RENCANA BISNIS
“Klamud Jelly Susu”
Diajukan untuk
menyelesaika tugas Ujian Akhir Semester
pada mata kuliah
Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Bapak
M. Taufiq Abadi, MM
Di Susun Oleh :
Lia Cahyati NIM.
2013114251
Susmiasih NIM.
2013114259
Mafiroh NIM.
2013114261
Fian Alfionita NIM.
2013114274
Kelas F
PROGRAM
STUDI EKONOMI SYARIAH
JURUSAN
SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PEKALONGAN
2016
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillahirobbil’alamin,
segala puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT Maha pemberi ilmu, yang
dengan kekuasaan-Nya memercikkan secercah hidayah serta izin kepada penulis
untuk dapat menyelesaika tugas Ujian Akhir Semester dalam mata kuliah
Kewirausahaan dengan Dosen Pengampu Bapak M. Taufiq Abadi, MM
Terimakasih
penulis sampaikan kepada Bapak M. Taufiq Abadi, MM selaku dosen mata kuliah
ini, yang telah banyak memberikan ilmu dan pengalamannya, yang mana itu semua
sangat berguna bagi penulis kelak dikemudian hari. Terselesainya penulisan
laporan inipun berkat teori-teori dan ilmu yang telah beliau berikan kepada
penulis.
Dan
tentunya tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih perlu adanya
perbaikan lagi. Saran yang membangun sangat diharapkan oleh penulis. Semoga
tulisan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada
umumnya.
Pekalongan,
8 Desember 2016
|
DAFTAR ISI
Kata pengantar
.............................................................................................
Daftar isi ..................................................................................................
A
RINGKASAN EKSEKUTIF
1. Konsep bisnis ....................................................................................................
2. Visi ...................................................................................................................
3. Misi ..................................................................................................................
4. Tim manajemen .................................................................................................
BGAMBARAN PERUSAHAAN
Gambaran
sekilas tentang produk
...............................................................
CSTRATEGI
PEMASARAN
1. Strategi
Produk ..............................................................................................
2. Strategi
Harga .................................................................................................
3. Strategi
Promosi ............................................................................................
4. Target pasar ....................................................................................................
DANALISIS
PERSAINGAN
1. Pesaing ...........................................................................................................
2. Posisi dalam persaingan .................................................................................
3. Kelebihan dibanding pesaing ..........................................................................
ERENCANA
DESAIN DAN PENGEMBANGAN
1. Tujuan usaha jangka panjang .........................................................................
2. Strategi .......................................................................................................
3. Evaluasi risiko ................................................................................................
RENCANA
OPERASI DAN MANAJEMEN
Proses produksi ..................................................................................................
Pengendalian persediaan ....................................................................................
Kontrol keuangan ..............................................................................................
GANALISIS
RENCANA KEUANGAN
1. Proyeksi pendapatan ......................................................................................
2. Proyeksi pengeluaran ......................................................................................
3.Sumber modal & penggunaan .........................................................................
|
i
ii
1
1
1
1
1
1
2
2
2
2
2
2
3
3
3
3
3
3
3
4
4
|
A. RINGKASANEKSEKUTIF
1. Konsep Bisnis
“Klamud
Jelly Susu” merupakan produk minuman yang berbahan dasar kelapa muda dengan
tambahan susu dan jelly untuk menambah cita rasa. Produk ini rencananya
berlokasi di kawasan Alun-alun Kajen dengan jam operasi mulai pukul 10.00 –
16.00 WIB.
2. Visi
Membuat
produk minuman yang segar dan menyehatkan dan di sukai banyak orang
3. Misi
1)
Menciptakan suatu produk minuman yang
menyegarkan dengan kualitas baik dan unggul
2)
Mendapatkan penghasilan atau keuntungan
3)
Membuat sebuah peluang usaha
4. Tim manajemen
“Klamud
Jelly Susu” dibuat atas kerjasama empat orang mahasiswi S1 Ekonomi Syariah
Institut Agama Islam Negeri Pekalongan dalam penyelesaian tugas Ujian Akhir
Semester dalam mata Kuliah Kewirausahaan.
B. GAMBARAN PERUSAHAAN
1. Gambaran sekilas tentang produk
“Klamud
Jelly Susu” adalah minuman es kelapa muda yang diberi tambahan jelly dan susu
untuk menambah cita rasa es kelapa muda tersebut. Kelompok kami tertarik
membuat Klamud Jelly Susu, karena selain rasa buah kelapa muda yang segar juga
mudah ditemukan dimana-mana. Dengan usaha ini kami berharap bisa mengembangkan
rasa dari kelapa muda dengan variasi rasa yang berbeda dari yang lain, yakni
dengan tambahan jelly susu.
2. STRATEGI PEMASARAN
1.
Strategi
Produk
Produk
Klamud Jelly Susu memiliki keunggulan yakni menggunakan bahan-bahan yang masih
segar serta dengan tambahan jelly
sehinnga membuat sensasi yang berbeda saat memakannya.
2.
Strategi Harga
Produk
ini dapat diperjualbelikan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat pada
umumnya. Kami menentukan harga yang
relatif
murah, yaituRp 4.000,-.
3.
Strategi
Promosi
Strategi
yang digunakan untuk mempromosikan produk ini adalah dengan menggunakan media
sosial (facebook, bbm , Instagram) serta promosi secara langsung turun ke lapangan.
4.
Target pasar
Target
pasar adalah semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua, antara lain anak
sekolah, pekerja kantor, pekerja rumahan, dan orang tua.
3. ANALISIS PERSAINGAN
1.
Pesaing
Saat
ini sudah banyak produk yang menjual es kelapa muda, oleh karena itu disini
kita melakukan inovasi dengan menjual es kelapa muda dengan varian rasa yang
berbeda sehingga diharapkan mampu bersaing dengan produk kelapa muda lainnya.
2.
Posisi dalam persaingan
Di tengah
persaingan dengan produk kelapa muda yang ada, posisi “Klamud Jelly Susu” dapat
dikatakan mempunyai banyak pesaing. Untuk
mengatasi hal tersebut kami mencoba membuka gerai di lokasi yang belum ada
pesaingnya. Misalnya kami membuka di sekitar kompleks Alun-alun Kajen karena
menurut kami disana masih sedikit yang menjual kelapa muda jelly susu.
3.
Kelebihan dibanding pesaing
Dengan
inovasi tersebut konsumen dimanjakan dengan rasa yang berbeda dari es kelapa
muda, yakni dengan menambahkan susu dan jelly sehingga menambah cita rasa manis
dan kenyal.
4.
RENCANA
DESAIN & PENGEMBANGAN
1.
Tujuan usaha jangka panjang
Menjadi
salah satu produk minuman yang diminati disemua kalangan dan membuka cabang
2.
Strategi
Melakukan
promosi di media sosial dan mengubah tampilan gerobak
yang menarik dengan meletakkan spanduk/MMT dengan tulisan dan gambar yang
menarik.
3.
Evaluasi Resiko
Tidak
bisa bertahan lama, hanya 1 hari
5.
RENCANA
OPERASI & MANAJEMEN
1.
Proses Produksi
-
Pembelian bahan-bahan
-
Membuat jelly
-
Menyerut kelapa muda
-
Membuat santan untuk campuran kelapa
muda
-
Mencampurkan kelapa muda, es, santan dan
susu
2.
Pengendalian persediaan
Kami
menyediakan 50 gelas / hari, namun jika persediaan tersisa, kami akan
mengurangi jumlah persediaan sesuai penjualan hari sebelumnya.
3.
Kontrol keuangan
-
Harus selalu tersedia uang tunai di kantor, tetapi
tidak dalam jumlah yang besar.
-
Menyisihkan modal untuk berjaga-jaga.
-
Tidak menggunakan keuangan perusahaan untuk
kepentingan pribadi.
-
Memasukkan pendapatan ke dalam modal.
6.
ANALISIS
RENCANA KEUANGAN
1. Proyeksi
pendapatan
·
Modal awal = biaya variabel + biaya tetap
= (Biaya bahan baku x 30 hari ) + biaya tetap
= Rp. 3.060.000 + Rp. 2.820.000 =
Rp. 5.880.000
·
Hasil penjualan perbulan
= target penjualan perhari x harga pergelas x 30 hari
= 50 gelas x 4.000 x 30
= Rp. 6.000.000
·
Laba = hasil
penjualan – modal awal
= Rp.
6.000.000 – Rp. 5.880.000
= Rp. 120.000
2. Proyeksi pengeluaran perhari
No.
|
Keterangan
|
Harga
|
1.
|
Bahan baku
-
5 buah kelapa muda
-
1 kaleng susu
-
2 jelly / nutrijel
-
¼ kg gula pasir
-
Air isi ulang
-
es batu
-
Kelapa untuk santan
-
1 pack gelas plastik
-
Sedotan
-
Kantong plastik
|
Rp. 50.000
Rp. 8.000
Rp. 5.000
Rp. 3.500
Rp. 4.000
Rp. 5.000
Rp. 5.000
Rp. 15.000
Rp. 3.500
Rp. 3.000
|
2.
|
Peralatan
-
Gerobak
-
2 buah tremos es
-
Irus
-
1 toples
-
Spanduk / MMT
|
Rp.
2.500.000
Rp. 250.000
Rp. 10.000
Rp. 15.000
Rp. 45.000
|
Total
|
Rp.
2.922.000
|
3. Sumber modal dan penggunaan
Modal awal berasal dari iuran masing-masing anggota
dan meminjam uang di bank yang digunakan untuk membeli bahan-bahan. Laba yang
diperoleh digunakan untuk modal selanjutnya dan membayar hutang bank.
Ijin copas ya kak, terima kasih
ReplyDelete