MAKALAH
BUSSINESS PLAN
@XIAOMIYI_PKLGN
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen
Pengampu: M. Taufiq Abadi, M.M
Disusun Oleh:
Siti Khotimah 2013114046
Hanum Salsabila 2013114050
Hidayatul
Karima 2013114059
M. Fuaidi Kirom 2013114066
M. Syakir
Kurniawan 2013114082
M. Edi Saputro 2013114271
Kelas A
PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH
JURUSAN SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PEKALONGAN
2016
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL
DAFTAR
ISI..................................................................................................
i
KATA
PENGANTAR...................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................
1
A.
Latar
Belakang Bisnis............................................................................
1
B.
Tujuan....................................................................................................
1
C.
Potensi
Bisnis........................................................................................
2
D.
Profil
Perusahaan...................................................................................
2
BAB II ANALISIS PRODUK......................................................................
3
A.
Struktur
Organisasi................................................................................
3
B.
Analisis
Produk....................................................................................
3-5
C.
Analisis
SWOT....................................................................................
5-7
PENUTUP....................................................................................................... 8
LAMPIRAN
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan
nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehinga
penulis dapat menyelesaikan makalah ini pada mata kuliah “Kewirausahaan”.
Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad
SAW yang telah memberikan pedoman hdup yakni Al-Qur’an dan Sunnah untuk
keselamatan umat manusia di dunia.
Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah
Kewirausahaan di program studi Ekonomi Syariah STAIN Pekalongan. Selanjutnya
penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak M. Taufiq
Abadi, MM. Ag selaku dosen pengampu mata kuliah Ekonomi Makro Islam dan kepada
segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan
paper ini.
Pekalongan, Desember 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Bisnis
Masa digitalisasi sudah menjamur dan menjadi trend masyarakat
Indonesia saat ini. Trend “narsisme” menjadi dampak dari era digitalisasi ini.
Banyak masyarakat yang berlomba menampilkan foto ataupun video mereka sebagai
salah satu cara untuk mengaktualisasikan diri dalam dunia maya. Masyarakat sekarang tidak bisa lepas dari
kegiatan “narsisme” seperti selfie, dan sebagainya. Banyak dari
masyarakat juga berlomba menampilkan gambar mereka baik dari kamera ponsel,
camdik, SLR, dan alat pengambil foto lainnya. Ini
menjadikan salah satu dasar pemikiran kami untuk membentuk sebuah usaha rental
kamera.
Bisnis rental kamera merupakan salah satu jenis usaha
yang peluangnya sangat menjanjikan. Bisnis ini masih memiliki potensi
kesuksesan yang bagus. Dilihat dari pangsa pasarnya, bisnis ini tidak akan yang
namanya kekurangan konsumen. Sebab, konsumen dari bisnis ini dinilai sudah
cukup beragam, mulai dari anak muda, pelajar, mahasiswa, orang dewasa, dan orang yang hobi jalan-jalan (traveler). Belum lagi dengan beberapa kegiatan yang
selalu membutuhkan dokumentasi, seperti halnya acara pernikahan dan acara-acara
lainya. Dan semua itu berpeluang menjadi pelanggan tetap usaha ini. Artinya,
bisnis ini memiliki prospek kesuksesan bagi pelakunya. Dengan bahasa lain bisa
dikatakan bahwa pelaku bisnis mampu mengabadikan laba dengan rental
kamera.
B.
Tujuan
Laporan
Bussiness Plan ini bertujuan untuk:
1.
Memenuhi
tugas mata kuliah Kewirausahaan
2.
Menambah
pengetahuan kepada mahasiswa di bidang kewirausahaan
3.
Mengubah
pemikiran mahasiswa bahwa dunia kerja tidak hanya sebagai pegawai tetap
C.
Potensi
Bisnis
Bisnis ini memiliki peluang yang menjanjikan. Peluang dalam bisnis
ini dapat menjadi pangsa pasar dalam hal teknologi. Hal ini dikarenakan konsumen
dalam bisnis ini adalah anak muda yang ingin selalu mengikuti trend dan masih
ingin mengaktualisasikan dirinya. Apalagi gaya hidup anak muda saat ini yang
cenderung menyukai traveling atau sekedar mengabadikan moment kegiatan
sehari-harinya dan mengunggahnya ke media sosial. Selain itu dipekirakan siklus
hidup dari bisnis ini relative lama apabila dilihat dari segmentasi konsumenya.
D.
Profil
Perusahaan
@Xiaomiyi_pklgn merupakan sebuah usaha rental kamera yang berada di Pekalongan. Awalnya dari hobi dan iseng, lalu jadilah
sebuah bisnis. Usaha ini menyewakan action cam yang sangat cocok untuk para
muda yang suka sekali berselfie dan narsis di lokasi tempat tertentu (hits). Selain
menyewakan @Xiaomiyi_pklgn
juga menjual Action Cam tersebut. Selain action
cam juga menyewakan kamera DSLR. Usaha ini beralamat di Desa Rowoyoso, belakang kantor Kelurahan desa
Rowoyoso No. 4, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan.
BAB
II
ANALISIS
USAHA
A. Struktur Organisasi @Xiaomiyi_pklgn
Direktur
: M. Syakir K
Sekretaris : Hanum Salsabila
Bendahara : Hidayatul Karima
Manajer SDM : Siti Khotimah
Manajer
Pemasaran : M. Fuaidi Kirom
B.
Analisis
Produk
Produk yang ditawarkan dalam bisnis ini adalah penyewaan kamera,
jenis kamera yang ditawarkan yaitu action camera (Xiaomi yi) dan DSLR camera
(Canon 600d). Selain itu kami juga menyediakan atau menjual aksesoris kamera
action xiaomi yi.
a)
Aspek
Keuangan
Dalam sebuah perusahaan diperlukan
sebuah analisis dalam berbagai aspek yang digunakan untuk membuat perusahaan
tetap eksis dan maju. Terdapat banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk
membuat usaha, salah satunya aspek yang paling penting yaitu aspek keuangan.
Berikut ini aspek keuangan yang dianalisis dalam usaha sewa kamera @xiaomiyi_pklgn
Modal awal
Produk
|
Satuan
|
Harga @ (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Kamera DSLR
|
1
|
2.800.000
|
2.800.000
|
Action Cam
|
2
|
1.200.000
|
2.400.000
|
Total
|
5.200.000
|
||
Peralatan
|
Satuan
|
Harga @ (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Laptop
|
1
|
3.000.000
|
3.000.000
|
Monopod
|
2
|
130.000
|
260.000
|
Tripod
|
1
|
140.000
|
140.000
|
Waterproof
|
2
|
140.000
|
280.000
|
Tas DSLR
|
1
|
||
Tas Action Cam
|
2
|
140.000
|
280.000
|
Batery eksternal action cam
|
2
|
80.000
|
160.000
|
Total
|
4.270.000
|
b)
Aspek
Pemasaran
Analisis
selanjutnya yaitu dari aspek pemasaran. Perusahaan sangat memerlukan strategi
pemasaran karena hal tersebut kaitannya dengan kelanjutan perusahaan baik untuk
pendapatan maupun laba untuk memperluas jaringan usaha. Dalam pemasarannya @Xiaomiyi_pklgn
menggunakan pemasaran secara online, seperti BBM, Line, Whatsapp, dan Instagram.
Konsumen dalam usaha ini adalah anak muda,
pelajar, mahasiswa, orang dewasa, dan orang yang hobi jalan-jalan (traveler).
Dibawah ini
lampiran tarif sewa dan harga penjualan:
1.
Tarif sewa @Xiaomiyi_pklgn
* Weekday Rp 50.000/24jam ; Rp 40.000/12jam
* Weekend Rp 60.000/24jam; Rp 50.000/12jam
Include:
- Xiaomi yi Camera
- Memory card 16gb class 10
- Monopod
- Waterproof case
- Tas
- Dual Baterry + Charger- Adapter
2.
Tarif
sewa DSLR Canon 600D
Weekday or
Weekend 130k/24 jam
Include:
Body Camera
Canon 600D
Fix Lens 50mm
Tas Camera
Batterai +
charger
3.
Peraturan sewa
a.
Merusak dan menghilangkan berarti mengganti
b.
Toleransi keterlambatan 1 jam , melebihi batas toleransi dikenakan denda 10k/jam-
Booking minimal dp 50%
4.
Promosi
a.
Minimal Rental 2 hari + Free 1 hari (GRATIS)
b.
Persyaratan rental menyerahkan kartu identitas asli 2 bebas apa saja (atas nama yang
sama)
C.
Analisis
SWOT
Di dalam sebuah perusahaan pasti terdapat adanya kelebihan dan
kelemahan perusahaan. Pun kondisi perusahaan yang berbeda tiap tahunnya
menjadikan keharusan bagi setiap perusahaan untuk mengenali strategi yang tepat
demi perkembangan dan kemajuan perusahaan. Dari situ lah muncul analisis SWOT
serta urgensinya bagi perusahaan dalam menganalisis kondisi perusahaan baik
internal maupun eksternal. Metode ini memang cukup populer untuk digunakan,
karena dengan penjelasan yang simple kita dapat menilai suatu perusahaan secara
keseluruhan dengan akurat. Terlepas dari metode ini, memang masih banyak
sebenarnya metode analisis yang dapat di gunakan, seperti metode analisis
5 forces of porters ataupun metode lainnya.
Tidak dipungkiri suatu hasil analisis sangat dapat berguna untuk
internal perusahaan itu sendiri (sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan
kinerja dan pihak eksternal (sebagai bahan pertimbangan untuk berinvestasi). Analisis
SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan
ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi
bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths,
weaknesses, opportunities, dan threats)”.
Metode
analisis
SWOT merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang
berbeda,
dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan
dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi
kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan, selanjutnya bagaimana kekuatan
(strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman
(threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dengan saling berhubungannya 4
faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk
mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. Pun mempermudah perusahan dalam
membuat strategi dan rencana ke depan untuk perusahaan agar bisa menjadi
perusahaan yang profitable dan kompetitif.
Dalam
@Xiaomiyi_pklgn ini akan kami analisis terkait dengan kondisi perusahaan dengan
metode analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats).
Analisis SWOT Perusahaan
@Xiaomiyi_pklgn.
S =
-
Dari
segi pemasaran kita menggunakan strategi jemput bola (cod) ini merupakan
kekuatan kita sekaligus bagian dari pelayanan.
-
Dari
segi produksi kita tidak perlu mengeluarkan biaya terus menerus karena modal
kita seluruhnya dikeluaarkan pada awal saja
-
Bisnis
ini memiliki sasaran kepada anak muda , dimana anak muda selalu memiliki
keinginan yang relative tinggi.
-
Cepat
balik modal karena seluruh penghasilan tidak terpotong oleh biaya produksi
W =
-
Memiliki
resiko yang cukup tinggi karena menyangkut barang yang relatif mahal
-
Tantangan
dalam menghadapi kemajuan tekhnologi dan barang subtitusi
-
Barang
modal memiliki nilai penyusutan
O =
-
Umur
usaha yang relatif panjang karena bisa mencakup semua kalangan
-
Berpeluang
menjadi penguasa pangsa pasar se-provinsi Jawa Tengah
-
Membuka
banyak kantor cabang dan melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga.
T=
-
Kurangnya
kedisiplinan dari konsumen mengenai pengembalian dan pemeliharaan produk
-
Munculnya
para pesaing bisnis jasa sewa kamera.
-
Perkembngan
tekhnologi yang semakin canggih membuat usaha rental kamera ini harus mengikuti
trend tekhnologi kamera yang digandrungi anak muda sehingga membutuhkan modal
yang cukup besar.
BAB III
PENUTUP
Bisnis sewa camera @Xiaomiyi_pklgn ini merupakan peluang usaha yang
menjanjikan karena target konsumen yang utama kami tuju ialah kalangan anak
muda. Dimana kalangan anak muda ini masih memiliki sejuta keinginan yang harus
selalu terpenuhi, ditambah lagi dengan kemajuan teknologi sekarang semakin
membuat anak-anak muda ingin terus merasakan manfaat dari kemajuan teknologi
yang ada. Tetapi, kemajuan teknologi sekarang ini tidak bisa dimiliki dengan
biaya yang relative murah.
Dengan adanya bisnis yang dibuat ini, kami berharap bisa membantu
teman-teman kalangan muda untuk mengabadikan momen-momen dalam kehidupannya.
Selain itu, dari aspek sosial kalangan anak muda selalu mengedepankan prestise.
LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment