :
                Menjadikan “Love in Telo” sebagai usaha terkenal dengan berbagai rasa dan bentuk yang unik untuk memuaskan para konsumen serta untuk mengembangkan kreatifitas dalam mengolah makanan terutama berbahan Ubi”.
    Misi : 
    1.    Meningkatkan kualitas dalam pengolahan ubi menjadi kue bronies.
    2.    Melayani konsumen sebaik mungkin.
    3.    Menyiapkan lokasi yang strategis dan nyaman bagi   pengunjung.

    C.      Bahan dan Alat Pembuatan Love in Telo
    Bahan-bahan Klenyem (untuk 150 butir):
    ·      Ketela pohon 5 kg
    ·      Tepung tapioka 1 kg
    ·      Gula pasir 1 kg
    ·      Minyak goreng 2 liter
    Bahan Isi Love in Telo:
    Berbagai macam selai (cokelat, strawberry, kacang, selai blueberry, selai melon, dan selai lainnya) dan keju.
    Alat yang dibutuhkan:
    ·      Kompor gas
    ·      Panci
    ·      Sendok
    ·      Mangkok ukuran besar
    ·      Parutan keju
    ·      Wajan
    ·      Codet
    ·      Serokan

    D.      Cara Membuat Love in Telo
    1.    Cuci ketela pohon sampai bersih, kemudian dikukus sampai tanak ± 30-45 menit.
    2.    Kemudian tiriskan dan kupas kulit ketela pohon yang sudah matang tersebut.
    3.    Ketela pohon yang sudah dikupas kulitnya kemudian dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka dan gula pasir sampai kalis dalam mangkuk besar.
    4.    Setelah kalis, bentuk adonan menjadi bentuk hati (love) yang diisi dengan selai maupun keju sambil memanaskan minyak di wajan.
    5.    Setelah minyak panas, goreng love in telo tersebut sampai warnanya kuning keemasan.
    6.    Kemudian, tiriskan love in telo tersebut dengan menggunakan serokan.
    7.    Sajikan love in telo tersebut dan love in telo siap untuk dijual.
    No
    Jam  dan waktu operasi
    Proses produksi
    1.
    07.00 - 08.30
    Belanja bahan-bahan untuk membuat Love in Telo dan Rainbow Telo Keju
    2.
    09.00 – 11.30
    Proses pencucian telo dan pengolahan/pembuatan Love in Telo dan Rainbow Telo Keju
    3.
    11.30 – 12.00
    Pencucian peralatan yang digunakan untuk proses  produksi
    4.
    12.00 – 13.00
    ISHOMA
    5.
    13.30 - Selesai
    Kegiatan usaha
    E.       Aspek Manajemen

    F.       Harga Pokok Produksi Love in Telo
    Harga Pokok Love in Telo Per Butir
    =  =  = Rp. 880,-
    Harga Jual Per Butir Love in Telo 75 butir isi selai cokelat         = Rp.   2.000,-
    Laba Per Butir Love in Telo isi selai cokelat                                = Rp.   1.120,-
    Laba Untuk 75 Butir Love in Telo isi selai cokelat
    (75 Butir x Rp. 1.120,-)                                                               = Rp. 84.000,-
    Harga Jual Per Butir Love in Telo 75 butir isi selai (blueberry, melon dan strawberry)                           = Rp.                                  1.500-,
    Laba Per Butir                                                                              = Rp.      620,-
    Laba untuk 75 Butir (75 Butir x Rp. 620,-)                                 = Rp. 46.500,-
    Total Laba Bersih Rp. 84.000,- + Rp. 46.500,-                           = Rp.130.500,-

    G.      Pendapatan dan Biaya Produksi Love in Telo
    a.    Pendapatan
    75 Butir Love in Telo isi selai cokelat
    75 x Rp. 2.000,-                                                                      =Rp. 150.000,-
    75 Butir Love in Telo isi selai (strawberry, blueberry, melon)
    75 x Rp. 1.500,-                                                                      =Rp. 112.500,-
    Total Pendapatan                                                                    =Rp. 262.500,-

    b.   Biaya Produksi
    1.    Biaya bahan baku
    ·      Ketela pohon 5 kg                          =  Rp. 25.000,-
    ·      Tepung tapioka 1 kg                       =  Rp.   8.000,-
    ·      Gula pasir 1 kg                               =  Rp. 13.000,-
    ·      Berbagai macam selai
    ++
    (untuk 150 Love in Telo)                =  Rp.25.000,-
    Jumlah                                                                        =  Rp. 71.000,-
    2.      Biaya bahan penolong
    ·      Minyak goreng                               =  Rp. 22.000,-
    ·     
    ++
    Gas                                                 =  Rp. 14.000,-
    Jumlah                                                                        =  Rp. 36.000,-
    3.     
    ++
    Biaya transport                                                                =  Rp. 25.000,-
    Total Biaya Produksi                                                       = Rp. 132.000,-       
    Jumlah Laba = Pendapatan - Biaya Produksi
    = Rp. 262.500,- - Rp. 132.000,- = Rp. 130.500,-
    H.      Harga Peralatan
    ·      Kompor gas                             = Rp. 150.000,-
    ·      Panci                                        = Rp.   35.000,-
    ·      Sendok                                                = Rp.   15.000,-/lusin
    ·      Mangkok ukuran besar            = Rp.   75.000,-
    ·      Parutan keju                            = Rp.   13.500,-
    ·      Wajan                                      = Rp.   39.000,-
    ·      Codet                                      = Rp.   17.000,-
    ·      Serokan                                   = Rp.   26.000,-
    Total Harga Peralatan                                                  = Rp. 370.500,-

    I.         Promosi Produk
    Promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian apabila mereka senang lalu membeli produk tersebut.
    Adapun alat-alat yang kami gunakan untuk mempromosikan produk kami yaitu:
    1.         Brosur
    Brosur merupakan salah satu alat pemasaran yang membantu para pelaku usaha untuk menginformasikan produk atau jasanya kepada para konsumen melalui secarik kertas atau selebaran. Biasanya brosur memuat isi berupa tulisan dan gambar yang dikemas dengan bentuk desain menarik, sehingga berhasil membuat calon konsumen semakin berminat dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
    2.         Publisitas, melalui online (social media)
    Dengan memanfaatkan sosial media yang sedang berkembang pesat, kami dapat menggunakan facebook, BBM, dan lain sebagainya untuk mempromosikan produk kami. Ini dianggap cukup efektif karena biaya sangat sedikit serta menghemat waktu, kami dapat mempromosikan produk kami dimanapun dan kapanpun.
    3.         Mouth to mouth
    Merekomendasikan produk ke orang lain, agar orang tersebut tertarik untuk membeli produk kami.
    4.         Personal selling
    Merupakan kegiatan untuk melakukan kontak langsung dengan paa calon konsumennya. Dari personal selling ini diharapkan terjadi hubungan atau interaksi yang positif antara pengusaha dengan calon konsumen karena kami dapat mengetahui keinginan dan selera konsumen.

    J.        Distribusi (Pemasaran) Produk
    1.         Kami menggunakan saluran distribusi langsung, dimana untuk menyalurkan produk yang dibeli oleh konsumen secara langsung ke tempat tinggal konsumen. Dengan demikian, maka diharapkan konsumen akan merasa puas karena konsumen tidak perlu lagi memikirkan untuk menuju tempat penjualan.
    2.         Saluran distribusi yang intensif, merupakan cara penyaluran dengan menggunakan penyalur yang sebanyak-banyaknya agar dapat menjangkau lokasi konsumen yang menyebar. Dalam hal ini dimana ada konsumen disana akan ada penyalur atau pedagang perantara kecil yang merupakan pedagang eceran untuk melayani konsumen yang membtuhkan produk kami.

    K.      Analisis SWOT
    Kami menggunakan analisis SWOT. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan "strengths” dan peluang "opportunities” namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan "weaknesses” dan ancaman "threats”. Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan. Dengan demikian perencanaan strategis harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan kekuatan, peluang,  kelemahan dan ancaman dalam kondisi yang ada pada saat ini, hal ini disebut dengan analisis situasi.
    1.         Kekuatan (Strengths)
    ·      Mempunyai perencanaan pemasaran yang baik.
    ·      Strategi promosi yang kami gunakan cukup lengkap, baik melalui brosur maupun sosial media, sehingga konsumen cepat mengenal produk dalam waktu singkat.
    ·      Kami aktif di social media, sehingga kedekatan konsumen selalu terjaga.
    ·      Memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin kesehatannya.
    ·      Produk ini murni produk baru sehingga masih suit ditemukan di pasaran.
    ·      Bahan baku produk ini udah didapat dan tanpa bahan pengawet.
    ·      Aman dikonsumsi untuk semua umur.
    ·      Pesanan bisa diantar sampai tujuan.
    2.         Kelemahan (Weaknesses)
    ·      Rendahnya respon pasar terhadap produk ini.
    ·      Meskipun terbuat dari bahan baku yang halal, tetapi belum mendapatkan sertifikat halal.
    ·      Produk ini tidak tahan lama.
    ·      Pembuatan produk masih manual.
    3.         Peluang (Opportunities)
    ·      Mendapat pelanggan dengan mudah.
    ·      Mendapat keuntungan maksimal.
    4.         Ancaman (Threats)
    ·      Adanya kenaikan bahan baku dan bahan kemasan.
    ·      Melemahnya daya beli konsumen.
    ·      Munculnya pesaing baru dengan produk yang lebih enak dan lebih inovatif.
    ·      Produk pesaing dengan harga yang lebih rendah.


    No comments:

    Post a Comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.