• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Tuesday 7 February 2017

    BUSINESS PLAN TA-KUBUR (TAHU KUBUR)




    PROPOSAL
    KEWIRAUSAHAAN
    BUSINESS PLAN TA-KUBUR (TAHU KUBUR)

    Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
    Pada Mata Kuliah Kewirausahaan
    Dosen Pengampu: M.Taufiq Abadi, MM











    Disusun Oleh:
    1.      Ina Yusfiana                      (2013114047)
    2.      Wulaida Fitri Akmala      (2013114093)
    3.      Septiana Riyanti                (2013114100)
    4.      Zuaima Fironiq                 (2013114349)
    Kelas B

    PROGRAM STUDI EKONOMI SYARI’AH
    JURUSAN SYARI’AH
    INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
    PEKALONGAN
    2016


    KATA PENGANTAR

    Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya penulisan proposal ini dapat diselesaikan. Penulis menyadari bahwa proposal ini sangat sederhana dan sungguh karena berkat limpahan rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan.
    Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan, Bapak M. Taufiq Abadi,MM. Yang turut membantu mengarahkan pembuatan proposal ini penyusunan proposal ini juga dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terima kasih.
                Kami menyadari bahwa proposal ini masih banyak terdapat kekurangan, sehingga dengan segala kerendahan hati kami mengharapkan kriti dan saran yang bersifat membangun demi lebih baiknya kinerja kami yang akan datang. Semoga proposal ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi semua pihak.
               


    Pekalongan, 2 Desember 2016


    Penulis,


    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR........................................................................................... i
    DAFTAR ISI................................................................................................... .... ii
    RINGKASAN EKSEKUTIF.......................................................................... .... 1
    Bab I : Pendahuluan
    A.           Latar Belakang Perusahaan..................................................................... .... 3
    Bab II : Aspek Pasar Dan Pemasaran
    A.           Analisis Pasar dan Pemasaran...................................................................... 4
    1.      Produk / Jasa Yang Dihasilkan......................................................... .... 4
    2.      Sasaran Pembeli...................................................................................... 4
    3.      Pesaing.............................................................................................. .... 4
    B.            Strategi Pemasaran ...................................................................................... 5
    1.      Karakteristik Produk.............................................................................. 5
    2.      Jalur Penjualan........................................................................................ 5
    3.      Promosi................................................................................................... 5
    4.      Analisis SWOT....................................................................................... 5
    5.      Target dan Segmentasi Pasar.................................................................. 7
    C.            Prospek Usaha......................................................................................... .... 7
    Bab III : Analisis Produksi
    A.           Lokasi Usaha................................................................................................ 8
    B.            Rencana Produksi......................................................................................... 8
    C.            Proses Produksi............................................................................................ 8
    D.           Jenis dan Jumlah Investasi yang diperlukan................................................. 9
    Bab IV : Aspek Organisasi dan Manajemen
    A.           Gambaran Umum Organisasi..................................................................... 10
    B.            Struktur Organisasi..................................................................................... 10
    C.            Uraian Jabatan............................................................................................ 10
    Bab V : Penutup
    Kesimpulan dan Saran......................................................................................... 11
    Lampiran.............................................................................................................. 12


    RINGKASAN EKSEKUTIF

    A.            Nama Perusahaan                                  : Ta-Kubur (Tahu Kubur)  
    B.            Nama Pemilik Perusahaan                     : Ina, Wulaida, Septi, Zuaima
    C.            Bidang Usaha                                        : Dagang  
    D.            Jumlah Tenaga Kerja                             : 4 Orang
    E.             Prospek Pengembangan Usaha             : Membuka outlet, Merekrut karyawan, Kerjasama dengan pengusaha cathering, memasuki pasar online.          
    F.             Proyeksi (Target) Nilai Penjualan          : 40 porsi per hari
    G.            Kebutuhan Dana                                   :Rp 73.000/produksi
    H.            Rencana Penggunaan Dana                   : untuk mengembangkan usaha tersebut.
    I.               Pemasaran
    1.             Produk yang Dipasarkan              : Tahu Kubur
    2.             Sasaran Konsumen                       : Dewasa
    3.             Wilayah Pemasaran                      : Gapuro, Kec. Warungasem kab,   Batang
    4.             Penetapan Harga Jual                   : Rp 3000 per biji
    J.              Produksi/Operasi
    1.             Kapasitas Produksi                      : 4000 Dus per Bulan dengan peningkatan produksi sebesar 10% tiap bulannya.
    2.             Ketersediaan Bahan Baku           : Bahan baku banyak tersedia karena disekitar lokasi penjualan terdapat pasar yang menjual tahu mentah sebagai bahan baku.
    3.             Fasilitas/ Sarana Produksi            : Bangunan untuk usaha dan peralatan lain.
    4.             Dampak Lingkungan                   : Tidak memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan karena tidak menghasilkan limbah atau zat berbahaya lainnya.


    K.            Keuangan
    a.       Bahan Baku :
    Tahu putih                                                Rp.5000,-
    Tepung chicken                                        Rp.8000,-
    Daun bawang                                           Rp. 5000-
    Wortel                                                      Rp. 5000,-
    Minyak goreng                                         Rp. 12000.-
    Sosis                                                         Rp. 5000.-      
    Telur puyuh                                              Rp. 7000,-
    Ayam                                                       Rp. 16000,-    
    Bakso                                                       Rp. 6000,-
    b.      Bumbu:
    Garam                                                      Rp. 2000,-
    Penyedap Rasa                                         Rp. 2000,-
    c.       Perhitungan keuntungan
    Harga jual : Rp.3000 x 40 porsi                           = Rp. 120.000 Harga Pokok Produk perunit :
    Harga beli bahan baku                             Rp. 69.000
    Harga bumbu                                           Rp.   4.000
    Jumlah      :                                                           = Rp.73.000 –
    Laba                                                                     = Rp.47000










    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.           Latar Belakang Usaha
    Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan  dengan sensasi pedas dengan rasa yang enak dan harga yang relatif murah namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifatnya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
    Dari pemikiran tersebut kami telah melakukan observasi lapangan mengenai peluang usaha yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu usaha penjualan Tahu Kubur yang pedas dengan aneka isi. Selain jenis makanan ini masih jarang ditawarkan, ketersediaan bahan baku dan cara pembuatan yang tidak terlalu sulit juga merupakan hal yang dapat dipertimbangkan agar kegiatan usaha ini layak untuk dijalankan.
    Dengan pengembangan konsep yang berbeda dengan jenis usaha lain yang sudah ada baik dari segi resep, penyajian, kemasan maupun nama dagang, kita akan memiliki kekuatan untuk mendatangkan minat pembeli agar tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Dengan penamaan Ta-Kubur dimaksudkan untuk menggambarkan bentuk tahu yang berisi sayuran dan aneka isi seperti sosis, ayam, telur puyuh, yang dibalur dengan tepung kentuky sehingga diibaratkan seperti kubur. Sensasi pedas dari Tahu Kubur akan terasa nikmat dengan krispi dari tepungnya.







    BAB II
    ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

    A.           Analisis Pasar dan Pesaing
    1.             Produk / Jasa Yang Dihasilkan
    Jenis produk yang dipasarkan adalah Tahu Kubur dengan aneka isi. Rasa tahu yang enak apabila dipadukan dengan jenis makanan lain seperti sosis, ayam, telur puyuh, dan bakso akan menciptakan cita rasa yang khas dan enak, ditambah dengan sensasi pedas di setiap gigitan akan menggoyang lidah konsumen.
    Beberapa jenis Tahu Kubur yang dapat dibuat antara lain Ta-Kusis (Tahu Kubur Isi Sosis), Ta-Kuyam (Tahu Kubur Isi Ayam), Ta-Kulur (Tahu Kubur Isi Telur Puyuh), Ta-Kubak (Tahu Kubur Isi Bakso).  
    Namun yang menjadi ciri khas Ta-Kubur adalah sensasi pedasnya, karena memiliki perpaduan rasa yang enak yaitu rasa gurih dari tahu crispy yang bercampur dengan rasa pedas membuat lidah bergoyang.
    2.             Sasaran Pembeli
    Sasaran pembeli atau konsumen Ta-Kubur ini adalah maysrakat yang menyukai selera pedas. Khususnya mahasiswa sekitar kampus IAIN Pekalongan.
    3.             Pesaing
    Pesaing dari produk Ta-Kubur yang kami jual tidak terlalu banyak, karena kami tergolong produk yang baru dan belum banyak penawaran dari perusahaan lain. Namun pesaing muncul dari perusahaan atau perseorangan yang menjual tahu goreng dengan konsep yang sudah banyak ditawarakan lebih dulu misalnya penjual Tahu Bulat, Tahu Pocong, dan lain-lain. Disekitar lokasi belum ada penjual makanan tahu goreng apapun.  Namun kami tetap mensiasati untuk menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal tapi dari segi rasa, kualitas, dan kemasan, produk kami lebih unggul.
    B.            Strategi Pemasaran
    1.             Karakteristik Produk
    Produk yang kita produksi dikemas dengan kemasan mika, mutu dan kebersihannya terjamin dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen. Ukuran kemasan proporsional dan telah disesuaikan dengan kapasitas isinya sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain produk yang telah dikemas, kami juga menyediakan produk eceran yang dijual per buah dan dapat dinikmati di tempat yang telah kami sediakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen sehingga mereka mau membeli kembali produk yang kami jual.
    2.             Jalur Penjualan
    Jalur penjualan dapat dilakuakan dengan cara datang langsung ke lokasi penjualan atau kami membuka layanan delivery order dengan memesan terlebih dahulu melalui nomor telepon perusahaan dengan ketentuan minimal pesanan sebanyak 5 bungkus dan tidak dikenakan ongkos kirim untuk pemesan satu wilayah dengan perusahaan.
    3.             Promosi
    Promosi dilakukan dengan beberapa cara yaitu memperkenalkan ke berbagai kalangan mulai dari anak-anak maupun orang dewasa. Selanjutnya menawarkan berbagai varian isi Ta-Kubur yang terdiri dari 4 varian yaitu : Bakso, Sosis, Ayam, dan Telur Puyuh. Selain itu dalam periode minggu pertama pelaksanaan usaha promosi dengan cara pemberian bonus. Ketentuan bonus yaitu setiap pembelian 5 bungkus Ta-Kubur rasa apa saja akan mendapatkan 1 bungkus Ta-Kubur gratis.  
    4.             Analisis Persangan Usaha (SWOT)
    Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategi yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan (stregth), Kelemahan (Weakness), Kesempatan (Opportunties), Ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis. Analisis SWOT dari produk Ta-Kubur yairu:
    1.             Stregth / Kekuatan
    Kekuatan/keunggulan dari produk Ta-Kubur yaitu tentang inovasi yang membuat produk ini berbeda dari yang lain, melalui penciptaan rasa, bentuk, dan harga  yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera masyarakat masa kini membuat Ta-kubur akan menjadi produk yang banyak digemari.
    2.             Weakness / Kelemahan
    Terlepas dari keunggulan yang produk Ta-kubur miliki, namun Ta-Kubur juga memiliki kelemehan dimana karena produk ini masih tergolong produk baru dan banyak produk lain (pesaing) yang lebih dulu eksis dalam segmen pasarnya, kemudian dari segi ketahanan produk , karena produk Ta-Kubur ini tanpa pengawet maka sekali bikin harus habis.
    3.             Opportunities / Kesempatan
    Kesempatan yang dimiliki produk Ta-Kubur ini adalah menguasai pangsa pasar, dimana kebanyakan anak muda zaman sekarang lebih menyukai jajanan kecil terutama yang mempunyai varian rasa untuk cemilan ngobrol mereka. Sedangkan pesaing hanya memproduksi satu jenis varian dan bentuk yang itu-itu saja. Hal ini akan dijadikan peluang oleh kami dimana kami akan menciptakan berbagai bentuk Ta-Kubur untuk menarik minat mereka terutama kalangan muda.
    4.             Threats / Ancaman
    Ancaman yang dimiliki oleh produk Ta-kubur ini dapat digolongkan kedalam anacaman yang umum terjadi pada berbagai produk, dimana pesaing akan menciptakan produk yang sama bahkan yang lebih unggul dan lebih menrik dari produk ini.

    5.      Target dan Segmentasi Pasar
    a.       Geografi
    Kami menargetkan usaha kami di wilayah tempat tinggal kami yaitu sekitar pekalongan khususnya wilayah kampus IAIN pekalongan.
    b.      Demografi
    Berdasarkan kondisi demografis, kami menjualnya di sekitar tempat tinggal kami untuk mempermudah promosi penjualan produk kami,
    C.            Prospek Usaha
    Bisnis yang kami jalani ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang, karena sat ini banyak pencinta kuliner yang menyukai tantangan dimana mereka mencari jajanan yang berbeda dari biasanya, selain cita rasa mereka juga mencari makanan yang bukan hanya sekedar jajanan kecil namun juga dapat mengenyangkan. Disini Ta-Kubur hadir untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan varian rasa dan bentuk yang disajikan serta harga yang sesuai dengan isi kantong menjadikan produk ini primadona yang banyak baik dikalangan anak muda maupun anak kecil.



    BAB III
    ANALISIS PRODUKSI
    A.           Lokasi Usaha
    Untuk menjual produk Ta-Kubur, kami memilih lokasi yang strategis dan banyak calon pembelinya karena berada di jalan yang ramai tepatnya di pertigaan lampu merah. Sehingga pada saat lampu berwarna mera masyarkat akan berhenti sejenak dan seketika melihat produk kami. Hal ini akan menarik rasa penasaran masyarakat.
    B.            Rencana Produksi
    Untuk mengidentifikasi portofolio produk-produk yang dkembangkan dan waktu pengenalan pasar. Proses perenacanaan mempertimbangkan peluang-peluang pengambangan produk, yang diidentifikasi oleh banyak sumber, mecakup usulan bagian pemasaran, pelanggan, tim pengembagan produk dan analisis keunggulan para  pesaing.
    C.            Proses Produksi
    Produk Tahu Ta-Kubur dibuat secara manual dengan menggunakan tangan manusia dengan cara meracik bumbu dan isi tahu dengan resep yang sudah ada kemudian dimasukkan ke dalam tepung kentuky setelah itu tahu digoreng sampai kering dan ditiriskan. Tahu yang sudah tidak berminyak kemudian dikemas dan disortir berdasarkan varian isinya sehingga memudahkan dalam menangani pembeli.
    Cara membuat Ta-kubur:
    1.      Siapkan semua bahan yang terdiri dari
    a.       Tahu putih
    b.      Campuran isian berupa wortel, toge, bawang merah, cabe, daun bawang, dan bumbu penyedap.
    c.       Telur puyuh, Bakso, Sosis, dan Ayam
    d.      Tepung instan Sajiku.
    2.      Campurkan semua bahan isian
    3.      Belah tahu agar mudah untuk memasukkan isian, selanjutnya masukkan semua isian.
    4.      Lumuri tahu isi menggunakan tepung Sajiku
    5.      Siapkan minyak yang cukup panas.
    6.      Goreng tahu sampai warnanya berubah menjadi agak kecoklatan.
    7.      Setelah warnanya berubah angkat tahu dan tiriskan

    D.           Jenis dan Jumlah Investasi yang Diperlukan
    1.             Bangunan (Milik Sendiri)                                    : Rp -
    2.             Utilitas/ Sarana
    a.             Pemasangan Instalasi Listrik                      : Rp 500.000,00
    3.             Peralatan
    a.             Etalase                                                        : Rp 1.000.000,00
    b.             Kompor, Wajan                                          : Rp 400.000,00
    c.             Meja dan Kursi                                           : Rp 500.000,00
    d.            MMT                                                           : Rp 100.000,00
    4.             Bahan Baku dan Bahan Pembantu                      : Rp 73.000,00
    5.             Tenaga Kerja Langsung
    Upah Tenaga Kerja                                              : Rp 20.0000,00         












    BAB IV
    ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
    A.           Gambaran Umum Organisasi
    Nama Perusahaan                      :Ta-Kubur                   
    Nama Pemilik                            :WISMA (Wulaida, Ina, Septi, Zuaima)
    Alamat Tempat Usaha               :Ds. Gapuro, Kec. Warungasem Kab. Batang
    Bentuk Badan Usaha                :Dagang
    Tahun Berdiri                            :2016
    B.            Struktur Organisasi
    1.             Pemilik                             :Ta-Kubur
    2.             Manajer                            :Wulaida Fitri Akmala
    3.             Keuangan                         :Ina Yusfiana
    4.             Produksi dan Pemasaran  :Septiana Riyanti
    5.             Karyawan                         :Zuaima Fironiq
    C.            Uraian Jabatan
    No.
    Jabatan
    Uraian Tugas Pokok
    1
    Pemilik
    Menentukan kebijakan perusahaan termasuk penanaman modal.
    2
    Manajer
    Mengawasi dan mengontrol jalannya perusahaan dan menentukan strategi usaha yang akan dilakukan.
    3
    Produksi dan Pemasaran
    Bertanggung jawab terhadap proses produksi dan menentukan strategi pemasaran yang sesuai.
    4
    Keuangan
    Bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan perusahaan dan menjaga harta kekayaan perusahaan.
    5
    Karyawan
    Melaksanakan proses produksi dan melayani pelanggan.





    BAB V
    PENUTUP

    A.           Kesimpulan
    Pemberian nama yang berinovatif pada usaha Ta-Kubur ini. Memberikan sesuatu yang berbeda dengan yang lain serta layanan baik dapat membuat usaha ini semakin dilirik dan bahkan dapat berkembang luas. Selalu memilki inovasi yang baru agar tidak kalah besaing  dengan usaha lain. Menjual jajanan sesuai kebutuhan, serta pas dikatong masyarat dan Mahasiswa IAIN Pekalongan.
    B.            Saran
    1.             Pemerintah harus terus mendukung berbagai usaha kuliner yang ada di Indonesia ini, karena hal tersebut secara tidak langsung dapat membantu tugas pemerintah sendiri dalam menanggulangi masalah pengangguran yang semakin meningkat di Indonesia, serta menambah pemasukan dana dari daerah setempat.
    2.             Sebaiknya para pedagang memiliki ciri khas sendiri dari usahanya agar gampang di ingat atau dikenal orang banyak.
    3.             Untuk para pengusaha  kuliner makanan Indonesia sebaiknya menciptakan kreasi-kreasi makanan yang tidak melupakan ciri khas Indonesia  agar  dapat menambah nilai saing  dengan kuliner makanan negara asing yang sudah merajalela di negara tercinta kita ini.










    LAMPIRAN

    No comments:

    Post a Comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.