PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN
BUSINESS PLAN TA-KUBUR (TAHU
KUBUR)
Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Pada Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu:
M.Taufiq Abadi, MM
Disusun Oleh:
1.
Ina Yusfiana (2013114047)
2.
Wulaida Fitri Akmala (2013114093)
3.
Septiana Riyanti (2013114100)
4.
Zuaima Fironiq (2013114349)
Kelas B
PROGRAM
STUDI EKONOMI SYARI’AH
JURUSAN
SYARI’AH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PEKALONGAN
2016
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena atas rahmat
dan karunia-Nya penulisan proposal ini dapat diselesaikan. Penulis menyadari
bahwa proposal ini sangat sederhana dan sungguh karena berkat limpahan
rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini untuk memenuhi
tugas mata kuliah Kewirausahaan.
Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih yang mendalam
kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan, Bapak M. Taufiq Abadi,MM. Yang
turut membantu mengarahkan pembuatan proposal ini penyusunan proposal ini juga
dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis
mengucapkan banyak terima kasih.
Kami menyadari bahwa proposal ini
masih banyak terdapat kekurangan, sehingga dengan segala kerendahan hati kami
mengharapkan kriti dan saran yang bersifat membangun demi lebih baiknya kinerja
kami yang akan datang. Semoga proposal ini dapat memberikan tambahan ilmu
pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi semua pihak.
Pekalongan, 2 Desember 2016
Penulis,
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR........................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................... .... ii
RINGKASAN
EKSEKUTIF.......................................................................... .... 1
Bab I :
Pendahuluan
A.
Latar Belakang Perusahaan..................................................................... .... 3
Bab II : Aspek Pasar Dan
Pemasaran
A.
Analisis Pasar dan Pemasaran...................................................................... 4
1. Produk /
Jasa Yang Dihasilkan......................................................... .... 4
2. Sasaran Pembeli...................................................................................... 4
3. Pesaing.............................................................................................. .... 4
B.
Strategi Pemasaran ...................................................................................... 5
1.
Karakteristik Produk.............................................................................. 5
2.
Jalur Penjualan........................................................................................ 5
3.
Promosi................................................................................................... 5
4.
Analisis SWOT....................................................................................... 5
5.
Target dan Segmentasi Pasar.................................................................. 7
C.
Prospek Usaha......................................................................................... .... 7
Bab III : Analisis
Produksi
A.
Lokasi Usaha................................................................................................ 8
B.
Rencana Produksi......................................................................................... 8
C.
Proses Produksi............................................................................................ 8
D.
Jenis dan Jumlah Investasi yang
diperlukan................................................. 9
Bab IV :
Aspek Organisasi dan Manajemen
A.
Gambaran Umum Organisasi..................................................................... 10
B.
Struktur Organisasi..................................................................................... 10
C.
Uraian Jabatan............................................................................................ 10
Bab V :
Penutup
Kesimpulan
dan Saran......................................................................................... 11
Lampiran.............................................................................................................. 12
RINGKASAN EKSEKUTIF
A.
Nama Perusahaan : Ta-Kubur (Tahu Kubur)
B.
Nama Pemilik Perusahaan : Ina, Wulaida, Septi, Zuaima
C.
Bidang Usaha : Dagang
D.
Jumlah Tenaga Kerja : 4 Orang
E.
Prospek
Pengembangan Usaha : Membuka outlet, Merekrut karyawan, Kerjasama dengan pengusaha cathering,
memasuki pasar online.
F.
Proyeksi
(Target)
Nilai Penjualan : 40 porsi per hari
G.
Kebutuhan
Dana :Rp 73.000/produksi
H.
Rencana
Penggunaan Dana : untuk
mengembangkan usaha tersebut.
I.
Pemasaran
1.
Produk yang Dipasarkan : Tahu Kubur
2.
Sasaran Konsumen : Dewasa
3.
Wilayah Pemasaran : Gapuro, Kec. Warungasem kab,
Batang
4.
Penetapan Harga Jual : Rp 3000 per biji
J.
Produksi/Operasi
1.
Kapasitas Produksi : 4000 Dus per Bulan dengan
peningkatan produksi sebesar 10% tiap bulannya.
2.
Ketersediaan Bahan Baku : Bahan baku banyak
tersedia karena disekitar lokasi penjualan terdapat pasar yang menjual tahu mentah sebagai bahan baku.
3.
Fasilitas/ Sarana Produksi : Bangunan untuk usaha dan peralatan lain.
4.
Dampak Lingkungan : Tidak memberikan dampak
yang buruk terhadap lingkungan karena tidak menghasilkan limbah atau zat
berbahaya lainnya.
K.
Keuangan
a.
Bahan
Baku :
Tahu
putih Rp.5000,-
Tepung
chicken Rp.8000,-
Daun
bawang Rp. 5000-
Wortel Rp. 5000,-
Minyak
goreng Rp. 12000.-
Sosis Rp. 5000.-
Telur
puyuh Rp. 7000,-
Ayam Rp. 16000,-
Bakso Rp. 6000,-
b.
Bumbu:
Garam
Rp. 2000,-
Penyedap
Rasa Rp. 2000,-
c.
Perhitungan
keuntungan
Harga
jual : Rp.3000 x 40 porsi =
Rp. 120.000 Harga Pokok Produk perunit :
Harga
beli bahan baku Rp. 69.000
Harga
bumbu Rp. 4.000
Jumlah
: =
Rp.73.000 –
Laba
=
Rp.47000
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Usaha
Pada saat ini banyak sekali masyarakat
yang lebih menyukai makanan
dengan sensasi pedas dengan rasa yang enak dan
harga yang relatif murah namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi
permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang
sifatnya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat
menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Dari pemikiran tersebut kami telah
melakukan observasi lapangan mengenai peluang usaha yang dapat dilakukan. Salah
satunya yaitu usaha penjualan Tahu Kubur yang pedas dengan aneka isi. Selain jenis makanan ini masih
jarang ditawarkan, ketersediaan bahan baku dan cara pembuatan yang tidak
terlalu sulit juga merupakan hal yang dapat dipertimbangkan agar kegiatan usaha
ini layak untuk dijalankan.
Dengan pengembangan konsep yang berbeda dengan jenis
usaha lain yang sudah ada baik dari segi resep, penyajian, kemasan maupun nama dagang,
kita akan memiliki kekuatan untuk mendatangkan minat pembeli agar tertarik
dengan produk yang kita tawarkan. Dengan penamaan Ta-Kubur dimaksudkan untuk
menggambarkan bentuk tahu yang berisi sayuran dan aneka isi seperti sosis,
ayam, telur puyuh, yang dibalur dengan tepung kentuky sehingga diibaratkan
seperti kubur. Sensasi pedas dari Tahu Kubur akan terasa nikmat dengan krispi
dari tepungnya.
BAB II
ASPEK PASAR DAN
PEMASARAN
A.
Analisis Pasar dan Pesaing
1.
Produk / Jasa Yang
Dihasilkan
Jenis produk yang dipasarkan adalah
Tahu Kubur dengan aneka isi. Rasa tahu yang enak apabila dipadukan dengan jenis
makanan lain seperti sosis, ayam, telur puyuh, dan bakso akan menciptakan cita
rasa yang khas dan enak, ditambah dengan sensasi pedas di setiap gigitan akan
menggoyang lidah konsumen.
Beberapa jenis Tahu Kubur yang dapat
dibuat antara lain Ta-Kusis (Tahu Kubur Isi Sosis), Ta-Kuyam (Tahu Kubur Isi
Ayam), Ta-Kulur (Tahu Kubur Isi Telur Puyuh), Ta-Kubak (Tahu Kubur Isi Bakso).
Namun yang menjadi ciri khas Ta-Kubur
adalah sensasi pedasnya, karena memiliki perpaduan rasa yang enak yaitu rasa
gurih dari tahu crispy yang bercampur dengan rasa pedas membuat lidah
bergoyang.
2.
Sasaran Pembeli
Sasaran pembeli atau konsumen Ta-Kubur
ini adalah maysrakat yang menyukai selera pedas. Khususnya mahasiswa sekitar
kampus IAIN Pekalongan.
3.
Pesaing
Pesaing dari
produk Ta-Kubur yang kami jual tidak terlalu banyak, karena kami tergolong
produk yang baru dan belum banyak penawaran dari perusahaan lain. Namun pesaing
muncul dari perusahaan atau perseorangan yang menjual tahu goreng dengan konsep
yang sudah banyak ditawarakan lebih dulu misalnya penjual Tahu Bulat, Tahu
Pocong, dan lain-lain. Disekitar lokasi belum ada penjual makanan tahu goreng
apapun. Namun kami tetap mensiasati untuk
menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal tapi dari segi rasa,
kualitas, dan kemasan, produk kami lebih unggul.
B.
Strategi Pemasaran
1.
Karakteristik Produk
Produk yang kita produksi dikemas
dengan kemasan mika, mutu dan
kebersihannya terjamin dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen. Ukuran kemasan
proporsional dan telah disesuaikan dengan kapasitas isinya sehingga mudah untuk
dibawa kemana-mana. Selain produk yang telah dikemas, kami juga menyediakan
produk eceran yang dijual per buah dan dapat dinikmati di tempat yang telah
kami sediakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen
sehingga mereka mau membeli kembali produk yang kami jual.
2.
Jalur Penjualan
Jalur penjualan
dapat dilakuakan dengan cara datang langsung ke lokasi penjualan atau kami
membuka layanan delivery order dengan memesan terlebih dahulu melalui nomor
telepon perusahaan dengan ketentuan minimal pesanan sebanyak 5 bungkus dan
tidak dikenakan ongkos kirim untuk pemesan satu wilayah dengan perusahaan.
3.
Promosi
Promosi dilakukan dengan beberapa cara yaitu
memperkenalkan ke berbagai kalangan mulai dari anak-anak maupun orang dewasa. Selanjutnya menawarkan berbagai varian
isi Ta-Kubur yang terdiri dari 4 varian yaitu : Bakso, Sosis, Ayam, dan Telur
Puyuh. Selain itu dalam periode minggu pertama pelaksanaan usaha promosi dengan
cara pemberian bonus. Ketentuan bonus yaitu setiap pembelian 5 bungkus Ta-Kubur rasa apa saja akan
mendapatkan 1 bungkus Ta-Kubur gratis.
4.
Analisis Persangan Usaha (SWOT)
Analisis SWOT adalah metode perencanaan
strategi yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan (stregth), Kelemahan
(Weakness), Kesempatan (Opportunties), Ancaman (Threats) dalam suatu proyek
atau spekulasi bisnis. Analisis SWOT dari produk Ta-Kubur yairu:
1.
Stregth / Kekuatan
Kekuatan/keunggulan
dari produk Ta-Kubur yaitu tentang inovasi yang membuat produk ini berbeda dari
yang lain, melalui penciptaan rasa, bentuk, dan harga yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera
masyarakat masa kini membuat Ta-kubur akan menjadi produk yang banyak digemari.
2.
Weakness / Kelemahan
Terlepas dari
keunggulan yang produk Ta-kubur miliki, namun Ta-Kubur juga memiliki kelemehan
dimana karena produk ini masih tergolong produk baru dan banyak produk lain
(pesaing) yang lebih dulu eksis dalam segmen pasarnya, kemudian dari segi
ketahanan produk , karena produk Ta-Kubur ini tanpa pengawet maka sekali bikin
harus habis.
3.
Opportunities / Kesempatan
Kesempatan yang
dimiliki produk Ta-Kubur ini adalah menguasai pangsa pasar, dimana kebanyakan
anak muda zaman sekarang lebih menyukai jajanan kecil terutama yang mempunyai
varian rasa untuk cemilan ngobrol mereka. Sedangkan pesaing hanya memproduksi
satu jenis varian dan bentuk yang itu-itu saja. Hal ini akan dijadikan peluang
oleh kami dimana kami akan menciptakan berbagai bentuk Ta-Kubur untuk menarik
minat mereka terutama kalangan muda.
4.
Threats / Ancaman
Ancaman yang
dimiliki oleh produk Ta-kubur ini dapat digolongkan kedalam anacaman yang umum
terjadi pada berbagai produk, dimana pesaing akan menciptakan produk yang sama
bahkan yang lebih unggul dan lebih menrik dari produk ini.
5. Target dan
Segmentasi Pasar
a. Geografi
Kami
menargetkan usaha kami di wilayah tempat tinggal kami yaitu sekitar pekalongan
khususnya wilayah kampus IAIN pekalongan.
b. Demografi
Berdasarkan
kondisi demografis, kami menjualnya di sekitar tempat tinggal kami untuk
mempermudah promosi penjualan produk kami,
C.
Prospek Usaha
Bisnis yang
kami jalani ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang, karena sat ini banyak
pencinta kuliner yang menyukai tantangan dimana mereka mencari jajanan yang
berbeda dari biasanya, selain cita rasa mereka juga mencari makanan yang bukan
hanya sekedar jajanan kecil namun juga dapat mengenyangkan. Disini Ta-Kubur
hadir untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan varian rasa dan bentuk yang
disajikan serta harga yang sesuai dengan isi kantong menjadikan produk ini
primadona yang banyak baik dikalangan anak muda maupun anak kecil.
BAB III
ANALISIS PRODUKSI
A.
Lokasi Usaha
Untuk menjual
produk Ta-Kubur, kami memilih lokasi yang strategis dan banyak calon pembelinya
karena berada di jalan yang ramai tepatnya di pertigaan lampu merah. Sehingga
pada saat lampu berwarna mera masyarkat akan berhenti sejenak dan seketika
melihat produk kami. Hal ini akan menarik rasa penasaran masyarakat.
B.
Rencana Produksi
Untuk
mengidentifikasi portofolio produk-produk yang dkembangkan dan waktu pengenalan
pasar. Proses perenacanaan mempertimbangkan peluang-peluang pengambangan
produk, yang diidentifikasi oleh banyak sumber, mecakup usulan bagian
pemasaran, pelanggan, tim pengembagan produk dan analisis keunggulan para pesaing.
C.
Proses Produksi
Produk Tahu Ta-Kubur dibuat secara
manual dengan menggunakan tangan manusia dengan cara meracik bumbu dan isi tahu
dengan resep yang sudah ada kemudian dimasukkan ke dalam tepung kentuky setelah
itu tahu digoreng sampai kering dan ditiriskan. Tahu yang sudah tidak berminyak
kemudian dikemas dan disortir berdasarkan varian isinya sehingga memudahkan
dalam menangani pembeli.
Cara membuat Ta-kubur:
1.
Siapkan semua bahan yang terdiri dari
a.
Tahu putih
b.
Campuran isian berupa wortel, toge, bawang merah, cabe,
daun bawang, dan bumbu penyedap.
c.
Telur puyuh, Bakso, Sosis, dan Ayam
d.
Tepung instan Sajiku.
2.
Campurkan semua bahan isian
3.
Belah tahu agar mudah untuk memasukkan isian, selanjutnya
masukkan semua isian.
4.
Lumuri tahu isi menggunakan tepung Sajiku
5.
Siapkan minyak yang cukup panas.
6.
Goreng tahu sampai warnanya berubah menjadi agak
kecoklatan.
7.
Setelah warnanya berubah angkat tahu dan tiriskan
D.
Jenis dan Jumlah Investasi yang Diperlukan
1.
Bangunan (Milik Sendiri) :
Rp -
2.
Utilitas/
Sarana
a.
Pemasangan Instalasi Listrik : Rp 500.000,00
3.
Peralatan
a.
Etalase : Rp 1.000.000,00
b.
Kompor, Wajan : Rp 400.000,00
c.
Meja dan Kursi : Rp 500.000,00
d.
MMT : Rp 100.000,00
4.
Bahan Baku dan Bahan Pembantu : Rp 73.000,00
5.
Tenaga Kerja Langsung
Upah Tenaga
Kerja : Rp 20.0000,00
BAB IV
ASPEK ORGANISASI
DAN MANAJEMEN
A.
Gambaran Umum Organisasi
Nama Perusahaan :Ta-Kubur
Nama Pemilik :WISMA (Wulaida, Ina, Septi, Zuaima)
Alamat Tempat
Usaha :Ds. Gapuro, Kec. Warungasem Kab. Batang
Bentuk Badan
Usaha :Dagang
Tahun Berdiri :2016
B.
Struktur
Organisasi
1.
Pemilik :Ta-Kubur
2.
Manajer :Wulaida Fitri Akmala
3.
Keuangan :Ina Yusfiana
4.
Produksi dan Pemasaran :Septiana Riyanti
5.
Karyawan :Zuaima Fironiq
C.
Uraian Jabatan
No.
|
Jabatan
|
Uraian Tugas
Pokok
|
1
|
Pemilik
|
Menentukan
kebijakan perusahaan termasuk penanaman modal.
|
2
|
Manajer
|
Mengawasi dan
mengontrol jalannya perusahaan dan menentukan strategi usaha yang akan
dilakukan.
|
3
|
Produksi dan Pemasaran
|
Bertanggung
jawab terhadap proses produksi dan menentukan strategi pemasaran yang sesuai.
|
4
|
Keuangan
|
Bertanggung
jawab terhadap pengelolaan keuangan perusahaan dan menjaga harta kekayaan
perusahaan.
|
5
|
Karyawan
|
Melaksanakan
proses produksi dan melayani pelanggan.
|
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pemberian nama
yang berinovatif pada usaha Ta-Kubur ini. Memberikan sesuatu yang berbeda
dengan yang lain serta layanan baik dapat membuat usaha ini semakin dilirik dan
bahkan dapat berkembang luas. Selalu memilki inovasi yang baru agar tidak kalah
besaing dengan usaha lain. Menjual
jajanan sesuai kebutuhan, serta pas dikatong masyarat dan Mahasiswa IAIN
Pekalongan.
B.
Saran
1.
Pemerintah harus terus mendukung berbagai usaha kuliner
yang ada di Indonesia ini, karena hal tersebut secara tidak langsung dapat
membantu tugas pemerintah sendiri dalam menanggulangi masalah pengangguran yang
semakin meningkat di Indonesia, serta menambah pemasukan dana dari daerah
setempat.
2.
Sebaiknya para pedagang memiliki ciri khas sendiri dari
usahanya agar gampang di ingat atau dikenal orang banyak.
3.
Untuk para pengusaha kuliner makanan Indonesia
sebaiknya menciptakan kreasi-kreasi makanan yang tidak melupakan ciri khas
Indonesia agar dapat menambah nilai saing dengan kuliner
makanan negara asing yang sudah merajalela di negara tercinta kita ini.
LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment