PROPOSAL BUSSINES PLAN
KLEPON HITS
Diajukan untuk memenuhi Ujian Akhir Semester
Pada mata kuliah kewirausahaan
dosen pengampu M.
Taufiq Abadi, MM.
Disusun oleh :
1. Ratri
Januarti (2013114282)
2. Safrina Hidayati (2013114283)
3. Muzayyanah (2013114290)
4. Nindia Nur
Istiqomah (2013114294)
5. Nur
Khasanah (2013114297)
6. Aminatuz Zahro (2013114298)
Kelas A
JURUSAN SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridhoannya kami dapat membuat suatu
gagasan usaha yang insya Allah akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha,
investor dan masyarakat pada umumnya.
“Klepon hits” adalah nama yang kami
buat untuk kegiatan usaha ini yang bergerak di bidang produksi makanan atau kue
tradisional.
Kami sangat berterima kasih kepada
semua pihak yang telah mendukung, memberi saran dan masukan-masukannya untuk
kelancaran usaha ini, khusunya kepada dosen kami yang sangat berperan dalam
pengarahan kegiatan usaha ini.
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak
dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal
inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu
memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang
mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli
makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut,
baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu, roti banyak menjadi
pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, roti menawarkan cukup
banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan
gizi manusia, dari segi harga, roti mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Tapi kami
juga ingin membuktikan bahwa makanan tradisional “KLEPON “ juga memiliki rasa yang enak dan memiliki kandungan gizi
yang bermanfaat bagi tubuh. Selain harga makanan tradisional yang murah, juga
sangat mudah dijangkau. Makanan
tradisional “KLEPON “ sesuai dengan
apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein, dll.
Jajanan pasar atau kue tradisional
bukan bisnis remeh. Meski keberadaanya lebih banyak beredar di pasar namun bukan berarti usaha
kue tradisional tidak memiliki prospek alias tidak menguntungkan. Jajan pasar
adalah satu satunya kue yang bertahan sejak jaman dahulu kala sampai sekarang.
Perkembangan usaha makanan saat ini malah justru menambah porsi pengemb angan makanan
asli Indonesia lebih besar. Peningkatan apresiasi terhadap warisan kuliner
nusantara berperan besar membangkitkan omzet penjualan kue tradisional ini. Kue
yang sudah dikenalkan dari nenek moyang dan turun temurun ini sudah memiliki
pasar yang luar biasa besarnya.
B.
TUJUAN
1.
Meningkatkan jiwa kewirausahaan,
2.
Memperkenalkan tentang makanan tradisional, dan
3.
Menjadi salah satu usaha kuliner yang sukses dengan
omset yang tinggi.
C.
KEUNGGULAN PRODUK
·
Bahan Baku yang mudah di dapat dan
berkualitas
·
Halalan Thoyyiban
·
Mudah dalam pembuatannya
·
Rempah-rempah / bumbu-bumbu khas
indonesia
·
Tanpa Bahan pengawet / bahan kimia
berbahaya
·
Tidak terpengaruh dengan iklim cuaca
·
Higienis dan harga yang relatif
terjangkau
BAB
II
PRODUKSI
A. MENGENAI
USAHA ( PRODUK )
Klepon adalah salah satu kue yang cukup menyehatkan karena tidak digoreng,
dikukus dan disajikan segar. Kue tradisional yang satu ini juga tak kalah
menarik jika dijadikan bisnis jajanan. Bagaimana tidak, hampir semua orang
menyukainya. Dengan rasa yang manis legit dan kenyal banyak orang yang
menggemarinya. Yah itu dia jajanan klepon. Klepon atau kelepon adalah sejenis
makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar.
Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan
isi coklat dan keju kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan
parutan kelapa. Bentuknya khas dan rasanya unik
yakni gula yg muncrat/melumer saat disantap.
Selama ini
kita hanya menjumpainya dipasar-pasar tradisional dengan kemasan yang cukup
sederhana dan tidak memiliki jaminan mutu. Bagaimana jika anda mengambil celah
ini, maksudnya adalah anda bisa memanfaatkan celah ini sebagai peluang usaha
dengan membuat klepon dengan kemasan yang lebih baik. Dengan memberikan
kejelasan jaminan mutu, konsumen akan semakin percaya dengan mutu produk anda
termasuk kehalalannya. Karena saat ini konsumen sudah mulai banyak sadar akan
makanan yang dikonsumsinya, maka dari itu dengan adanya jaminan mutu konsumen
akan lebih memilih produk kita.
B. PROFIL PERUSAHAAN
Jenis usaha
yang akan dijalankan bergerak di bidang produksi dan perdagangan makanan.
“Klepon Hits” merupakan nama perusahaan yang dipilih sebagai branding
produk ini. Nama ini dipilih karena
unik, lain dari pada yang lain dan membuat konsumen penasaran. Selain itu nama
ini juga mencerminkan produk kami yaitu klepon yang berwarna-warni sesuai
dengan rasa yang diinginkan.
C. LOKASI USAHA
Rencananya,
kami akan membuka usaha ini didekat dengan daerah pemasaran yaitu di sekitar
kampus ( universitas ), pertokoan, Sekolah, daerah perkantoran dan
warung-warung yang dekat dengan lokasi usaha tersebut.
D. ALAT
Alat yang kami gunakan untuk membuat klepon sebagai
berikut:
1) Baskom@3
2) Gelas
@1
3) Sendok
teh4biji
4) Nampan
@6
5) Parut
kelapa@2
6) Pisau
7) Spatula(saringan)
8) Kompor
9) Sterofom@50
E. BAHAN
DAN CARA MEMBUAT
1. 100gr
tepung ketan
2. 75ml
air panas
3. ½
sendok teh garam
4. 2
batang keju cheddar
5. 1
bungkus meises
6. pewarna
hijau dari daun suji
7. Pasta
warna merah
Taburan:
1. 100gr
kelapa parut
2. ½
sendok teh garam
Cara
membuat :
1. Campur
tepung ketan dengan garam kemudian tuang air panas. Uleni hingga kalis
2. Tuang
pewarna hijau ,aduk rata.
3. Ambil
1sdm adoanan isi dengan keju atau meises lalu bulatkan
4. Rebus
dalam air mendidih higga mengapung
5. Gulingkan
diatas taburan kelapa.
F. Perhitungan
biaya dan harga jual
•
Penghitungan Biaya dan Harga jual Untuk
100 porsi klepon.
•
Modal 6 orang @20 Rp. 120.000,-
•
PENGELUARAN :
1. 100gr
tepung ketan Rp. 24.000
2. 75ml
air panas Rp.
-
3. ½
sendok teh garam Rp. 2.500
4. 2
batang keju cheddar Rp. 24.000
5. 1
bungkus meises Rp.
2.500
6. pewarna
hijau dari daun suji Rp. 2.000
7. Pasta
warna merah Rp
5.000
8. Isi Gas Rp. 20.000,-
+
Rp. 80.000,-
•
Untuk 1 kali produksi dapat menghasilkan
100 pcs klepon.
•
Harga pokok per pcs = Rp
80.000 : 100 = Rp 800
•
Laba yang diinginkan = Rp
200
•
Harga jual per pcs = Rp
800 + Rp 200 = Rp.1.000
•
Nilai penjualan yang diterima :
80
x Rp 1.000 = Rp 80.000,-
•
Modal = Rp 120.000,-
•
Laba per hari = Rp. 40.000,-
•
Laba dalam 1 bulan =
laba perhari x 26 hari
•
= Rp 40.000 x 26
•
= Rp 1.040.000/bulan
BAB
III
ASPEK
PEMASARAN
1.
Target pasar/konsumen
Yaitu
lingkungan rumah seperti anak-anak, remaja, dan dewasa. Serta lingkungan
Universitas atau sekolah-sekolah seperti
siswa atau mahasiswa, dosen, dan staf tata usaha.
2.
Situasi persaingan
Sejauh
ini masih jarang seseorang yang brjualan makanan tradisonal seperti yang akan
kami buat.
3.
Stategi pemasaran
1) Pengembangan
Produk
Pembuatan paket makanan
yang murah dan meriah. Membuat variasi rasa yang baru tujuan yang ingin di
capai agar konsumen tidak merasa bosan dengan rasa yang cenderung homogen
Menerima pemesanan melalui Delivery
Promosi melalui BBM, SMS, FB dari
teman ke teman
2) Pengembangan
wilayah pemasaran :
Melakukan penjualan ke
lingkungan – lingkungan kantor, rumah makan, Café dll. Tujuan nya untuk
meningkatkan hasil penjualan
3) Kegiatan
Promosi
Mencari distributor –
distributor. Tujuannya agar produk tersalurkan / terjual di sekitar kampus dan
sekitarnya
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Klepon
merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa
yang unik serta baru. Produk kami ini bertujuan membantu meningkatkan makanan
tradisional agar bisa seimbang dengan makanan modern. Proses pemasaran pada
tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya
dilakukan melalui media sosial seperti facebook dan BBM. Harga yang kami
tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.
B.
Saran
Produk kami mengutamakan kepada unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya.
Sehingga membedakan klepon yang sudah ada dipasaran dengan klepon produk kami.
Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam
produksi kami.
No comments:
Post a Comment