• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Tuesday, 7 February 2017

    RENCANA BISNIS “Klamud Jelly Susu”



    RENCANA BISNIS
    “Klamud Jelly Susu”
    Diajukan untuk menyelesaika tugas Ujian Akhir Semester
    pada mata kuliah Kewirausahaan
    Dosen Pengampu : Bapak M. Taufiq Abadi, MM







    Di Susun Oleh :
    Lia Cahyati                          NIM. 2013114251
    Susmiasih                             NIM. 2013114259
    Mafiroh                                NIM. 2013114261
    Fian Alfionita                       NIM. 2013114274
    Kelas F

    PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH
    JURUSAN SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
    INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
    PEKALONGAN
    2016
    KATA PENGANTAR
    Alhamdulillahirobbil’alamin, segala puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT Maha pemberi ilmu, yang dengan kekuasaan-Nya memercikkan secercah hidayah serta izin kepada penulis untuk dapat menyelesaika tugas Ujian Akhir Semester dalam mata kuliah Kewirausahaan dengan Dosen Pengampu Bapak M. Taufiq Abadi, MM
    Terimakasih penulis sampaikan kepada Bapak M. Taufiq Abadi, MM selaku dosen mata kuliah ini, yang telah banyak memberikan ilmu dan pengalamannya, yang mana itu semua sangat berguna bagi penulis kelak dikemudian hari. Terselesainya penulisan laporan inipun berkat teori-teori dan ilmu yang telah beliau berikan kepada penulis.
    Dan tentunya tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih perlu adanya perbaikan lagi. Saran yang membangun sangat diharapkan oleh penulis. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.




    Pekalongan, 8 Desember 2016



    DAFTAR ISI
    Kata pengantar .............................................................................................
    Daftar isi ..................................................................................................
    A RINGKASAN EKSEKUTIF
    1.   Konsep bisnis ....................................................................................................
    2.   Visi ...................................................................................................................
    3.   Misi ..................................................................................................................
    4.   Tim manajemen .................................................................................................
    BGAMBARAN PERUSAHAAN
    Gambaran sekilas tentang produk ...............................................................
    CSTRATEGI PEMASARAN
    1.  Strategi Produk ..............................................................................................
    2.  Strategi Harga .................................................................................................
    3.  Strategi Promosi ............................................................................................
    4. Target pasar ....................................................................................................
    DANALISIS PERSAINGAN
    1.  Pesaing ...........................................................................................................
    2.  Posisi dalam persaingan .................................................................................
    3. Kelebihan dibanding pesaing ..........................................................................
    ERENCANA DESAIN DAN PENGEMBANGAN
    1.  Tujuan usaha jangka panjang .........................................................................
    2.  Strategi .......................................................................................................
    3. Evaluasi risiko ................................................................................................
    RENCANA OPERASI DAN MANAJEMEN
    Proses produksi ..................................................................................................
    Pengendalian persediaan ....................................................................................
    Kontrol keuangan ..............................................................................................
    GANALISIS RENCANA KEUANGAN
    1. Proyeksi pendapatan ......................................................................................
    2. Proyeksi pengeluaran ......................................................................................
    3.Sumber modal & penggunaan .........................................................................

    i
    ii

    1
    1
    1
    1

    1

    1
    2
    2
    2

    2
    2
    2

    3
    3
    3

    3
    3
    3

    3
    4
    4

    A.      RINGKASANEKSEKUTIF
    1.      Konsep Bisnis
    “Klamud Jelly Susu” merupakan produk minuman yang berbahan dasar kelapa muda dengan tambahan susu dan jelly untuk menambah cita rasa. Produk ini rencananya berlokasi di kawasan Alun-alun Kajen dengan jam operasi mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB.
    2.      Visi
    Membuat produk minuman yang segar dan menyehatkan dan di sukai banyak orang
    3.      Misi
    1)      Menciptakan suatu produk minuman yang menyegarkan dengan kualitas baik dan unggul
    2)      Mendapatkan penghasilan atau keuntungan
    3)      Membuat sebuah peluang usaha
    4.      Tim manajemen
    “Klamud Jelly Susu” dibuat atas kerjasama empat orang mahasiswi S1 Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan dalam penyelesaian tugas Ujian Akhir Semester dalam mata Kuliah Kewirausahaan.
    B.     GAMBARAN PERUSAHAAN
    1.      Gambaran sekilas tentang produk
    “Klamud Jelly Susu” adalah minuman es kelapa muda yang diberi tambahan jelly dan susu untuk menambah cita rasa es kelapa muda tersebut. Kelompok kami tertarik membuat Klamud Jelly Susu, karena selain rasa buah kelapa muda yang segar juga mudah ditemukan dimana-mana. Dengan usaha ini kami berharap bisa mengembangkan rasa dari kelapa muda dengan variasi rasa yang berbeda dari yang lain, yakni dengan tambahan jelly susu.
    2.      STRATEGI PEMASARAN
    1.      Strategi Produk
    Produk Klamud Jelly Susu memiliki keunggulan yakni menggunakan bahan-bahan yang masih segar  serta dengan tambahan jelly sehinnga membuat sensasi yang berbeda saat memakannya.
    2.      Strategi Harga
    Produk ini dapat diperjualbelikan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat pada umumnya. Kami menentukan harga yang relatif murah, yaituRp 4.000,-.
    3.      Strategi Promosi
    Strategi yang digunakan untuk mempromosikan produk ini adalah dengan menggunakan media sosial (facebook, bbm , Instagram) serta promosi secara langsung turun ke lapangan.
    4.      Target pasar
    Target pasar adalah semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua, antara lain anak sekolah, pekerja kantor, pekerja rumahan, dan orang tua.
    3.      ANALISIS PERSAINGAN
    1.      Pesaing
    Saat ini sudah banyak produk yang menjual es kelapa muda, oleh karena itu disini kita melakukan inovasi dengan menjual es kelapa muda dengan varian rasa yang berbeda sehingga diharapkan mampu bersaing dengan produk kelapa muda lainnya.
    2.      Posisi dalam persaingan
    Di tengah persaingan dengan produk kelapa muda yang ada, posisi “Klamud Jelly Susu” dapat dikatakan mempunyai banyak pesaing. Untuk mengatasi hal tersebut kami mencoba membuka gerai di lokasi yang belum ada pesaingnya. Misalnya kami membuka di sekitar kompleks Alun-alun Kajen karena menurut kami disana masih sedikit yang menjual kelapa muda jelly susu.
    3.      Kelebihan dibanding pesaing
    Dengan inovasi tersebut konsumen dimanjakan dengan rasa yang berbeda dari es kelapa muda, yakni dengan menambahkan susu dan jelly sehingga menambah cita rasa manis dan kenyal.
    4.      RENCANA DESAIN & PENGEMBANGAN
    1.      Tujuan usaha jangka panjang
    Menjadi salah satu produk minuman yang diminati disemua kalangan dan membuka cabang
    2.      Strategi
    Melakukan promosi di media sosial dan mengubah tampilan gerobak yang menarik dengan meletakkan spanduk/MMT dengan tulisan dan gambar yang menarik.
    3.      Evaluasi Resiko
    Tidak bisa bertahan lama, hanya 1 hari 
    5.      RENCANA OPERASI & MANAJEMEN
    1.      Proses Produksi
    -        Pembelian bahan-bahan
    -        Membuat jelly
    -        Menyerut kelapa muda
    -        Membuat santan untuk campuran kelapa muda
    -        Mencampurkan kelapa muda, es, santan dan susu
    2.      Pengendalian persediaan
    Kami menyediakan 50 gelas / hari, namun jika persediaan tersisa, kami akan mengurangi jumlah persediaan sesuai penjualan hari sebelumnya.
    3.      Kontrol keuangan
    -        Harus selalu tersedia uang tunai di kantor, tetapi tidak dalam jumlah yang besar.
    -        Menyisihkan modal untuk berjaga-jaga.
    -        Tidak menggunakan keuangan perusahaan untuk kepentingan pribadi.
    -        Memasukkan pendapatan ke dalam modal.
    6.      ANALISIS RENCANA KEUANGAN
    1.      Proyeksi pendapatan
    ·         Modal awal  = biaya variabel + biaya tetap
                        = (Biaya bahan baku x 30 hari ) + biaya tetap
                           = Rp. 3.060.000 + Rp. 2.820.000 = Rp. 5.880.000
    ·         Hasil penjualan perbulan
    = target penjualan perhari x harga pergelas x 30 hari
    = 50 gelas x 4.000 x 30
    = Rp. 6.000.000
    ·         Laba = hasil penjualan – modal awal
             = Rp. 6.000.000 – Rp. 5.880.000
             = Rp. 120.000
    2.      Proyeksi pengeluaran perhari
    No.
    Keterangan
    Harga
    1.

    Bahan baku
    -        5 buah kelapa muda
    -        1 kaleng susu
    -        2 jelly / nutrijel
    -        ¼ kg gula pasir
    -        Air isi ulang
    -        es batu
    -        Kelapa untuk santan
    -        1 pack gelas plastik
    -        Sedotan
    -        Kantong plastik

    Rp.      50.000
    Rp.        8.000
    Rp.        5.000
    Rp.        3.500
    Rp.        4.000
    Rp.        5.000
    Rp.        5.000
    Rp.      15.000
    Rp.        3.500
    Rp.        3.000
    2.
    Peralatan
    -        Gerobak
    -        2 buah tremos es
    -        Irus
    -        1 toples
    -        Spanduk / MMT

    Rp. 2.500.000
    Rp.    250.000
    Rp.      10.000
    Rp.      15.000
    Rp.      45.000
    Total
    Rp. 2.922.000



    3.      Sumber modal dan penggunaan
    Modal awal berasal dari iuran masing-masing anggota dan meminjam uang di bank yang digunakan untuk membeli bahan-bahan. Laba yang diperoleh digunakan untuk modal selanjutnya dan membayar hutang bank.






    1 comment:

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.